Aplikasi Equalizer PC Terbaik

Audio merupakan salah satu aspek penting dalam sebuah PC, baik itu untuk bekerja ataupun hanya sebatas hiburan.

Dengan menggunakan aplikasi equalizer PC terbaik pada sistem PC, maka Anda bisa menikmati kualitas suara terbaik ketika menikmati konten seperti musik atau film.

Memang adanya equalizer tidak terlalu terasa, namun Anda bisa merasakan bedanya ketika sudah mencobanya.

Penggunaan dari sound audio equalizer ini akan terasa lebih penting jika Anda lebih sering mendengarkan musik. Setiap jenis musik mempunyai pengaturannya sendiri pada speaker.

Misalnya saja ketukan untuk musik rock yang berbeda dengan musik jazz. Nah, sound equalizer ini akan menyesuaikan pengaturan speaker agar sesuai dengan jenis musik yang sedang didengarkan.

Aplikasi Equalizer PC Terbaik dan Fitur yang Dibawanya

Sebenarnya Windows sudah memiliki pengaturan audio equalizer-nya sendiri. Namun, perangkat tambahan yang disediakan Microsoft masih sangat terbatas.

Oleh sebab itu, Saya sarankan untuk menggunakan audio enhancers ketiga dibandingkan alat bawaan dari Windows.

Lalu aplikasi equalizer apa yang terbaik untuk Windows? Simak informasi berikut ini.

Viper4Windows

Viper4Windows

Aplikasi Equalizer terbaik yang Saya rekomendasikan adalah Viper4Windows. Aplikasi yang satu ini, sangat cocok digunakan oleh Anda yang mencari software gratis dan berkualitas.

Viper4Windows berbentuk open-source, dan hadir dengan membawa 18 bands. Untuk kisaran bands-nya, aplikasi ini mampu menghadirkan kualitas 13dB hingga 120dB.

Selain itu, Viper4Windows ini juga mampu menawarkan beberapa fitur di luar penyamaan nada seperti yang ada di daftar berikut ini.

  • Opsi untuk memperoleh ukuran ruang tempat Anda mendengarkan musik atau film. Berdasarkan ruang tersebut, program ini akan mengubah efek dari suara surround.
  • Memungkinkan untuk membuat sebuah profil khusus dan juga memanfaatkan berbagai macam preset yang sudah disediakan.
  • Fitur kontrol distorsi yang bisa digunakan untuk memilih dari tiga buah preset khusus, dan memanfaatkan bilah geser untuk menyesuaikan kontrol pada desibel.
  • Menawarkan efek peningkatan tambahan untuk suara nada rendah, dan Anda juga bisa menyesuaikannya.
  • Pengaturan gema, kontrol untuk bandwidth, kepadatan, redaman audio, dan lain sebagainya.

Pelajari Apa itu Intel Optane Memory biar pc mu enggak kena Bottleneck.

Equalizer APO

Equalizer APO

Equalizer APO merupakan sebuah equalizer grafik atau parametrik yang dibuat secara khusus untuk Windows. Aplikasi ini diimplementasikan sebagai APO (Audio Processing Object) pada infrastruktur efek sistem yang dimiliki oleh Windows Vista.

Menurut Saya, Equalizer APO cukup mudah digunakan. Selain bisa diunduh secara gratis, aplikasi ini juga tidak memakan banyak memori.

Dalam urusan fitur-fitur yang dibawa, tentunya Anda tidak perlu khawatir. Equalizer APO memiliki berbagai fitur yang mendukung Anda untuk mendengarkan musik terbaik sebagai berikut.

  • Bekerja dengan cara multi-channel.
  • Terdapat banyak sekali filter yang bisa digunakan untuk efek.
  • Konsumsi untuk CPU sangat kecil.
  • Pengurangan pada latensi, sehingga membuat waktu respons menjadi lebih cepat dan memungkinkan untuk bekerja tanpa adanya kendala dengan aplikasi lain.
  • Dukungan plugin VST serta memiliki fungsi untuk Voicemeeter.
  • Tampilan antarmuka untuk pengguna yang bisa disesuaikan.

Graphic Equalizer Studio

Graphic Equalizer Studio

Graphic Equalizer Studio bisa Anda gunakan untuk menjalankan hampir semua aplikasi audio pada Windows. Pada dasarnya, aplikasi ini akan mengoperasikan file WAV secara real-time.

Akan tetapi, Anda perlu tahun dasar dalam pemrosesan audio. Hal ini karena bisa timbul suara distorsi jika Anda menyesuaikan frekuensi dan segala aspeknya secara asal.

