Cara Flash Oppo F5

OPPO F5 adalah salah satu produk smartphone merk OPPO yang menyasar kelas menengah ke bawah. Harganya yang relatif terjangkau serta spesifikasinya yang lumayan oke membuat HP ini diminati banyak orang.

Namun begitu, namanya perangkat elektronik, terkadang terjadi masalah yang mengharuskan Anda tahu bagaimana cara flash HP OPPO F5 secara mandiri.

Dengan melakukan flashing HP OPPO F5, maka segala masalah yang terjadi pada HP tersebut akan teratasi.

Flashing juga bisa meningkatkan performa perangkat sehingga HP OPPO milik  Anda akan berperforma layaknya HP baru. Intinya banyak sekali manfaat yang Anda dapatkan dari flashing HP OPPO F5.

Spesifikasi HP OPPO F5

Spesifikasi HP OPPO F5

OPPO F5 termasuk produk generasi ketiga dari OPPO, yang mana pendahulunya adalah OPPO F1 dan OPPO F3. HP yang rilis pada tahun 2017 lalu ini tentu memiliki spesifikasi yang upgrade dibandingkan pendahulunya.

Sesuai semboyannya, “Capture the real you”, upgrade sangat bisa dirasakan utamanya di spesifikasi kamera.

Ya, OPPO F5 sudah menggunakan AI (Artificial Intelligent) Beauty Recognition, yang akan membantu Anda mendapatkan hasil selfie terbaik.

Jangan lupakan juga fitur Speedy Facial Unlock, untuk membuka kunci smartphone dengan mudah tanpa ribet. Melalui fitur ini, Anda bisa membuka kunci HP hanya dengan wajah selama tidak lebih dari 1 detik saja.

Selain beberapa hal diatas, HP OPPO F5 tetap didukung oleh mesin yang membanggakan. Anda bisa lihat di CPU, yang telah menggunakan Mediatek Helio P23 dengan kecepatan 2.5GHz.

RAM OPPO F5 juga tidak kalah ciamik, karena sudah berkapasitas 4 GB, sangat ringan untuk kebutuhan multitasking Anda sehari-hari.

Intinya, dengan berbagai keunggulan diatas, tentu Anda akan panik jika ada salah satu fitur HP OPPO F5 yang tidak bekerja semestinya.

Masalah-masalah seperti ini memang sangat wajar terjadi pada smartphone, misalnya saja masalah-masalah seperti di bawah ini :

  • Disusupi virus dan malware
  • HP lemot
  • HP hang
  • HP restart sendiri
  • Terjadi kesalahan pada aplikasi
  • Bootloop
  • Terdapat bug
  • Lupa pola kunci/pin layar dan seterusnya

Jika Anda mengalami salah satu dari beberapa masalah diatas, maka ada dua solusi yang bisa Anda lakukan.

Pertama adalah dengan melakukan Factory Reset, yang bisa Anda temukan di pengaturan Android. Kedua adalah dengan melakukan flashing, yang langkah-langkahnya akan saya jelaskan di bawah ini.

Lihat juga :

Apakah itu Flash?

Apakah itu Flash

Flashing bisa dikatakan sebagai install ulang OS Android layaknya komputer atau laptop, yang berguna untuk memperbaiki dan memulihkan segala kerusakan yang terjadi pada HP.

Dengan melakukan flashing ini, seakan Anda membeli HP baru, hal ini tidak berlebihan karena setelah flashing dilakukan, performa HP tersebut memang jauh lebih baik dibandingkan dengan sebelumnya.

Selain untuk install ulang OS Android dan memperbaiki segala macam kesalahan, flashing juga bermanfaat untuk upgrade dan downgrade versi OS Android.

Karena proses ini bisa menghapus seluruh data di dalam HP, sebaiknya mencadangkannya terlebih dahulu. Anda bisa memindahkannya ke smartphone lain, hardisk eksternal atau PC/laptop.

