Cara Login Sispena

Reviewed by M Randy YP

Dunia digital saat ini berkembang sangat pesat, dan sudah berpengaruh terhadap dunia pendidikan. Sehingga membuat kegiatan belajar mengajar sudah berbasis digital.

Namun bukan hanya itu saja, aspek lain yang berhubgungan dengan dunia pendidikan juga sudah bisa dilakukan secara online.

Contohnya kegiatan akreditasi, dimana pihak instansi tidak perlu susah payah melakukan pengajuan secara manual. Karena kegiatan akreditasi tersebut sudah bisa dilakukan secara online.

Anda bisa menggunakan aplikasi Sispena BAN BAP S/M untuk membantu urusan akreditasi instansi pendidikan anda.

Apa itu Sispena?

Sispena adalah aplikasi berbasis website yang digunakan untuk penilaian akreditasi sebuah sekolah.

Program ini hadir dalam bentuk aplikasi sehingga mudah sekali untuk digunakan kapan saja dengan syarat terhubung dengan jaringan internet.

Sispena hadir dan dikelola oleh Badan Nasional Akreditasi Sekolah /Madrasah (BAN S/M).


Fungsi Sispena

Sispena hadir bertujuan untuk melakukan pendataan sekolah serta Madrasah yang ada di Indonesia.

Dengan menggunakan Sispena anda tidak perlu lagi menyiapkan serta mengirim persyaratan dalam bentuk hardcopy.

Sistem akreditasi menggunakan sispenan dilakukan secara online. Jadi semua persyaratan hanya berupa file dengan format tertentu yang kemudian di upload di aplikasi Sispena.

Pihak sekolah dan madarasah nantinya akan diberikan wewenang untuk mengakses dan log in Aplikasi Sisipena.

Pihak yang mengurusi semua hal mengenai akreditasi Sekolah biasanya adalah kepala Sekolah atau guru yang diberikan wewenang serta tanggung jawab tersebut.

Selain itu, pihak sekolah dan asessor bisa bersama-sama menggunakan instrumen penilaian akreditasi yang sudah disiapkan dalam aplikasi Sispena.

Data-data yang harus diinput oleh pihak sekolah harus menggunakan data asli yang sudah tertera dalam apliksi Sispena. Jadi pihak sekolah tinggal mengikuti dan melengkapinya saja.

Nantinya pihak asesor selaku penilai akan melakukan penilaian dan verifikasi terhadap semua berkas yang sudah di upload.

Jadi pihak sekolah / Madrasah harus selalu siap untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan yang diajukan oleh asesor tekait dengan data dokumen yang sudah di upload.

Selain itu, Sispena juga perperan sebagai sistem penilaian otomatis berdasarkan hasil analisa terhadap semua data yang sudah di upload ke aplikasi Sispena.

Dengan adanya Sispena akan mebuat para asesor tidak melakukan pekerjaan tambahan lagi, karena semua hasil penilaian akan dihitung secara otomatis.

Hadirnya Sispena diharapkan bisa membuat proses akreditasi Sekolah dan Madrasah di Indonesia menjadi lebih mudah dan cepat selesai.


Cara Login Sispena 2020

Cara untuk masuk ke Sispena sangat mudah, hal pertama yang harus anda lakukan adalah masuk ke situs Sispena kemudian lakukan log in.

Lalu, bagaiamana Cara Login Sispena?

Karena masih banyak orang yang belum mengetahui mengenai Cara Login Sispena, maka pada artikel ini akan saya berikan panduan terbaru yang benar untuk login ke Sispena.

  • Silakan kunjungi situs resmi Sispena
    https://bansm.kemdikbud.go.id/sispena/login atau
    https://banpaudpnf.kemdikbud.go.id/sispena/login Untuk PAUD.
  • Setelah berhasil masuk ke situs resmi Sispena, maka akan muncul halaman log in.
    Login Sispena
  • Silakan masukkan Username dan password.
  • Apabila anda baru pertama kali dan belum pernah mengganti password, maka masih menggunakan password default yang masih sama dengan nomor NSPN.
  • Jadi pada kolom pasword silakan isi dengan nomor NSPN.
  • Selanjutnya akan muncul kode captcha, silakan masukkan kode tersebut.
  • Jika sudah, klik Login.
  • Selanjutnya anda akan masuk kehalaman sispenabap.bansm.or.id.
  • Dihalaman ini akan muncul formulir identitas sekolah.
  • Pada tahap ini jangan heran kalau formulir tersebut sudah ada isinya, karena dapodik atau EMIS telah mengisinya.

Lihat juga Cara Daftar Jakone Mobile Di HP

Jika anda membuka Sispena untuk SMK, maka yang terdapat pada kolom isian bisa anda gunakan untuk mengisi program keahlian siswa.

Anda sebagai pengguna bisa mengisi lebih dari satu program keahlian yang ada di masing-masing sekolah.

Selain itu terdapat beberapa data yang bisa anda isi, seperti status akreditasi lengkap dengan tahunnya. Selain itu, visi dan misi sekolah juga harus anda isi.

Jika sudah diisi semua, klik Submit untuk lanjut ketahap berikutnya

Kemudian pihak sekolah atau madrasah dapat melanjutkan untuk mengisi menu Data Isian yang terletak di bagian kiri untuk memulai penginputan isian akreditasi.

Selanjutnya pihak Madrasah atau sekolah bisa langsung mengisi menu Data Isian yang berada dibagian sebelah kiri untuk menginput isian akreditasi.

Kemudian ada beberapa pertanyaan yang wajib diisi oleh pihak sekolah, seperti pernyataan dari kepala Sekolah, Persyaratan Akreditasi, Pemutahiran Data, Kartu Kendali dan Data Isian Akreditasi.

Cara Masuk Sispena

Tinggalkan komentar