Cara Hitung Gaji Karyawan Dengan Software Payroll

gaji karyawan

Menghitung gaji karyawan adalah bagian dari tugas HRD dalam pekerjaannya sehari-hari. Akan tetapi, hitung menghitung gaji karyawan tidak sesederhana kelihatannya.

Perhitungan gaji manual sering menghadapi berbagai macam kendala seperti komponen gaji tertukar dan hilang sampai proses yang memakan waktu lama Padahal, pekerjaan HRD tidak hanya seputar penggajian karyawan saja. Untuk mengakalinya, perusahaan mulai menggunakan payroll system.

Implementasi payroll system dinilai dapat menjadi alternatif untuk menyelesaikan berbagai kendala serta meningkatkan kinerja HRD dalam perhitungan gaji  karyawan. Mengapa demikian?

Untuk lebih jelasnya, mari kita simak 4 keunggulan dari payroll system!

Cepat dan Akurat

Keunggulan pertama dari payroll system yang paling terlihat adalah cepat dan akurat. Semua informasi terkait penggajian dapat diproses dengan cepat dan akurat berkat adanya otomatisasi dari sistem. Sehingga kejadian seperti salah hitung gaji dan telat gajian pun juga dapat diminimalisir dengan baik.

Sistem Aman dan Rahasia

Informasi dan data karyawan apalagi yang terkait gaji bersifat konfidensial. Perusahaan wajib bertanggung jawab dan menjaga segala informasi dan data karyawan semaksimal mungkin.

Sayangnya, sistem penggajian manual rentan sekali terjadi kebocoran atau manipulasi data. Hal ini bisa diatasi dengan implementasi payroll system. Melalui database berbasis cloud, payroll system mampu menyimpan data dan informasi karyawan dengan aman dan rahasia. 

Otomatis

Seperti yang disebutkan di atas, payroll system dapat memproses gaji secara cepat dan akurat karena adanya dukungan otomatisasi.

Payroll system juga terintegrasi dengan data kehadiran karyawan yang masuk melalui aplikasi absensi android. Jadi HRD tak perlu lagi melakukan entry data kehadiran secara manual.

Apakah Anda juga tahu bahwa payroll system mampu memproses laporan dan slip gaji otomatis? Keunggulan ini tentu akan menguntungkan pihak HRD karena tidak perlu lagi berkutat dalam tugas administratif.

Praktis

Cara manual mengharuskan HRD berada di perusahaan untuk memproses gaji karyawan. Terdengar membosankan dan tidak praktis, bukan? Sementara itu, payroll system dapat diakses di mana dan kapan saja.

Bahkan, HRD bisa memproses gaji karyawan di rumah ketika work from home selama ada dukungan laptop dan sinyal internet! Praktis sekali, ya?

Dari ulasan singkat di atas, bisa disimpulkan bahwa payroll system mempunyai beberapa keunggulan yang tidak akan ditemukan dalam sistem penggajian manual.

Jika perusahaan Anda ingin memaksimalkan pengelolaan gaji, maka memilih menggunakan payroll system tidak ada salahnya.

LinovHR adalah contoh vendor yang menyediakan payroll system dengan fitur dan tampilan yang mudah dipahami.

Dengan keunggulan yang dimiliki oleh LinovHR, perusahaan tidak perlu menghabiskan waktu lama untuk mempelajari dan beradaptasi dengan penggunaan sistem.

Jadi, apakah Anda memilih untuk menggunakan cara lama dalam menghitung gaji atau memilih menggunakan payroll system? Semoga ulasan di atas dapat menambah wawasan Anda!

Download Service Tool V3400

service tool

Sebuah Printer yang digunakan secara terus menerus suatu saat pasti akan mengalami kerusakan. Apabila kerusakan yang terjadi

Cara Melihat IP Komputer

Cara Melihat IP Komputer

Apakah Anda tahu bahwa pada saat menghubungkan PC dengan jaringan, maka Anda akan memperoleh suatu alamat pada

Tinggalkan komentar