Bisa dibilang Stasiun Radio Internet adalah suatu hal yang memperoleh banyak manfaat dari program ini, karena respon bass dan treble bisa seimbang. Berikut fitur dari Graphic Equalizer Studio.

  • Mampu menawarkan kontrol yang ekstrim serta kekuatan untuk memproses file WAV, sehingga bisa menjadi lebih jelas dan jernih.
  • Dapat mengoreksi streaming audio serta menambahkan limiter dan kompresor agar frekuensi audio bisa seimbang secara otomatis.
  • Memiliki jenis kompresor dan pembatas atau limiter yang canggih, bersamaan dengan penambahan yang dapat meningkatkan kualitas audio.
  • Sudah dilengkapi dengan pemutar MP3 yang bisa Anda gunakan untuk memeriksa file WAV untuk dimodifikasi. Hal ini bisa Anda gunakan untuk memutar ulang semua pengaturan seperti yang diinginkan.

Equalizer RealTime

Equalizer RealTime

Dengan menggunakan Equalizer RealTime, maka Anda bisa menyesuaikan sound audio dengan mudah. Aplikasi ini, memungkinkan Anda untuk menggunakan sampai 300 channel serta mengubah hampir semua aspek yang ada di dalam audio.

Sesuai dengan namanya, aplikasi ini melakukan perubahan pada sinyal audio secara real-time dengan mengubah spektrum frekuensi selama pemutaran.

Equalizer RealTime sendiri tersedia dalam dua versi, yakni instalasi independen serta plugin untuk aplikasi Winamp. Berikut ini fitur-fitur yang dibawa Equalizer RealTime.

  • Mempunyai tampilan antarmuka yang menarik, sehingga membuatnya dapat dengan mudah diakses.
  • Memiliki kemampuan untuk menyamakan berbagai macam format audio berbeda seperti WAV, MP3, dan masih banyak lagi.
  • Aplikasi yang ramah pengguna dengan pilihan hingga 300 buah channel.
  • Memberi dukungan pada Spacial Resurrection sehingga mudah untuk meningkatkan kualitas stereo musik.
  • Dukungan amplifikasi yang halus serta kuat.
  • Dengan banyaknya preset yang tersedia, maka Anda dapat dengan mudah untuk membuat dan menyimpan skenario audio yang berbeda.
  • Menawarkan tingkat aplifikasi dari INF pada +90 dB serta –INF pada +20dB untuk aplifikasi yang halus.
  • Memungkinkan Anda untuk membuat preset menggunakan pengaturan equaliser khusus, dengan tujuan memastikan jika perubahan serta penyesuaian saluran bisa digunakan berkali-kali.

Voicemeeter Banana

Voicemeeter Banana

Apabila Anda ingin meningkatkan audio sistem di PC Windows yang digunakan, maka Voicemeeter Banana dapat menjadi pilihan terbaik.

Software volume mixer ini, memiliki fungsi untuk perangkat audio virtual yang membantu proses mixing serta mengendalikan sumber audio apa saja. Hal ini dilakukan menggunakan I / O Virtual pada perangkat audio tersebut.

Hal terbaik yang mampu diberikan oleh Voicemeeter Banana ini, adalah mampu memberi kebebasan untuk mengedit suara kita. Nah, berikut beberapa fitur yang dimiliki Voicemeeter Banana.

  • Memungkinkan untuk mengatur suara Anda agar menjadi lebih tinggi maupun lebih rendah.
  • Memiliki fitur pengeditan audio yang bisa membantu untuk menghilangkan distorsi vokal dan membuat audio menjadi lebih jelas dan jernih.
  • Memungkinkan Anda untuk terhubung dengan sumber audio apa saja, atau bahkan bisa mencampurnya dengan aplikasi audio lain dengan mudah.
  • Memberikan opsi untuk memperlambat kecepatan laju bicara maupun meningkatkan kecepatan suara.
  • Memungkinkan untuk mengakses multi-channel EQ menjadi crossover agar sistem PA Stereo berjalan.
  • Telah dilengkapi dengan Tape Deck built-in yang bisa memutar dan merekam file audio dalam bentuk WAV, BWF, AIFF, MP4, MP3, MOV, dan masih banyak lagi, hanya dengan satu kali klik.

Realtek HD Audio Manager

Realtek HD Audio Manager

Banyak yang mengatakan jika Realtek HD Audio Manager merupakan salah satu aplikasi equalizer terbaik untuk PC. Software ini bersifat open-source, yang membuat Anda dapat dengan mudah memodifikasinya.

Aplikasi equalizer ini memiliki kemampuan terbaik dalam mengubah pengaturan suara di PC Anda. Realtek HD Audio Manager ini dibuat secara khusus bagi pengguna OS Windows.

