Contoh Kerangka Pemikiran

Ditulis Oleh: Dina Maryana | Ditinjau Oleh: M Randy YP

Kerangka pemikiran merupakan salah satu bagian penting dalam suatu karangan tulis, khususnya karangan yang bersifat ilmiah yaitu skripsi.

Kerangka pikiran adalah sebuah jalur pemikiran yang mana dirancang berdasarkan kegiatan yang dilakukan oleh peneliti. Mengingat pentingnya bagain tersebut, maka Anda perlu menyimak contoh kerangka pemikiran.

Kerangka pikiran sangat penting karena berisikan konsep berupa hubungan antara variabel terikat dengan variabel bebas guna memberikan sebuah jawaban sementara.

Biasanya kerangka pikir terbagi menjadi dua bagian yakni kerangka analitik dan kerangka anggapan dasar yang mana keduanya saling berhubungan untuk membentuk suatu hipotesis.

5 Contoh Kerangka Pemikiran

contoh kerangka pemikiran

Kerangka Pikiran Skripsi Tema Sejarah

Berikut ini adalah contoh kerangka pikiran skripsi bertema sejarah yang berkaitan erat dengan dunia pendidikan. Kiranya dapat menjadi referensi bagi Anda.

Kerangka Pemikiran

Proses pembelajaran materi sejarah dilakukan dengan menggunakan berbagai metode seperti ceramah, tanya jawab, serta penugasan baik secara individu maupun kelompok. Pembelajaran konvensional semacam ini terkesan lebih membosankan. Tidak jarang justru membuat siswa mengantuk dan tidak menaruh minat yang lebih pada pembelajaran sejarah.

Oleh karena itu, diperlukan adanya perubahan proses pembelajaran guna lebih meningkatkan minat siswa serta mengurangi ketidaktertarikan siswa dalam belajar sejarah. Pembaharuan pembelajaran sejarah dapat dilakukan dengan menerapkan suatu model pembelajaran kooperatif berupa Think Pair Share. Pembelajaran semacam ini dirasa jauh lebih menarik minat siswa untuk belajar materi sejarah.

Think Pair Share memungkinkan siswa untuk berpartisipasi dalam pembelajaran sejarah dengan berpasangan secara kelompok dalam mendapatkan nilai terbaik. Siswa akan mendiskusikan materi dengan pasangan, berlatih mengerjakan soal-soal hingga membuat suatu laporan belajar kelompok. Nantinya, hal tersebut dapat membangkitkan minat belajar siswa terhadap materi sejarah.

Secara singkat, kerangka pikiran ini dapat disimpulkan bahwa guru sejarah yang masih menerapkan pembelajaran materi dengan model konvensional akan mengurangi minat belajar siswa. Alih-alih demikian, guru sejarah mesti menggantinya dengan metode pembelajaran yang baru yakni Think Pair Share. Metode ini akan meningkatkan minat belajar siswa secara optimal.


Kerangka Pikiran Skripsi Tema Olahraga

Di bawah ini merupakan contoh kerangka pikiran skripsi dengan tema olahraga. Kiranya dapat menjadi gambaran bagi Anda.

Kerangka Pemikiran

Dalam upaya meningkatkan keterampilan passing maupun catching peserta didik pada pembelajaran olahraga terkait permainan bola basket, tenaga pendidik olahraga sebisa mungkin mengemas materi pembelajaran dengan cara yang menarik. Hal ini tentu dapat membuat peserta didik merasa senang dalam menyerap pembelajaran tersebut.

Selain itu, pengemasan materi yang menarik juga memudahkan peserta didik untuk melaksanakan pembelajaran olahraga. Maka dari itu, profesionalisme seorang tenaga pendidik sangat diperlukan agar pembelajaran olahraga dapat berlangsung dengan baik serta tujuan pembelajaran dapat terealisasi dengan benar.

Suatu modifikasi pembelajaran dalam aktivitas permainan bola basket dapat memberikan kemudahan bagi peserta didik. Dengan adanya modifikasi, kesempatan peserta didik untuk belajar materi yang banyak, tingkat kesulitan pembelajaran hingga media penunjangnya akan dapat disesuaikan dengan karakteristik peserta didik.

Contohnya adalah ketika peserta didik mengalami kesulitan dalam melempar bola basket yang cukup berat, maka tenaga pendidik dapat mengganti bola tersebut dengan ukuran sama namun berat yang lebih ringan. Dengan demikian, modifikasi pembelajaran materi olahraga dirasa cukup penting untuk diterapkan dalam proses pembelajaran.

Kerangka Pikiran Jurnal UKM

Tidak hanya terdapat pada karya ilmiah seperti skripsi saja, kerangka pemikiran juga terdapat pada proposal UKM. Berikut ini adalah contoh kerangka pikiran proposal UKM yang berkaitan dengan penyusunan instrumen dan informasi data dasar koperasi UKM.