Satu lagi, dalam melakukan flashing HP OPPO F5 ini, Anda sebisa mungkin mendapatkan firmware yang sesuai dengan OPPO F5. Jika tidak, proses flashing akan terganggu dan akan terjadi error saat menyala/booting.

Biasanya proses booting akan berhenti pada logo Android saja, yang mana dikenal dengan istilah bootloop.

Hal Apa Saja yang Harus Disiapkan?

Hal Apa Saja yang Harus Disiapkan

Ada beberapa hal yang harus disiapkan sebelum flashing HP OPPO F5 dilakukan, beberapa di antaranya adalah sebagai berikut :

  • PC/laptop dengan OS Windows
  • Kabel data USB OPPO F5 (usahakan kabel data yang original, agar tidak ada masalah untuk menghubungkan HP OPPO F5 dengan PC/laptop).
  • Firmware HP OPPO F5 CPH1723 (download di sini)
  • OPPO ALL TOOL ENABLER (download di sini)
  • DRIVER MEDIATEK (download di sini)

Cara Flash HP OPPO F5

Setelah semua siap, maka proses flashing HP OPPO F5 CPH1723 bisa dilakukan, adapun langkah-langkahnya persis seperti di bawah ini :

  1. Pertama ekstrak firmware OPPO F5, OPPO ALL TOOL ENABLER dan DRIVER MEDIATEK yang telah Anda download barusan, usahakan untuk menempatkannya di satu folder agar mudah ditemukan.
  2. Jika sudah, selanjutnya lakukan instalasi alat-alat yang dibutuhkan, pertama adalah Driver Mediatek dengan klik dua kali di file “InstallDriver.exe”.
    Jika sudah, selanjutnya lakukan instalasi alat-alat yang dibutuhkan, pertama adalah Driver Mediatek dengan klik dua kali
  3. Selanjutnya install OPPO ALL TOOL ENABLER dengan klik dua kali pada “PDAnet.exe”.
  4. Selanjutnya install “CodeMeterRuntime.exe” dan tunggu proses instalasi hingga kelar.
    Selanjutnya install “CodeMeterRuntime.exe” dan tunggu proses instalasi
  5. Jika sudah terpasang, buka dan jalankan “CodeMeter Control Center”, pilih “File” lalu cari folder “OPPO All Tool Enabler”. Di dalam folder tersebut Anda bisa memilih file “OPPOMsmDownloadToolNoneLic_2001.WibuCmRau”.
  6. Jika sudah, sekarang buka folder “Firmware OPPO F5 CPH1723” dan install “DownloadTool.exe”. Di sana Anda akan menemukan dua opsi, yaitu “Format Download” untuk menghilangkan semua data dalam smartphone, dan “Upgrade Download”.
  7. Sekarang pilih “Start All” di “DownloadTool.exe” untuk memulai proses install ulang HP OPPO F5 CPH1723.
    Sekarang pilih “Start All” di “DownloadTool.exe” untuk memulai proses install
  8. Jika sudah, sambungkan HP OPPO F5 dengan PC/laptop menggunakan kabel data, saat menyambungkan Anda harus menekan “Volume Up + Volume Down” secara bersamaan agar HP OPPO F5 terdeteksi,
  9. Jika HP OPPO terdeteksi, Anda bisa melihat bar warna merah, biru, hijau dan kuning di port COM “DownloadTool.exe”.
  10. Sekarang Anda tinggal menunggu proses flashing hingga mencapai 100%, jika sudah selesai HP OPPO F5 akan restart otomatis.
    Sekarang Anda tinggal menunggu proses flashing hingga mencapai 100%, jika sudah selesai HP OPPO F5 akan restart otomatis
  11. HP OPPO F5 akan restart otomatis.

Cara flash HP OPPO F5 sangatlah mudah, Anda hanya perlu menyiapkan firmware dan tool yang tepat.

Link download semua tool dan firmware sudah saya sertakan diatas, jadi Anda tinggal men-download-nya.

Sebelum melakukan flashing, pastikan Anda telah melakukan back up data terlebih dahulu ya.