Cara Membuka File ENC di Laptop

Artikel ini telah direview oleh: M Randy YP

File yang digunakan pada smartphone dan komputer memiliki format yang berbeda-beda, dimana format file tersebut akan ditandai dengan ekstensi yang berbeda juga.

File yang digunakan pada komputer contohnya dokumen dengan format doc, file kompresi akan berformat rar atau zip, format exe adalah file yang bisa langsung dijalankan dan berbagai file dengan format lainnya.

Perlu anda ketahui bahwa ada jenis format yang tidak bisa dibuka dengan mudah karena terdapat proteksi didalamnya, dan untuk membuka file dengan format tersebut dibutuhkan software tambahan maupun sistem operasi.

Contohnya adalah file ENC (Encryption) yang merupakan jenis file yang dilindungi yang bertujuan agar terhindar dari serangan virus berbahaya dari perangkat lain.

Sebenarnya terdapat beberapa cara yang bisa digunakan untuk membuka file enc baik itu secara online maupun offline.

Jika anda pengguna Windows 10 maka bisa membuka file ENC hanya melalui file Explorer saja.

Hal ini dikarenakan sistem operasi Windows 10 sudah dilengkapi dengan fitur merubah ekstensi ke tipe kompresi yang akan anda keluarkan.

Kalau lewat file explorer sudah bisa tentu akan sangat mudah dan kita tidak perlu menginstall software tambahan untuk membuka file enc.

Meskipun begitu anda harus tetap berhati-hati agar tidak terjadi file corrupt. Kalau sampai corrupt maka file enc tidak bisa dibuka dan data tidak bisa ditampilkan.

Bagi pengguna Windows yang masih awam tentu tidak akan mengetahui cara membuka file enc melalui laptop dengan OS Windows 10.

Oleh karena itu, pada artikel ini akan saya berikan tutorial lengkap agar anda bisa membuka file enc di laptop tanpa terjadi corupt.

Cara Membuka File ENC Di Laptop

Sebelum membuka file enc pada laptop, sebaiknya anda sudah mengerti mengenai fitur kompresi pada laptop yang anda gunakan.

Pastikan aplikasi zip (Misalnya Winrar) sudah terinstal, sehingga metode yang saya bagikan ini bisa langsung anda praktekkan.

Metode yang saya bagikan ini adalah dengan memanfaatkan fitur kompresi zip yang bisa merubah format dari file enc.

Untuk lebih detailnya, silakan ikuti langkah-langkahnya berikut ini :

  1. Jika file enc masih terdapat di harddisk, kartu memory maupun masih tersimpan di smartphone, silakan pindahkan terlebih dahulu ke laptop.
  2. Buka folder dimana file enc diletakkan.
  3. Kemudian arahkan kursor pada file Enc.
  4. Klik kanan lalu pilih send to.
    Cara Membuka File ENC Di Laptop
  5. Selanjutnya silakan pilih opsi Compressed (zip).
  6. Kemudian file berekstensi enc akan berubah menjadi file zip
    Contohnya achievement.enc akan berubah menjadi achievement.zip.
  7. Jika sudah, silakan buka file yang sudah dirubah menjadi .zip dengan cara mengekstraknya.
  8. Silakan pilih opsi Extract All dibagian toolbar atas.
  9. Selanjutnya akan muncul box menu, silakan pilih folder dimana file hasil ekstrak akan diletakkan.
  10. Jika sudah klik Extract.
  11. Selanjutnya akan muncul folder baru yang berisi file enc.

Apabila tetap tidak bisa dibuka, biasanya terjadi error ataupun corupt.

Untuk menghindari hal tersebut, sebaiknya anda memindahkan file enc ke laptop dengan hati-hati dan dalam kondisi yang sangat baik.

Jika anda memindahkan file enc dari smartphone ke laptop, pastikan kabel usb yang digunakan dalam kondisi baik, usahakan menggunakan kabel usb original bawaan smartphone.

Itulah yang bisa saya bagikan untuk anda mengenai Cara Membuka File Enc di Laptop yang menggunakan sistem operasi Windows 10.

Semoga apa yang saja tulis diatas bisa bermanfaat untuk anda.

Lihat juga Download Resetter Printer Canon IP2770