Dengan menggunakan Realtek HD Audio Manager, Anda dapat melakukan berbagai hal melalui beberapa fitur sebagai berikut ini.

  • Memungkinkan Anda untuk mengubah pengaturan suara pada berbagai perangkat keras keluaran audio seperti line-in dan speaker.
  • Menyediakan banyak sekali presets dengan karakteristik masing-masing.
  • Memberikan terbaik bagi para penggunanya ketika sedang mendengarkan musik.

Equalizer FXsound

Equalizer FXsound

Salah satu solusi terbaik aplikasi equalizer untuk PC adalah Equalizer FXsound.

Tampilan elegan yang disandingkan dengan antarmuka yang sederhana, membuat para penggunanya dapat dengan mudah mengoperasikan aplikasi equalizer yang satu ini.

Aplikasi ini juga akan memberikan Anda kenikmatan tersendiri ketika mendengarkan musik.

Nah, tentunya kenikmatan tersebut bisa Anda dapatkan dari beberapa fitur yang dibawa oleh software Equalizer FXsound. Berikut fitur-fitur yang dibawanya.

  • Menyediakan berbagai macam kualitas suara berdasarkan pengaturan yang dipilih.
  • Memaksimalkan bass agar bisa lebih kencang.
  • Penyediaan kualitas audio yang jernih.
  • Penyeimbangan antara suara vokal dan instrumen pada musik.
  • Pengaturan aplikasi yang bersifat real-time.

Graphic Equalizer Studio

Graphic Equalizer Studio8

Jika Anda sedang mencari aplikasi equalizer PC dengan tampilan antarmuka yang futuristik, maka Graphic Equalizer Studio merupakan pilihan yang paling tepat.

Tidak kalah dengan tampilannya yang menarik, kemampuan dalam mengatur kualitas audio yang dimiliki oleh aplikasi ini juga sangat mengesankan. Anda bisa menyesuaikan audio output sesuai dengan keinginan.

Di dalam aplikasi ini, Anda akan menemukan berbagai fitur yang mampu memanjakan telinga khususnya ketika sedang mendengarkan musik. Berikut fitur yang dimiliki oleh Graphic Equalizer Studio.

  • Memperbaiki aliran audio secara otomatis.
  • Dukungan berupa slider yang berfungsi untuk membatasi tingkatan atau level suara.
  • Kompresor untuk mendapatkan jaminan terhadap sinyal audio yang sesuai.

Real Time Equalizer

Real Time Equalizer

Sesuai dengan namanya, Real Time Equalizer merupakan aplikasi equalizer PC yang bisa Anda kendalikan secara real-time.

Aplikasi yang satu ini, berfungsi untuk memproses file audio seperti WAV dan MP3 dengan memodifikasi sinyal audionya secara real-time. Selain itu, Real Time Equalizer juga mudah digunakan berkat tampilannya yang sederhana.

Tidak hanya itu, Real Time Equalizer juga membawa beberapa fitur yang menguntungkan para penggunanya sebagai berikut.

  • Kemudahan dalam mengatur frekuensi suara dengan spektrum frekuensi.
  • Membatasi level suara dengan menggunakan slider.
  • Pengaturan yang dapat diterapkan dengan mudah.
  • Hasil pengaturan suara yang jernih dan berkualitas tinggi.

DFX Audio Enhancer

DFX Audio Enhancer

Belakangan ini, banyak bermunculan aplikasi equalizer PC berbasis Windows yang bisa diandalkan. Salah satu yang menarik adalah DFX Audio Enhancer.

Banyak pengguna yang telah membuktikan kemampuan software ini dalam hal meningkatkan kualitas audio pada PC. Bahkan khususnya dalam musik, DFX Audio Enhancer mampu memberikan pengalaman yang menyenangkan.

Tentunya berbagai kehebatan dari DFX Audio Enhancer ini disebabkan oleh banyaknya fitur yang dimilikinya. Diantaranya adalah sebagai berikut ini.

  • Meningkatkan kualitas audio pada PC dan juga laptop.
  • Menyediakan berbagai macam efek suara populer seperti Hyperbass dan 3D Surround.
  • Tampilan antarmuka futuristik dan mudah digunakan oleh pemula.

Boom3D

Boom3D

Boom3D merupakan sebuah aplikasi equalizer yang dibuat untuk OS Windows dan macOS. Software ini, dirancang terutama bagi mereka yang mendengarkan audio PC menggunakan headphone.

Boom3D mampu mengubah semua output audio menjadi suara Surround 3D tanpa perlu perangkat keras maupun penguat tambahan yang lainnya.

