Cara Melihat Password WiFi di Windows 10

Padahal mengetahui password WiFi cukup penting bagi perangkat baru yang ingin mengkoneksikan perangkatnya tersebut ke jaringan WiFi.

Tanpa perlu menginstal aplikasi apapun, Windows telah menyediakan fitur yang memungkinkan Anda untuk mengetahui password WiFi yang tersambung.

Berikut ini adalah cara melihat password WiFi di Windows 10 dengan mudah.

2 Cara Melihat Password WiFi di Windows 10

1. Melalui Network and Sharing Centre

  1. Pada icon Internet Access yang terdapat di bagian bawah layar, klik kanan lalu pilih opsi Open Network & Internet Settings.
  2. Nantinya akan terbuka jendela Network & Internet. Langkah selanjutnya buka opsi Status lalu klik opsi Network and Sharing Centre yang terdapat di bagian bawah halaman.
    Melalui Network and Sharing Centre
  3. Kemudian akan muncul jendela Network and Sharing Centre, Anda bisa klik opsi WiFi yang telah terhubung ke perangkat.
  4. Setelah itu akan muncul jendela pop up WiFi status, Anda bisa klik tombol Wireless Properties yang terletak di samping tombol Details.
  5. Nantinya akan muncul kotak dialog, Anda bisa memilih tab security lalu beri tanda centang pada kotak Show characters untuk dapat melihat password WiFi tersebut.
    Nantinya akan muncul kotak dialog, Anda bisa memilih tab security lalu beri tanda centang pada kotak Show characters untuk dapat melihat password WiFi tersebut
  6. Setelah itu Anda sudah bisa melihat password WiFi pada kolom Network security key. Klik tombol OK untuk menutup kotak dialog Wireless Network Properties.

Lihat juga Cara Melihat IP Komputer

2. Melalui Command Prompt

  1. Langkah pertama yaitu menjalankan menu Command Prompt terlebih dahulu. untuk membuka Command Prompt, Anda hanya perlu mengetikan “Command Prompt” pada kolom pencarian di perangkat Windows yang digunakan.
    Langkah pertama yaitu menjalankan menu Command Prompt terlebih dahulu. untuk membuka Command Prompt
  2. Setelah menu Command Prompt terbuka, ketik netsh wlan show profiles pada halaman yang tersedia lalu klik enter.
  3. Nantinya Command Prompt akan menampilkan semua jaringan WiFi yang sedang digunakan ataupun tidak.
    Nantinya Command Prompt akan menampilkan semua jaringan WiFi yang sedang digunakan ataupun tidak
  4. Setelah itu Anda bisa menentukan jaringan WiFi yang ingin dilihat passwordnya dengan mengetik netsh wlan show profiles name=”nama profil WiFi” key=clear lalu klik enter. Tanda petik yang terdapat di nama profil WiFi tersebut diperlukan jika terdapat spasi pada jaringan WiFi yang ingin dilihat password-nya.
  5. Setelah itu Anda sudah bisa melihat password WiFi tersebut pada Key Content.

Lihat juga Cara Mengetahui Siapa Saja yang Menggunakan Wifi Indihome kita

2 cara melihat password WiFi di Windows 10 tersebut dapat Anda lakukan sendiri dengan mudah tanpa perlu bantuan ahli atau orang lain.

Dengan mengetahui cara melihat password WiFi tersebut, tentunya Anda akan semakin mudah terhubung ke jaringan internet tanpa perlu menggunakan fitur personal hotspot pada perangkat smartphone yang akan menghabiskan data.