Download Asus Flashtool

Anda merasa ada masalah dengan smartphone Asus yang Anda miliki? Jika masalahnya sudah sangat parah, mungkin Anda butuh untuk flashing smartphone tersebut agar bisa menjadi normal kembali.

Nah, agar bisa flashing smartphone Asus dengan lancar, Anda butuh download Asus Flashtool, software khusus untuk flashing smartphone Asus.

Dengan software ini, Anda bisa flashing smartphone Asus sendiri tanpa harus datang ke teknisinya. Anda tidak perlu khawatir, caranya sangat mudah kok dan pasti berhasil.

Sekarang Anda tidak perlu khawatir lagi jika tiba-tiba ada masalah dengan smartphone Asus.

Langsung saja, berikut bisa disimak tentang Asus Flashtool, software khusus untuk flashing smartphone Asus.

Sekilas Tentang Produk Smartphone Asus Zenfone

Sekilas Tentang Produk Smartphone Asus Zenfone

Jangan salah, sekarang smartphone Asus tidak bisa dianggap remeh, karena produk smartphone yang mereka kembangkan tidak kalah kualitasnya dibandingkan dengan smartphone milik Samsung dan kompetitor lainnya.

Salah satu seri yang paling diminati oleh konsumen setia Asus adalah Asus Zenfone, yang berhasil masuk jajaran salah satu smartphone terbaik dalam pasar global.

Tidak hanya itu, baru-baru ini mereka juga telah merilis smartphone khusus untuk gaming, yang diberi tajuk Asus ROG alias Republic of Gamers.

Seperti namanya, smartphone seri ini dibekali dengan dapur pacu yang luar biasa bandel, yang bisa menjalankan game smartphone high-end nyaris tanpa halangan.

Sama seperti mesin, smartphone terkadang juga mengalami masalah apabila telah digunakan dalam waktu yang lama.

Nah, jika hal ini terjadi, Anda butuh yang namanya Asus Flashtool, software untuk flashing smartphone Asus yang disarankan oleh developer.

Melalui software ini, Anda bisa mengatasi beberapa masalah sehingga smartphone bisa berfungsi dengan normal kembali.

Apa Itu Flashing dan Asus Flashtool?

Apa Itu Flashing dan Asus Flashtool

Flash atau flashing adalah kegiatan install ulang firmware smartphone untuk kebutuhan downgrade atau upgrade.

Selain itu, flashing juga bermanfaat untuk menyelesaikan beberapa masalah dan error yang terjadi pada smartphone, misalnya saja seperti di bawah ini :

  • Bootloop
  • Brick
  • Stuck
  • Hang
  • Lemot
  • dan error lainnya

Nah, agar Anda bisa melakukan flashing, maka Anda harus download Flasher atau Tool Flasher dan memasangnya ke PC atau laptop. Setiap smartphone memiliki Tool Flasher khusus yang berbeda-beda.

Asus sendiri juga memiliki Flasher khusus, yaitu Asus Flashtool, yang ampuh untuk menginstal ulang smartphone Anda sehingga bisa berfungsi dengan normal kembali.

Flashing memang banyak memiliki manfaat, namun selain harus menginstal Tool Flasher Anda juga harus menyiapkan perlengkapan dan peralatan lain.

Tanpa alat dukungan yang lengkap dan tepat, Anda tidak akan bisa melakukan flashing smartphone Asus.

Biasanya, untuk melakukan flashing smartphone Asus, Anda harus menyiapkan beberapa hal di bawah ini :

  • Firmware Asus
  • Asus Flashtool
  • USB Driver
  • Kabel USB
  • PC/laptop yang memiliki OS Windows 7/8/8.1/10
  • Antivirus yang dinonaktifkan (jika ada)

Jika 3 hal di atas sudah siap, maka proses flashing smartphone Asus baru bisa dimulai. Anda tidak perlu khawatir, di bawah ini saya akan membagikan link download Asus Flashtool. Jadi Anda tidak perlu susah-susah mencarinya di Google.

Pastinya link yang saya bagikan juga bebas virus, jadi PC atau laptop akan tetap aman untuk memasangnya.

Link Download Asus Flashtool dan Asus USB Drivers

1. Asus Flashtool

Asus Flashtool

Sebenarnya ada beberapa software flasher yang bisa digunakan untuk flashing smartphone Asus, namun Asus Flashtool lah yang paling banyak digunakan oleh orang-orang.