Menurut Saya, software Boom3D layak Anda masukkan ke dalam daftar equalizer di PC karena beberapa fitur yang ada di bawah ini.

  • Menyediakan 31 band yang bisa dipilih sesuai dengan keinginan.
  • Memberikan pengalaman mendengarkan audio secara lebih mendalam.
  • Mampu membuat kualitas audio khususnya musik, menjadi lebih baik terlepas dari genre yang dimainkan.

Reaper

Reaper

Reaper merupakan aplikasi yang mampu membantu Anda untuk mengedit dan memaksimalkan suara pada PC.

Aplikasi Reaper ini bersifat multiplatform, yang artinya bisa digunakan pada Windows, Linux, dan MacOS. Aplikasi ini juga telah didukung oleh beberapa trek dengan adanya dukungan multi-channel berupa 64 saluran pada setiap trek.

Dapat dikatakan bahwa aplikasi yang satu ini kaya akan fitur. Untuk lebih jelasnya, berikut fitur-fitur yang dimiliki oleh Reaper.

  • Perekaman audio secara langsung ke mono dan stereo yang bisa dijadikan file audio multi-channel.
  • Tersedia berbagai macam plugin stock asli yang diperuntukan perangkat lunak Anda.
  • Mampu meningkatkan kualitas suara atau audio khususnya untuk sebuah lagu.

Adobe Audition

Adobe Audition

Dalam urusan aplikasi equalizer, developer ternama yakni Adobe juga tidak mau ketinggalan. Adobe Audition merupakan aplikasi equalizer terbaik yang kerap menjadi pilihan.

Hal ini tentunya dikarenakan Adobe telah berpengalaman dalam pembuatan aplikasi dengan fitur yang luar biasa. Jadi, tidak heran jika Adobe Audition ini sering digunakan secara profesional.

Nah, kembali ke fitur, tentunya fitur yang dimiliki oleh Adobe Audition ini sangat beragam. Berikut beberapa fitur unggulan Adobe Audition.

  • Memungkinkan pengguna untuk melakukan multi-track editing.
  • Mampu Anda gunakan untuk mixing audio.
  • Auto Ducking, yang bisa membantu Anda menurunkan volume trek pada latar belakang untuk pembuatan suara vokal.
  • Menghilangkan noise atau suara-suara berisik pada sebuah audio.

Hear

Hear

Aplikasi Equalizer PC yang Saya rekomendasikan selanjutnya adalah Hear. Hear merupakan aplikasi equalizer yang mampu mendongkrak kualitas audio pada PC Anda.

Hal ini akan membuat kegiatan seperti bermain game, mendengarkan musik, dan juga menonton film terasa semakin seru. Aplikasi ini bisa disandingkan dengan software multimedia seperti Winamp, GOM Player, dan lain sebagainya.

Keunggulan yang dimiliki oleh aplikasi ini, tentunya berasal dari fitur-fitur yang dimilikinya sebagai berikut ini.

  • Memungkinkan Anda untuk melakukan mixing audio.
  • Fitur maximizer yang membuat suara dari PC menjadi lebih maksimal.
  • Ambience yang bisa Anda gunakan untuk membuat audio di PC menjadi lebih hidup.
  • Menyesuaikan setiap komponen di dalam audio pada PC.

Ekstensi EQ Audio Equalizer Pada Chrome

Ekstensi EQ Audio Equalizer Pada Chrome

Selain beberapa aplikasi yang Saya sebutkan di atas, ada juga equalizer audio terbaik untuk Google Chrome. Equalizer ini sangat bermanfaat ketika Anda menonton video atau mendengarkan musik dari situs tertentu menggunakan Google Chrome.

Ekstensi pada Google Chrome ini, mampu meningkatkan kualitas audio suara online seperti Youtube, Spotify, dan lain sebagainya.

Beberapa video cenderung mempunyai suara yang sangat rendah pada saat diputar secara online. Apabila Anda mengalami masalah ini, maka cukup menginstall EQ Audio Equalizer saja.

Ekstensi tersebut akan meningkatkan kualitas suara audio online lebih dari volume maksimal yang telah disediakan oleh sistem Google Chrome.

Perlu untuk Anda ketahui, bahwa sebenarnya masih ada banyak lagi aplikasi equalizer yang bisa dicoba.

Namun beberapa aplikasi yang sudah Saya sebutkan diatas, adalah aplikasi equalizer PC terbaik dan paling direkomendasikan.

Selain rata-rata penggunaannya cukup mudah, beberapa aplikasi tersebut juga mampu memberikan kualitas audio terbaik.

Lihat juga Software Desain Rumah Terbaik