5 Cara Mengatasi Error 0xc00007b

Artikel ini telah direview oleh: M Randy YP

Apakah kalian sedang mendapati pesan error 0xc00007b? Pesan ini menunjukkan pesan “unable to start correctly” yang artinya, aplikasi yang sudah kamu install tidak dapat kamu buka. Mungkin bisa kamu buka, tapi kamu tidak bisa menjalankannya dengan normal.

Lanjutkan membaca karena kami akan membahas cara memperbaikinya.

Lalu bagaimana cara mengatasi 0xc00007b? sebelum kita membahas lebih lanjut mengenai cara mengatasi permasalahan tersebut, kamu perlu tahu kira-kira apa yang menjadi sebab munculnya pesan 0xc00007b.

Biasanya, pada saat kamu menjalankan program atau aplikasi di sistem operasi Windows, terkadang muncul pesan kesalahan 0xc00007b.

Pesan error tersebut muncul karena ada kesalahan pencampuran file system 32 dan file system 64 bit dalam 1 file.

Artinya, kamu mempunyai aplikasi tipe 32 bit namun ingin membuka dll 64 bit.

Kesalahan seperti ini juga bisa muncul pada saat kamu bermain 0xc00007b, seperti Outlast, Watch Dogs, PES, Dead Island, dan lain sebagainya.

Untuk itu, di bawah ini kami akan menjelaskan bagaimana cara mengatasi 0xc00007b dengan mudah:

Instal .Net Framework

Tidak sedikit pesan error 0xc00007b disebakan karena masalah pada .Net Framework. Jadi, yang harus kamu lakukan adalah instal ulang .Net Framework tersebut.

Tinggal menyesuaikan saja kira-kira versi mana yang perlu kamu instal.

Jika kamu sudah selesai instal ulang .Net Framework, maka pesan 0xc00007b tidak akan muncul kembali.

Download Net Framework

Jalankan Aplikasi Sebagai Administrator

Cara kedua yang bisa kamu lakukan yaitu dengan menjalankan aplikasi tersebut sebagai administrator.

Terkadang ada beberapa aplikasi yang hanya bisa dijalankan ketika kamu membukanya sebagai administrator. Langkah-langkah menjalankan aplikasi tersebut adalah sebagai berikut:

  1. Pertama, kamu masuk ke program aplikasi. Setelah itu, kamu klik kanan pada aplikasi tersebut. Pilih Properties.
  2. Di kotak dialog Properties, kamu pilih tab Compatibility.
  3. Tinggal menandai kotak ‘jalankan program ini sebagai administrator”, Klik OK

Update Driver VGA

Cara mengatasi 0xc00007b yang ketiga yaitu dengan mengupdate drive VGA. Namun hal ini kami sarankan untuk kamu yang menggunakan NVDA GeForce. Kamu harus mengupdate-nya ke versi terbaru.

Install DirectX

Jika ketiga cara di atas masih belum membuahkan hasil, maka cara keempat adalah dengan menginstal DirectX. Ada beberapa perangkat lunak, termasuk game yang ketika diinstal memerlukan DirectX.

Padahal komputer maupun laptopmu sudah terinstal DirectX versi terbaru. Solusinya, kamu harus menginstal DirectX tersebut agar supaya aplikasi yang kami instal dapat kamu jalankan dengan normal.

Install Microsoft Visual C++

Cara terakhir untuk mengatasi 0xc00007b adalah dengan menginstal Microsoft Visual C++. Mungkin kamu yang suka instal game sudah sering menemukan bahwa game yang kamu instal meminta untuk menginstal DirectX dan Microsoft Visual C++. Oleh sebab itu, kami sarankan kamu harus menginsal program tersebut agar aplikasi game dapat kamu mainkan tanpa masalah.

Itulah beberapa cara mengatasi 0xc00007b yang bisa kamu lakukan. Semoga bermanfaat.

Lihat juga
Cara Membuka File ENC di Laptop
3 Cara Memperbaiki Error Vcruntime140.Dll