Apa Itu Intel Optane Memory?

Dalam usaha pembuatan komputer yang semakin cepat, secara konstan Intel memperkenalkan upgrade baru ke dalam produknya. Salah satu hal yang dilakukan oleh Intel, yakni membuat Intel Optane Memory.

optane memory

Memori optane dari Intel ini diluncurkan bersamaan dengan Intel Core i7 yang merupakan generasi ke 7 dari jajaran Intel Core Series.

Namun, sayangnya Optane dinilai sebagai teknologi yang cukup membingungkan, terutama bagi Anda yang masih awab soal komponen-komponen komputer.

Jadi tidak heran lagi jika banyak orang yang belum mengetahui secara pasti, apa itu Intel Optane Memory. Nah, jika Anda juga penasaran, maka berikut ini beberapa informasi yang perlu untuk diketahui.

Booting Windows 10 mu lambat sekali? Gunakan cara ini.

Apa Itu Memori Optane?

Optane merupakan istilah merk dagang dari Intel untuk produk barunya berupa modul memori hyper-fast.

performa intel optane memory

Nama Optane sendiri merujuk secara khusus pada memori itu sendiri.

Optane tidak memiliki format individual namun pada saat pertama kali dipasarkan terutama dalam kartu M.2 khusus, hanya kompatibel dengan motherboard yang didukung dengan processor Intel 7-gen Core. 

Jadi Anda yang menggunakan motherboard selain Core i3, Core i5, dan chip i7 dalam seri 7XXX tidak bisa menggunakan memori optane.

Memori optane ini menggunakan teknik dengan fabrikasi 3D NAND serta berbagai macam teknologi eksklusif. Hal ini ditujukan untuk mencapai latensi sangat rendah secepat 10 mikrodetik.

Apa yang Bukan Intel Optane Memory?

Perlu untuk Anda ketahui, bahwa memori optane berbeda dengan RAM (jenis memori komputer akses acak konvensional).

Optane ini juga bukanlah teknologi yang digunakan sebagai penyimpanan konvensional. Sebaliknya, modul M.2 Optane yang dijual untuk konsumen memiliki kapasitas 16GB dan juga 32GB.

intel optane memory bukan RAM

Modul ini difungsikan sebagai jembatan memori cache antara penyimpanan dan RAM, serta memungkinkan transfer data yang lebih cepat antara memori, processor, dan penyimpanan.

Hal ini akan mempercepat akses pada kinerja sistem bagi penggunanya, terutama pada saat diaplikasikan bersamaan jenis perangkat lunak caching.

Saat Optane dan perangkat lunak caching dipasangkan, maka secara cerdas mampu menampung data paling relevan pada drive Optane dalam pengambilan secara instan.

Coba pikirkan, jika add-on memori Optane sebagai daya paling tinggi untuk hardware konvensional. Itu bukanlah komponen yang diperlukan untuk mesin kerja dan pengganti komponen yang ada, sehingga mempercepat pekerjaan.

Penggunakan memori flash yang cepat dalam jumlah kecil, ditujukan untuk menambah kinerja drive penyimpanan primer bukanlah hal yang baru.

Sebenarnya, pada dasarnya Optane merupakan SRT (Smart Response Technology) Intel generasi selanjutnya, yang dapat menggunakan SSD berkapasitas rendah untuk menyimpan cache untuk hard drive konvensional.

Perbedaannya yakni Optane menggunakan memori yang diproduksi serta dijual oleh Intel. Selain itu, Optane juga juga menggunakan berbagai macam komponen perangkat lunak khusus pada jenis motherboard yang kompatibel.

Baca juga Pengertian Bottleneck

Tidak Hanya Membuat Penyimpanan Lebih Cepat

Bisa dibilang jika saat ini merk Optane terbatas pada modul memori cache M.2 super cepat pada sisi konsumen.

Intel telah menjual drive penyimpanan “Optane” untuk pusat di sebuah perusahaan. Hal ini dilakukan untuk SSD konvensional, yang membawa memori mahal dan cepat ke dalam komponen penyimpanan server mission-critical.

Untuk saat ini, satu-satunya drive storage Optane kelas industri hanya memuat penyimpanan sebesar 375GB secara langsung ke slot PCI express.

Drive tersebut juga dijual dengan harga ribuan dolar dalam jumlah korporat, bukan investasi untuk sistem independen tradisional.

Intel juga telah mendedikasikan jika drive penyimpanan bermerk Optane, baik itu dalam variasi M.2 dengan bentuk SSD 2,5 inci yang lebih standar. Nantinya, akan tiba saatnya untuk pasar konsumen di beberapa titik tertentu.

Dapatkah Memori Optane Menggantikan DRAM atau Drive SSD?

Jawabannya adalah tidak. Hal ini karena Modul Optane berkapasitas 16GB serta 32GB sekarang belum dijual dan tidak mempunyai fungsi sebagai memori komputer utama.

Selain itu, Optane ini juga tidak dapat menggantikan fungsi drive penyimpanan secara penuh.

Lihat juga Aplikasi Equalizer Di PC Terbaik

Optan Membuat PC Menjadi Seberapa Cepat?

Menurut materi yang diperoleh dari pemasaran Intel, penambahan modul memori Optane M.2 ke dalam motherboard Core generasi ke 7 ini mampu mempercepat keseluruhan kinerja sebesar 28%.

Kinerja tersebut juga masih memiliki peningkatan hingga 1400% dalam akses data pada jenis hard drive yang lebih tua dan responsivitas putaran dua kali dari tugas sehari-hari.

Klain ini berdasarkan pada serangkaian tolok ukur PCMark Vantage HDD Suite dan SYSmark 2014 SE Responsiveness subcore.

Perlu untuk Anda ketahui, bahwa perangkat yang digunakan tersebut hampir tidak terdepan dalam industri Intel Core i5-7500 mid-range, hard drive konvensional 1TB berkecepatan 7200RPM, serta RAM 8GB DDR4-2400.

Intel Optane Memory ini bekerja dengan semua jenis modul RAM, kartu grafis, dan drive penyimpanan yang akan cocok dengan motherboard yang kompatibel. Saat ini, memang Optane tidak dijual untuk laptop.

Lihat juga Karakteristik Sistem Informasi