Contoh Tinjauan Pustaka

Ditulis Oleh: Dina Maryana | Ditinjau Oleh: M Randy YP

contoh tinjauan pustaka

Studi literatur atau tinjauan pustaka menjadi salah satu bagian paling penting dari suatu karangan tulis.

Misalnya, skripsi, makalah, penelitian, laporan, jurnal dan sebagainya.

Mengingat pentingnya keberadaan bagian tersebut, maka Anda perlu tahu seperti apa contoh tinjauan pustaka yang baik dan sistematis.

Suatu studi kepustakaan yang sistematis dan terstruktur dengan benar, maka akan memudahkan pembaca untuk lebih memahami isi dari karangan tulis yang dibuat.

Terlebih lagi yang dimaksud dengan studi literatur merupakan suatu bentuk penegasan terkait batasan-batasan karya ilmiah sehingga Anda perlu mencermati benar bagian ini.

Contoh Penulisan Tinjauan Pustaka Tentang Penelitian

Studi literatur ini memuat tentang batasan-batasan karangan ilmiah penelitian. Berikut ini adalah contoh dari studi literatur penelitian dengan tema Personalisasi dalam Suatu Lembaga Kemasyarakatan.

Tinjauan Pustaka Penelitian

Dalam suatu penelitian senantiasa dibutuhkan sejumlah dukungan yang berasal dari hasil penelitian sebelumnya. Adapun hasil penelitian yang dimaksud harus berkaitan dengan penelitian yang tengah dilakukan saat ini.

Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh Eddy Rifai pada tahun 1995 telah banyak ditemukan sistem personalisasi pada lembaga kemasyarakatan di negara Indonesia. Berikutnya, berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan oleh Mansila M. Moniaga pada tahun 2015 mengemukakan bahwa sistem kepenjaraan serta personalisasi terhadap anak kerap ditemukan pada lembaga pemasyarakatan.

Penelitian yang dimuat dalam jurnal karangan Mansila M. Moniaga tersebut menimbulkan perubahan pola hidup serta label dari masyarakat mengenai anak-anak yang keluar dari sel sebagai anak berperilaku buruk. Berangkat dari pernyataan tersebut, pihak personalia dalam lembaga pemasyarakatan diharapkan mampu mengatasi hal tersebut dalam kurun waktu secepatnya.


Tinjauan Pustaka Tentang Proposal Skripsi

Studi kepustakaan ini memuat batasan-batasan dalam suatu karya ilmiah skripsi.

Di bawah ini adalah contoh studi kepustakaan tersebut dengan teman Radikalisme dalam Islam.

Tinjauan Pustaka Skripsi

Berbagai kemunculan gerakan keagamaan bersifat radikal belakangan ini telah menjadi suatu fenomena perkembangan agama di dunia. Terutama agama Islam yang telah mendapat label sebagai agama bergaris keras oleh bangsa barat. Salah satunya adalah Amerika Serikat.

Istilah Islam Revivalis muncul di tengah-tengah fenomena radikalisme seperti sekarang ini. Istilah semacam ini membawa ketidaknyamanan bagi bangsa Islam di negara manapun. Pastinya istilah tersebut memiliki makna jelek yang senantiasa menyudutkan kelompok Islam terdahulu. Tidak mengherankan rasanya jika banyak bangsa muslim yang merasa dilukai atas julukan tersebut.

Menurut Jajang dalam bukunya yang terbit pada tahun 2004 menyebut istilah radikal sebagai suatu kelompok berkeyakinan ideologis dan fanatik untuk memperjuangkan tatanan nilai tertentu. Seringkali, kelompok radikal melakukan kegiatan dengan beragam aksi keras dan kasar terhadap kelompok lainnya. Tentunya kelompok-kelompok yang bertentangan dengan keyakinan mereka.

Tindakan-tindakan kekerasan semacam itu kini dapat dengan mudah memanfaatkan media massa untuk menyiarkan ideologi versi mereka. Khususnya sosial media yang saat ini menjadi senjata utama mereka guna menyebarkan pemberitaan bohong belaka atau hoax.


Tinjauan Pustaka Tentang Karya Ilmiah

Pada umumnya studi kepustakaan suatu karya ilmiah senantiasa melibatkan permasalahan sekaligus solusi yang ditawarkan. Berikut ini adalah contoh studi kepustakaan tentang suatu karya ilmiah dengan tema Diskusi.

Tinjauan Pustaka Karya Ilmiah

Diskusi menjadi suatu kegiatan yang melibatkan dua orang atau lebih untuk saling melakukan integrasi secara verbal. Di dalam suatu diskusi terjadi suatu pertukaran informasi serta upaya untuk sama-sama mempertahankan pendapat dengan argumen yang diusung. Pertahanan pendapat tersebut dilakukan semata-mata demi menyelesaikan suatu permasalahan melalui cara yang rasional.

