Cara Membuat Nomor Halaman Makalah di Ms. Word

Reviewed by M Randy YP

Menyusun makalah memang gampang-gampang susah. Beberapa dari Anda pasti akan merasakan pusing berlebih karena pada saat penyusunan makalah juga tertekan dengan tugas-tugas kuliah lain yang terus menumpuk.

Itulah mengapa proses penyusunan makalah bisa menjadi sangat rumit.

Salah satu poin penting ketika menyusun makalah adalah penomoran halaman. Materi cara membuat  nomor halaman makalah di Ms. Word  biasanya disampaikan pada materi ITK (Ilmu Teknologi dan Komputer) pada saat duduk di bangku SMP.

Jika materi disampaikan pada saat SMP dan sekarang digunakan pada saat Anda duduk di bangku perkuliahan, sudah pasti banyak diantara Anda yang sudah lupa dengan materi tersebut.

Cara Membuat Nomor Halaman Di Word Untuk Makalah

Berikut adalah langkah-langkah membuat nomor halaman makalah di ms. Word untuk memudahkan penomoran halaman makalah Anda.

  1. Sebelum melakukan cara membuat nomor halaman makalah di ms. Word, , Anda harus terlebih dahulu paham aturan-aturan umum dalam pemberian nomor halaman. Aturan-aturan tersebut antara lain :
    • Pada lembar paling depan, atau lembar cover tidak perlu diberi penomoran halaman. Terkecuali jika Anda hendak memberikan double cover, dimana cover pertama merupakan sampul makalah yang dicetak secara berwarna kertas cover dan cover kedua berada di belakang halaman cover utama, dimana dicetak dengan/tanpa warna di kertas HVS.
    • Selanjutnya, dilanjutkan halaman kata pengantar, daftar isi dan seterusnya sampai sebelum memasuki bab 1 maka penomoran halaman menggunakan angka romawi mulai dari i, ii, iii dan seterusnya.
    • Memasuki bab 1, penomoran halaman awal di lembar setiap bab penomoran ditulis menggunakan angka. Penomoran angka ini dituliskan di bagian tengah bawah halaman .
    • Melanjutkan dari penulisan nomor setelah halaman bab, penomoran dituliskan di bagian halaman kanan bagian atas halaman.
      isi penomoran
  2. Setelah mengetahui beberapa aturan dasar cara membuat nomor halaman makalah di ms. Word, hal kedua yang perlu Anda pahami dan pelajari adalah section.  Setiap halaman yang ada di word sebelum diberi penomoran akan dikelompokkan terlebih dahulu, pengelompokan pada masing-masing halaman inilah yang disebut section. Section ini yang berfungsi sebagai pembeda format antara setiap kelompok halaman yang hendak diberikan format penomoran halaman yang berbeda-beda.
  3. Contoh format section pada penyusunan makalah bisa jadi seperti ini :
    • Section 1 berisi cover pertama yang terletak di bagian paling depan makalah, oleh karena itu tidak dibutuhkan adanya penomoran halaman.
    • Section 2 berisi halaman cover kedua sampai dengan halaman daftar isi/tabel dimana penomora dituliskan menggunakan angka romawi yang diletakkan di bawah tengah halaman.
    • Section 3 berisi satu halaman judul BAB 1 yang penomoran halamannya menggunakan angka biasa dan diletakkan di bawah tengah halaman.
    • Section 4 berisi kumpulan halaman kelanjutan bab 1 sebelum memasuki bab 2. Penomoran halaman dituliskan menggunakan angka biasa dan diletakkan di bagian pojok kanan atas halaman.
  4. Lantas bagaimana cara membuat section halaman? Pertama-tama, buat section 1 untuk halaman cover pertama dengan cara meletakkan kursor di bagian pojok kiri atas halaman yang akan dibuat section baru, lalu klik.
  5. Dilanjut klik menu Layout, pilih menu Break dan klik Next Page.
    Pilih Next Page
  6. Lalu lanjutkan dengan klik kanan halaman selanjutnya dari cover pertama lalu pilih Edit Header. Cara ini dilakukan untuk memastikan apakah halaman cover kedua dan selanjutnya sudah termasuk dari bagian section 2. Jika sudah muncul tulisan Section 2 di pojok kiri atas halaman yang diinginkan, maka itu berarti section sudah berhasil. Untuk memahami lebih dalam tentang section di ms word silahkan lihat pada materi belajar HTML di itkoding.
    pilih edit header
  7. Untuk halaman-halaman selanjutnya Anda hanya perlu melakukan edit section dengan cara yang sama seperti di atas.
  8. Dilanjutkan dengan mengedit footer. Pada halaman section 2. Arahkan mouse ke bagian bawah footer lalu klik kanan pilih menu Edit Footer.
  9. Selanjutnya Anda perlu menentukan lokasi nomor halaman. Caranya dengan mmeilih menu Design pada bar, pilih Page Number. Klik menu Page Number maka akan muncul lagi beberapa pilihan, pilih menu Bottom of Page. Dengan begini kita hanya perlu memilih lokasi penomoran halaman berdasarkan menu yang tersedia. Karena Anda menginginkan penomoran diletakkan di tengah bawah, maka pilih Plain Number 2 lalu klik.
  10. Selanjutnya untuk menentukan tipe nomor atau format number, klik menu Desgin pada bar atas. Setelah itu pilih Page Design, maka akan muncul lagi beberapa pilihan, pilih pilihan Format Number pilih format nomor yang diinginkan.
  11. Ulangi langkah-langkah di atas mulai dari langkah ke-5, untuk masing-masing bab yang diinginkan.

Lihat juga Cara Membuat Nomor Halaman Berbeda Di Word

Itulah beberapa langkah dan cara membuat nomor halaman makalah di ms. Word yang harus Anda ketahui. Dengan begitu, penomoran halaman akan lebih rapi dan sesuai dengan peraturan format yang ditentukan oleh universitas / dosen.

Baca juga Cara Copy Bahasa Arab Di Word Agar Tidak Terbalik