Cara Merekam Layar HP Oppo

Oppo saat ini sudah menjadi salah satu brand smartphone yang sedang digandrungi oleh banyak orang, khususnya di Indonesia. Oppo banyak dipilih karena memiliki harga yang terjangkau namun tetap memberikan fitur yang menarik.

Salah satu fitur yang dimiliki oleh HP Oppo keluaran terbaru yaitu merekam layar. Namun sebagian orang masih ada yang belum mengetahui cara merekam layar HP Oppo.

Dengan adanya fitur merekam layar ini, tentunya Anda dapat merekam aktivitas layar setiap saat, jadi dapat digunakan untuk tutorial aplikasi, mengatur perangkat, hingga merekam gameplay permainan.

Berikut ini adalah beberapa cara merekam layar HP Oppo dengan mudah.

2 Cara Merekam Layar HP Oppo

Gunakan Fitur Bawaan

  1. Langkah pertama yaitu membuka menu settings di perangkat Oppo yang Anda gunakan.
  2. Setelah itu gulirkan layar ke bawah hingga menemukan opsi Screen Recording.
    Setelah itu gulirkan layar ke bawah hingga menemukan opsi Screen Recording
  3. Jika halaman Screen Recording sudah terbuka, tab opsi Record Screen Taps pada slider hingga berubah ke posisi hidup.
  4. Setelah itu akan muncul peringatan jika perekaman layar sedang berjalan.
  5. Jika Anda ingin menyudahi perekaman layar, pilih tombol Stop yang terdapat pada layar HP.
    Jika Anda ingin menyudahi perekaman layar, pilih tombol Stop yang terdapat pada layar HP
  6. Nantinya hasil rekaman tersebut akan tersimpan secara otomatis di galeri HP.

Lihat juga :

Menggunakan Fitur ColorOS

  1. Langkah pertama cara merekam layar HP Oppo menggunakan fitur ColorOS adalah dengan membuka panel Quick Settings dengan cara menarik bar notifikasi ke bawah, lalu pilih opsi Start Screen Recording.
    Langkah pertama cara merekam layar HP Oppo menggunakan fitur ColorOS adalah dengan membuka panel Quick Settings dengan cara menarik bar notifikasi ke bawah, lalu pilih opsi Start Screen Recording
  2. Kalau opsi Start Screen Recording belum muncul di layar, Anda bisa menekan tombol panah pada bagian bawah Quick Settings dan pilih opsi Screen Recording untuk menambahkan ke panel tersebut.

Gunakan Aplikasi Tambahan

Screen Recorder & Video Recorder – Xrecorder

Screen Recorder Video Recorder Xrecorder

Aplikasi ini dapat menjadi cara lain untuk merekam layar HP Oppo. Telah diunduh lebih dari 50 juta kali dengan rating 4.7 membuat Xrecorder tidak perlu lagi dipertanyakan kemampuannya.

Bahkan aplikasi ini mampu merekam aktivitas layar ketika sedang digunakan tanpa adanya watermark dan tidak perlu melakukan rooting terlebih dahulu.

Untuk cara pemakaiannya cukup mudah, Anda hanya perlu membuka aplikasi Xrecoreder di Home Screen lalu tap tombol play untuk mulai menjalankan aktivitas perekaman layar.

AZ Screen Recoder

AZ Screen Recoder

Aplikasi selanjutnya yang bisa Anda gunakan untuk merekam layar HP Oppo yaitu AZ Screen Recoder. Seperti aplikasi sebelumnya, Anda tidak perlu melakukan proses rooting terlebih dahulu jika ingin menggunakan aplikasi ini.

Tidak hanya itu saja, Anda dapat melakukan perekaman dengan durasi yang panjang tanpa adanya batasan waktu.

Cara penggunaan dari AZ Screen Recorder sangat mudah, Anda hanya perlu menekan Magic Button yang terdapat di dalam aplikasi dan setelah itu biarkan aplikasi bekerja untuk merekam kegiatan yang ada di layar.

ADV Screen Recorder

ADV Screen Recorder

Aplikasi terakhir yang menjadi rekomendasi untuk Anda gunakan merekam layar HP Oppo yaitu ADV Screen Recorder.

Aplikasi ini telah diunduh lebih dari 90 ribu pengguna dan banyak yang memberikan ulasan positif di kolom review Google Playstore.

ADV banyak digunakan karena memiliki tampilan yang sederhana, jadi Anda tidak perlu pusing jika baru pertama kali menggunakannya.

Tidak hanya itu saja, ADV Screen Recorder juga memungkinkan Anda untuk melakukan proses video editing secara langsung melalui aplikasinya.

Cara merekam layar HP Oppo cukup sederhana dan sangat mudah dilakukan. Anda bisa melakukannya sendiri tanpa atau dengan menggunakan aplikasi dimana saja tanpa perlu bantuan atau membawanya ke service center Oppo.