Dengan demikian, upaya untuk menumbuhkan rencana diskusi bagi generasi mudah sangat penting dicoba. Hal ini demi membentuk karakter yang lebih kritis sekaligus dapat menelaah pada fenomena sosial terbaru. Adapun salah satu tema menarik yang dapat dijadikan sebagai bahan diskusi bagi generasi muda ialah fenomena media sosial.

Media sosial tidak ubahnya seperti dua mata pisau yang bisa memberikan manfaat sekaligus kerugian bagi pemiliknya. Untuk itu, edukasi dalam penggunaan media sosial sangat diperlukan bagi generasi muda.


Contoh Tinjauan Pustaka Makalah

Tidak hanya untuk penelitian, skripsi maupun karya ilmiah saja tinjaun pustaka juga perlu disertakan dalam suatu makalah.

Berikut ini adalah contoh studi kepustakaan tentang makalah bertema Generasi emas dan kaitannya dengan bahasa asing.

Tinjauan Pustaka Makalah

Generasi Emas

Generasi emas diartikan sebagai generasi muda yang nantinya dapat menjadi penerus bangsa. Generasi emas senantiasa diharapkan untuk terus produktif apabila berhasil dikelola dengan baik. Menurut para ahli, generasi emas akan muncul pada tahun  2045. Generasi emas adalah harapan bangsa yang harus diarahkan secara baik. Salah satu cara pengarahannya adalah dengan penekanan peluang.

Penekanan peluang dapat dilakukan melalui sistem pendidikan. Untuk itu, perbaikan sistem pendidikan saat ini perlu dibenahi dan ditata dengan baik demi penciptaan generasi emas di masa yang akan datang. Pendidikan sangat penting guna meningkatkan kapasitas maupun kualitas sumber daya manusia. Pendidikan yang baik mampu mengasah keahlian tiap-tiap individu agar menjadi pribadi yang berkualitas.

Bahasa Asing

Bahasa asing penting sebagai nilai tambahan yang mesti dimiliki oleh tiap-tiap individu, khsusunya bahasa Inggris. Bahasa Inggris merupakan bahasa internasional yang berperan penting sebagai alat komunikasi di era pasar global. Bahasa Inggris bukan hanya sekadar bahasa saja melainkan juga sebagai alat komunikasi internasional.

Maka dari itu, kebijakan pendidikan bahasa Inggris bagi masyarakat sangat penting dalam menyongsong persaingan pasar global. Pendidikan bahasa Inggris diharapkan mampu meningkatkan kapasitas serta kualitas masyarakat Indonesia, terutama bagi generasi emas nanti. Bahasa Inggris adalah syarat mutlak untuk bersaing dalam pasar global.


Tinjauan Pustaka Tentang Laporan PKL

Studi kepustakaan laporan PKL memuat batasan-batasan dalam karangan tulis tersebut.

Guna memperjelas pengetahuan Anda, maka di bawah ini adalah contoh studi kepustakaan tentang laporan PKL dengan tema Perencanaan Proyek.

Tinjauan Pustaka Laporan PKL

Proyek

Proyek merupakan suatu usaha guna mencapai tujuan berupa produk maupun layanan yang berwujud unik. Seperti halnya menurut Abrar Husen dalam bukunya yang mengatakan bahwa proyek merupakan gabungan berbagau macam sumber daya seperti manusia, material, modal serta peralatan lainnya guna mencapai suatu sasaran tertentu.

Larson dalam bukunya yang terbit pada tahun 2006 tururt beropini tentang proyek sebagai suatu bentuk usaha yang kompleks, detail serta memiliki batasan berupa waktu, sumber daya dan anggaran guna mencukupi kebutuhan hidup. Dengan demikian, proyek dapat disimpulkan sebagai aktivitas pekerjaan yang dilaksanakan atas permintaan dari seseorang maupun kelompok  guna mencapai tujuan khusus.

Perencanaan

Perencanaan merupakan suatu pemilihan serta penghubungan fakta maupun penciptaan asumsi yang berkaitan dengan masa depan guna mencapai hasil tertentu. Henry Fayol dalam bukunya yang rilis pada tahun 1987 beropini bahwa perencanaan adalah suatu strategi program, prosedur, proyek, sistem anggaran serta standar guna pencapaian tujuan tersebut.

Abdularachman dalam bukunya yang terbit pada 1973 juga mengungkapkan bahwa perencanaan merupakan keseluruhan proses pemikiran serta penentuan yang matang dari berbagai hal di masa mendatang. Berdasarkan sejumlah uraian tersebut dapat ditarik kesimpulan bahwa perencanaan merupakan proses analisis secara keseluruhan yang erat kaitannya dengan kegiatan manajemen proyek.


5 contoh tinjauan pustaka tersebut kiranya dapat memberikan gambaran bagi Anda mengenai seperti apa studi kepustakaan dalam suatu karangan tulis ilmiah.

Kiranya Anda dapat menulis studi kepustakaan dengan baik dan sistematis bergantung jenis karangan tulisnya.

Pelajari juga Contoh Manfaat Penelitian