Pengertian, Ciri-Ciri, dan Contoh Kelompok Sosial Dalam Masyarakat

Imu sosiologi memiliki banyak ragam pembahasan. Salah satunya adalah mengenai kelompok sosial. Bagi kamu yang sedang belajar sosilogi, hal ini perlu dipahami secara mendalam agar pengetahuan yang didapat cukup komprehensif.

Sejatinya, suatu kelompok sosial terbentuk karena dilatar belakangi adanya interaksi sosial yang menciptakan kesepakatan untuk mempermudah mencapai tujuan bersama. Agar lebih jelas, kali ini akan dipaparkan mengenai pengertian, ciri-ciri, dan contoh kelompok dalam masyarakat. 

Pengertian Kelompok Sosial

Secara umum kelompok sosial adalah kumpulan beberapa orang yang saling berinteraksi dan tolong-menolong, karena memiliki kesadaran yang sama untuk mencapai satu tujuan. Sedangkan para ahli sosiologi memberikan pengertian kelompok sosial cukup berbeda-berbeda. Berikut di antaranya:

  • Menurut Soerjono Soekanto: Pengertian kelompok sosial adalah kesatuan atau himpunan manusia yang berhubungan diantara mereka dengan timbal balik dan saling memberi pengaruh.
  • Menrut George Homans: Pengertian kelompok sosial adalah suatu kumpulan individu yang melaksanakan kegiatan, interaksi  dan mempunyai perasaan membentuk suatu keseluruhan yang berorganisasi dan berhubungan dengan memberikan timbal balik.
  • Menurut Serif: Pengertian kelompok sosial adalah suatu kesatuan sosial yang terdiri dari dua atau lebih individu yang sudah mengadakan interaksi sosial yang intensif dan teratur, mengakibatkan antar individu mendapatkan pembagian tugas, struktur dan norma tertentu, yang hanya sesatuan sosial tersebut saja.

Ciri-Ciri Kelompok Sosial

Tidak semua kelompok dapat disebut kelompok sosial.

Ada ciri-ciri kelompok sosial yang khusus harus dipenuhi, yaitu:

  1. Sekumpulan individu tersebut saling berinteraksi atau bekerja sama, karena memiliki motif yang sama untuk mencapai satu tujuan.
  2. Adanya interaksi antar individu menimbulkan akibat tertentu, sehingga terjadi saling ketergantungan rasa dan kecakapan individu yang terlibat.
  3. Adanya pembagian tugas dan struktur yang jelas agar masing-masing individu berperan sesuai dengan kedudukannya.
  4. Terdapat norma atau aturan sebagai pedoman individu dalam bertingkah laku untuk mencapai tujuan bersama.

Contoh Kelompok Sosial di Masyarakat

Setelah mengetahui pengertian dan ciri-cirinya, maka dapat ditentukan contoh pola hubungan antar kelompok dalam masyarakat, antara lain:

#1 Keluarga

Contoh Kelompok Sosial Keluarga
Warga Gotong Royong

Keluarga merupakan kelompok sosial terkecil dan primer dalam masyarakat.

Setiap orang yang terikat dalam sebuah keluarga akan berinteraksi dan saling membutuhkan untuk mencapai tujuan bersama.

Dari sebuah keluarga, seseorang mendapatkan pendidikan pertama kali.

#2 Paguyuban masyarakat

Contoh Kelompok Sosial Paguyuban
Warga Musyawarah

Di semua daerah tentu ada sebuah paguyuban. Mereka saling terikat dan berinteraksi karena berbagai kesamaan, misal wilayah, suku, atau lainnya.

Dalam paguyuban tersebut anggota memiliki kedudukan dan peran-peran masing-masing. Selain itu, ada aturan yang harus ditaati oleh semua anggota.

Maka dari itu, paguyuban termasuk contoh kelompok sosial.

#3 Koperasi desa

Contoh Koperasi Desa
Foto Koperasi Desa Sejahtera

Koperasi desa merupakan kelompok sosial formal di masyarakat. Kelompok ini saling berinteraksi untuk mencapai tujuan kesejahteraan bersama.

Setiap anggota harus mentaati peraturan untuk bergabung, menabung atau meminjam, dan mendapatkan pembinaan.

Selain itu, dalam koperasi desa terdapat pembagian struktur dan tugas secara jelas, sehingga setiap anggota dapat menjalankan peran sesuai kedudukannya.

#4 Partai politik

Baca juga Faktor Internal dan Eksternal dari Perubahan Sosial

Contoh kelompok dalam masyarakat selanjuntnya adalah partai politik.

Kelompok ini menjadi wadah untuk individu-individu yang memiliki kesamaan pandangan politik.

Jenis kelompok sosial ini termasuk kelompok sekunder yang berarti seseorang tidak memiliki kewajiban untuk bergabung.

Mereka yang tertarik atau ingin memperoleh jabatan di lembaga eksekutif atau legislatif biasanya akan bergabung dalam kelompok sosial ini.

Demikian pengertian, ciri-ciri, dan contoh kelompok sosial yang ada dalam masyarakat. Berdasarkan pengertian dan ciri-ciri yang sudah dipaparkan di atas.

Rasanya kamu bisa dengan mudah memperoleh contoh lain yang termasuk dalam kelompok masyarakat. Selamat belajar dan semoga bermanfaat.

Leave a Comment