Hal ini karena Asus Flashtool dibuat khusus untuk flashing smartphone Asus, jadi sudah bisa dipastikan kompatibilitasnya. Jadi flashing HP Asus dengan software ini tingkat keberhasilannya 100%.

Meski begitu, Asus Flashtool ini bukanlah software yang dikembangkan oleh Asus, melainkan dikembangkan oleh developer pihak ketiga.

Mereka memiliki inisiatif untuk membantu pengguna smartphone Asus mengatasi masalah-masalah yang terjadi dengan smartphone mereka. Walaupun bukan pengembang resmi, software ini tetap berfungsi dengan sangat baik.

Kabar baiknya lagi, software ini bisa digunakan untuk segala seri smartphone yang pernah dikeluarkan oleh Asus, mulai Asus Zenfone, Asus ZenPad hingga Asus ROG.

Jadi apapun seri smartphone yang Anda miliki, semua masalah bisa dipecahkan dengan Asus Flashtool, dengan catatan Anda memiliki firmware seri smartphone tersebut.

Lebih lanjut, software ini sementara hanya bisa dipasang di komputer dengan OS Windows, mulai dari Windows 7, 8, 8.1 hingga 10.

Anda tidak perlu khawatir dengan ukuran download, karena software ini hanya berukuran kecil, yaitu sekitar 6 MB saja. Anda bisa download Asus Flashtool terbaru melalui tombol dibawah ini

2. Asus USB Drivers

Asus USB Drivers

Salah satu hal vital yang harus Anda siapkan untuk bisa melakukan flash HP Asus dengan Asus Flashtool adalah Asus USB Drivers.

USB Drivers khusus HP Asus memungkinkan HP tersebut terdeteksi dengan otomatis di PC atau laptop yang Anda gunakan. Jika smartphone tidak terdeteksi, tentu Anda tidak bisa melanjutkan proses flashing.

Karena itu, sebisa mungkin Anda download Asus USB Drivers dan memasangnya di PC atau komputer. Setelah terpasang, Anda bisa terlebih dahulu menyambungkan HP Asus dengan PC/laptop menggunakan kabel USB.

Jika HP berhasil terdeteksi, maka proses flashing bisa langsung dilanjutkan.

Lalu bagaimana jika smartphone tidak terdeteksi? Jika hal ini terjadi, Anda bisa menonaktifkan atau disable drivers signature.

Tata caranya bisa Anda pelajari di bawah ini :

  • Restart atau reboot PC/laptop.
  • Saat PC/laptop mulai booting, Anda bisa menekan “F8” di keyboard berulang kali hingga Anda masuk ke jendela/menu “Repair Your Computer”.
  • Setelahnya arahkan opsi ke bawah menggunakan tombol “Arrow Down” hingga berhenti di opsi “Disable Driver Signature Enforcement” terus tekan “Enter”.
  • Selesai, sekarang laptop akan mulai masuk ke homescreen seperti biasa dengan kondisi driver signature dinonaktifkan.
  • Sekarang smartphone Asus pasti bisa terdeteksi di PC/laptop.

Sebenarnya Anda bisa menggunakan Android USB Drivers yang universal, namun untuk memastikan konektivitas yang lancar, maka disarankan untuk download Asus USB Drivers saja.

Lihat juga :

Cara Install Asus Flashtool

Setelah Anda download Asus Flashtool dari link di atas, sekarang waktunya memasang di komputer Windows yang Anda gunakan.

Jangan lupa, agar instalasi tidak ada gangguan, sebaiknya Anda menonaktifkan antivirus terlebih dahulu, entah antivirus bawaan Windows atau antivirus developer lainnya.

Jika sudah, berikut cara install Asus Flashtool di Windows yang benar :

  1. Pertama ekstrak Asus Flashtool yang Anda download terlebih dahulu, Anda bisa menggunakan WinRAR, WinZip dan semacamnya.
  2. Buka Installer Asus Flashtool lalu tekan “Next”.
    Buka Installer Asus Flashtool lalu tekan “Next”.
  3. Sekarang pilih folder untuk menyimpan software dengan menekan “Browse”, jika sudah Anda bisa klik “Next” untuk melanjutkan.
  4. Selanjutnya klik “Install” untuk memasang software tersebut ke komputer Anda.
  5. Selesai