Kerangka Pemikiran

Himpunan data dasar koperasi dan UKM merupakan data yang memiliki kaitan dengan faktor-faktor pengembangan koperasi dan UKM tersebut. Adapun salah satu pendekatan yang digunakan dalam penggalian data dasar koperasi dan UKM dapat dilakukan dengan menerapkan metode lingkungan.

Metode lingkungan menjelaskan bahwa terdapat suatu proses dasar yang terjadi berulang kali pada suatu unit usaha maupun koperasi. Metode lingkungan dimulai dari masuknya bahan baku ke dalam unit usaha, transformasi bahan baku sampai dengan berwujud produk jadi hingga pemasaran produk jadi kepada distributor dan konsumen.

Adapun bahan baku yang dipergunakan senantiasa diperoleh dari pemasok bahan baku pada salah satu elemen lingkungan. Proses transformasi tersebut memerlukan teknologi, peralatan, energi serta tenaga kerja. Peralatan dan energi diperoleh dari pemasok. Teknologi yang dipergunakan senantiasa sangat berpengaruh pada kondisi lingkungan.

Sementara itu, tenaga kerja diperoleh dari pasar tenaga kerja yang merupakan bagian dari suatu kelompok masyarakat. Dengan demikian, maka guna merealisasikan kerangka pikiran koperasi dan UKM ini diperlukan dua buah metode penelitian yakni pendekatan secara kualitatif dan kuantitatif.

Pendekatan kualitatif digunakan untuk mengkaji literatur yang berkenaan dengan indikator data dasar untuk penyusunan instrumen. Sedangkan pendekatan kuantitatif dipergunakan untuk perhitungan analisis stimultan serta analisis indikator berdasarkan hasil persebaran kuesioner bagi para responden koperasi dan UKM.


Kerangka Pikiran Skripsi Tema Kedisiplinan Kerja Pegawai

Di bawah ini adalah contoh kerangka pikiran skripsi dengan tema “Kedisiplinan Kerja Pegawai”. Kiranya dapat memberikan Anda pemahaman.

Kerangka Pemikiran

Pada hakikatnya kedisiplinan kerja menjadi sebuah tujuan sekaligus kebutuhan dari masing-masing pegawai yang bekerja. Kedisiplinan dapat meningkatkan produktivitas kerja yang dilakukan oleh tiap-tiap pegawai. Sebaliknya, apabila disiplin kerja pegawai berkurang maka penerapan fungsi manajemen sumber daya manusia menjadi berkurang.

Kedisiplinan kerja pegawai mencakup tiga aspek penting yakni sikap mental, pemahaman aturan perilaku serta kelakuan yang wajar. Kemampuan pemimpin dalam mengubah lingkungan kerja juga sangat berpengaruh pada tingkat kedisiplinan kerja pegawai. Dengan demikian, maka akan tercipta kinerja pegawai yang optimal.

Berdasarkan uraian tersebut dapat disimpulkan bahwa sikap disiplin akan memberikan pengaruh yang begitu besar bagi optimalisasi kinerja pegawai. Kedisiplinan tersebut akan diukur berdasarkan sikap mental, pemahaman sistem aturan perilaku hingga kelakuannya.


Kerangka Pikiran Skripsi Manajemen

Di bawah ini adalah contoh kerangka pikiran skripsi dengan tema “Manajemen”. Kiranya dapat memberikan manfaat bagi Anda.

Kerangka Pemikiran

Kerangka pemikiran yang baik berisikan penjelasan yang lengkap beserta dengan rencana solusi. Kerangka pikiran juga menjelaskan gejala-gejala yang akan menjadi objek suatu kajian penelitian. Maka dari itu, dapat disimpulkan bahwa kerangka pikiran memuat penjelasan sementara dengan mode konseptual terkait hubungan pada tiap-tiap objek permasalahan berdasarkan teori yang ada.

PT. INTI senantiasa ingin agar tiap-tiap karyawannya mempunyai prestasi kerja yang baik. Hal ini dirasa dapat membantu perkembangan perusahaan pada persaingan yang kompetitif. Akan tetapi, ada banyak faktor yang memberi pengaruh terhadap naik turunnya prestasi kerja. Adapun faktor dominan yang mempengaruhi karyawan PT. INTI adalah kompetensi yang tidak dimiliki oleh karyawan perusahaan.

Terutama pada bidang perubahan budaya organisasi. Kompetensi yang dimaksud mencakup beberapa kriteria seperti sikap, keahlian dan pengetahuan. Dengan demikian, kerangka penelitian ini menjelaskan hubungan kompetensi dengan budaya organisasi terhadap prestasi kerja tiap karyawan perusahaan.


5 contoh kerangka pemikiran tersebut kiranya bermanfaat bagi Anda, terutama guna menambah pengetahuan dan wawasan. Beberapa contoh tersebut juga diharapkan mampu memberikan referensi bagi Anda yang tengah bingung dalam menuliskan kerangka pikiran.

Artikel Terkait :

  1. Contoh Manfaat Penelitian
  2. Contoh Tinjauan Pustaka

Leave a Comment