Pengertian Dan Contoh Disintegrasi

Sebelum mempelajari tentang pengertian dan contoh disintegrasi lebih mendalam, sebaiknya Anda memahami arti kata disintegrasi terlebih dahulu.

Disintegrasi merupakan kata serapan yang berasal dari bahasa Inggris dimana kata awalnya adalah disintegrate.

Kata ini mempunyai pengertian yaitu terjadi perpecahan atau hilangnya persatuan.

Kata disintegrasi bisa disandingkan dengan banyak kata lainnya dan menghasilkan makna yang berbeda-beda. 

Pengertian Disintegrasi 

Disintegrasi adalah suatu keadaan di mana unsur-unsur di dalam sebuah komunitas tidak lagi bersatu karena lebih mengutamakan kepentingan pribadi atau diri sendiri dibandingkan mementingkan persamaan dan persatuan.

Keadaan ini memicu timbulnya konflik yang berupa kegaduhan, pertengkaran, adu domba dan lain sebagainya yang berakhir pada perpisahan dan pecahnya persatuan.

Bentuk Dan Contoh Disintegrasi 

Secara singkat, disintegrasi adalah kondisi atau situasi dimana sebuah kesatuan yang utuh mengalami perpecahan sehingga berdampak pada rusaknya tatanan yang ada.

Disintegrasi bisa terjadi dalam banyak bentuk seperti yang akan dijelaskan pengertian disintegrasi beserta contohnya di bawah ini.

1. Disintegrasi Keluarga

Dalam lingkup paling kecil, disintegrasi terjadi pada organisasi mini seperti keluarga. Perpecahan sangat mungkin terjadi antara banyak pihak di dalam keluarga, seperti suami dan istri, orang tua dan anak, saudara dengan saudara juga lain sebagainya.

Tentu saja, disintegrasi keluarga terjadi karena banyak sebab dan faktor. Disintegrasi keluarga akan memberikan banyak dampak buruk bagi anggota keluarga itu sendiri ataupun bagi lingkungan. 

Salah satu contoh disintegrasi paling sering terdengar adalah perceraian. Perpecahan ini akan memberikan pengaruh luar biasa terhadap setiap anggota keluarga baik suami istri itu sendiri ataupun anak-anaknya.

Disintegrasi sebenarnya dapat dihindari. Kejadian ini bukanlah hal yang tidak bisa dihindari. Mediasi dan komunikasi yang baik antar anggota keluarga adalah salah satu cara menghindari disintegrasi keluarga.

2. Disintegrasi Sosial

Pengertian disintegrasi sosial adalah sebuah kejadian yang memicu timbulnya perpecahan di dalam sebuah tatanan masyarakat sosial.

Seperangkat kejadian ini akan menjadi pengganggu dalam proses menjaga hubungan baik dan kebersamaan dalam kehidupan sosial.

Pengertian disintegrasi sosial beserta contohnya harus sepenuhnya dipahami oleh semua orang untuk mencegah terjadinya disintegrasi.

Contoh disintegrasi sosial yang mungkin bisa Anda temui di tengah masyarakat Indonesia adalah :

  • Disintegrasi sosial di lingkungan budaya, seperti konflik antar suku bangsa di Indonesia. Seperti yang Anda ketahui bahwa Indonesia adalah negara dengan beragam suku dan budaya. Tidak semua suku memiliki pandangan yang sama, ada saja beberapa gelintir orang yang tidak sependapat tentang suatu hal. Perbedaan ini akhirnya menimbulkan konflik lebih luas seperti yang pernah terjadi pada suku Madura dan Dayak.
  • Disintegrasi sosial di lingkungan sekolah. Perpecahan antar murid sekolah juga sering terjadi. Tawuran antar siswa sekolah menengah yang berakhir luka berat hingga kematian adalah salah satu bukti adanya disintegrasi sosial di lingkungan sekolah.

Disintegrasi sosial bisa dihindari dengan meningkatkan rasa toleransi antar sesama makhluk sosial.

Mengedukasi tentang pentingnya kesadaran diri dan saling menghargai akan sedikit banyak mengurangi ancaman perpecahan yang mungkin terjadi.

3. Disintegrasi Bangsa 

Perpecahan yang paling tidak diinginkan adalah disintegrasi bangsa. Sebisa mungkin, masyarakat Indonesia menghindari kemungkinan terjadinya perpecahan bangsa karena hal ini pastinya akan merugikan diri kita sendiri.

Menanamkan pengertian dan contoh disintegrasi yang merusak harus dilakukan setelah menanamkan paham kecintaan terhadap bangsa Indonesia.  Contoh disintegrasi bangsa adalah terjadinya perang saudara.

Menang ataupun kalah, perang antar sesama saudara sebangsa tetap akan meninmbulkan kerugian.

Pengertian dan contoh disintegrasi di atas adalah penjelasan singkat yang mengajarkan bahwa tidak ada kebaikan yang terjadi jika kita mengalami disintegrasi baik itu dalam skala kecil ataupun skala besar.

Sebisa mungkin, konflik yang terjadi dalam kehidupan sosial hendaknya segera diselesaikan karena jika dibiarkan berlarut-larut maka akan merugikan diri sendiri. Itulah beberapa informasi singkat mengenai disintegrasi, semoga bisa memberikan manfaat.

Leave a Comment