Fitur-fitur yang Dimiliki Asus Flashtool

Fitur-fitur yang Dimiliki Asus Flashtool

Berikut fitur utama yang ditawarkan oleh Asus Flashtool :

  • Flash Stock Firmware, yaitu install ulang Stock Firmware HP Asus ke versi lebih bawah atau lebih tinggi, dengan catatan Anda memiliki firmware yang sesuai dengan seri HP Asus yang Anda miliki.
  • Backup Apps, memungkinkan Anda bisa mencadangkan aplikasi beserta detailnya yang telah terpasang di HP Asus.
  • Backup System Apps, memungkinkan Anda bisa mencadangkan sistem aplikasi-aplikasi yang terpasang di HP Asus dan memulihkannya sesuai keinginan.
  • Progres Bar, memungkinkan Anda bisa melihat dan memantau dengan mudah proses flashing yang sedang berjalan.

Software Alternatif Flashing HP Asus selain Asus Flashtool

Asus Flashtool adalah software flasher yang universal dan bisa digunakan untuk flashing hampir semua seri smartphone Asus.

Namun begitu, masih ada alternatif lain yang bisa Anda gunakan, jaga-jaga jika proses flashing dengan Asus Flashtool gagal. Berikut beberapa di antaranya :

1. QFIL & QPST

QFIL & QPST

Tool Flasher ini bisa digunakan untuk semua seri smartphone Asus, mulai dari ZenFone, ZenPad hingga ROG dengan catatan smartphone tersebut ditenagai dengan prosesor Qualcomm Snapdragon.

2. SP Flash Tool

SP Flash Tool

Tool Flasher ini bisa Anda gunakan hanya di smartphone Asus seri ZenFone dan ZenPad, dengan catatan smartphone tersebut menggunakan CPU dari Mediatek.

Terus bagaimana jika prosesor yang digunakan adalah Intel? Nah, jika smartphone Asus ditenagai oleh Intel, maka bisa menggunakan Asus Flashtool sebagaimana di atas.

Cara Flash HP Asus Menggunakan Asus Flashtool

Sebelum melakukan flashing menggunakan flashtool, pastikan telah menyiapkan beberapa hal seperti yang dibahas di atas.

Jangan lupa untuk mencadangkan data-data penting di HP Asus, karena semua akan terhapus setelah dilakukan flashing. Jika sudah, maka proses flashing bisa dimulai.

  1. Pertama sambungkan HP Asus ke komputer menggunakan kabel USB. Sebelum menyambungkan HP ke komputer, Anda harus membuat HP Asus berada dalam mode “Fastboot” terlebih dahulu, caranya dengan menekan kombinasi tombol “Power + Volume Up” secara bersamaan.
    Pertama sambungkan HP Asus ke komputer menggunakan kabel USB.
  2. Jika sudah, sekarang buka software Asus Flashtool, jika driver terpasang dengan benar, HP Asus akan langsung terdeteksi secara otomatis di software.
  3. Selanjutnya klik “Model” dan pilih seri HP Asus yang ingin Anda flash.
  4. Selanjutnya di opsi “Wipe Data”, Anda bisa pilih “Yes”.
    Selanjutnya di opsi “Wipe Data”, Anda bisa pilih “Yes
  5. Selanjutnya pilih firmware yang telah Anda download dan ekstrak sesuai dengan seri HP Asus Anda.
  6. Terakhir, jika sudah tidak ada yang salah/ketinggalan, Anda bisa klik tanda panah ke kanan berwarna hijau.
  7. Sekarang tunggu proses flashing hingga selesai dengan sempurna, mungkin hanya memakan waktu sekitar 5 hingga 10 menit.
    Sekarang tunggu proses flashing hingga selesai dengan sempurna, mungkin hanya memakan waktu sekitar 5 hingga 10 menit
  8. Jika sudah, smartphone akan restart dengan sendirinya, Anda tidak boleh mencabut kabel USB hingga smartphone berada di menu utama.
  9. Selesai, setelah proses flashing, masalah-masalah seperti bootloop, lemot, hang dan semacamnya akan hilang tak berbekas.

Banyak manfaat yang bisa Anda dapatkan dengan download Asus Flashtool, salah satunya adalah untuk downgrade dan upgrade firmware.

Dengan melakukan flash, Anda juga bisa memperbaiki beberapa masalah dalam HP Asus sehingga bisa berfungsi kembali dengan normal