4 Cara Mudah Mengatasi Error Code 006 Service Tool

Artikel ini telah direview oleh: M Randy YP

Mungkin saat ini anda sedang melihat pesan error code 006 di software service yang anda gunakan untuk servis printer. Bingung cara fix nya? yuk simak artikel ini sampai mungkin bisa berhasil di komputer anda.

Kode error 006 merupakan pesan kesalahan atau error yang terjadi pada saat kamu ingin melakukan reset printer. Kemungkinan error ini terjadi ketika seseorang melakukan reset untuk tipe printer ip2770, mp258 dan mungkin kebetulan juga sedang menggunakan catridge 810 atau 811.

Baca juga Download Service Tool V3400

Biasanya, pesan error 006 terjadi pada saat kamu menggunakan aplikasi Service Tool untuk printer Canon. Lalu apa yang harus kamu lakukan untuk mengatasi permasalahan tersebut? Di bawah ini kami akan memberikan solusinya.

Periksa Catrid

Hal pertama yang harus kamu lakukan yaitu memeriksa kondisi catridge yang akan diperbaiki. Jika ternyata catridge printer kosong, bisa jadi masalah error 006 berasal dari sini.

Klik menu ‘Main’ pada Service Tool

Solusi kedua, kamu klik menu Main pada aplikasi Service Tool. Tunggu beberapa menit dan lihat apakah masih muncul pesan error tersebut atau tidak.

Jika ternyata masih muncul, maka yang harus kamu lakukan yaitu dengan merestart komputer atau laptopmu.

Lepas kabel USB printer

Jika kedua solusi di atas masih belum membantu, maka langkah sekarang yaitu dengan mengikuti langkah-langkah di bawah ini.

  1. Pertama, kamu tutup aplikasi Service Tool
  2. Lepas kabel USB dari printer
  3. Kamu tunggu kurang lebih 10 detik dan pasang kembali kabel USB ke printer tersebut.
  4. Setelah itu, kamu akan menemukan tampilan New device, tinggal klik Next.
  5. Tinggal ikuti instruksi sesuai yang tertera di layar monitor. Bisa juga dengan menunggu sampai Windows selesai melakukan deteksi printer.
  6. Jika sudah selesai, maka kamu bisa coba membuka aplikasi Service Tool kembali dan cek apakah pesan error 006 sudah hilang atau tidak.

Reset Manual

Lalu bagaimana jika ternyata cara-cara sebelumnya masih belum mampu memperbaiki error code 006 Service Tool? Kamu tidak perlu khawatir karena masih ada cara lain yaitu dengan melakukan reset manual. Untuk langkah-langkahnya silakan simak penjelasan di bawah ini.

  • Pertama, matikan printer lalu pastikan bahwa kabel power pada printer masih terpasang.
  • Kedua, kamu tekan dan tahan tombol Stop/Reset dan lanjutkan dengan menekan tombol power. Ketika kamu menekan tombol power, pastikan bahwa tombol Resume masih tetap kamu tekan. Tinggal kamu tunggu beberapa saat sampai lampu indikator berwarna hijau.
  • Ketiga, lepas tombol Reset terlebih dahulu dan tetap tahan tombol power.
  • Keempat, dalam posisi tombol power yang masih kamu tekan, selanjutnya tekan tombol resume kembali sebanyak 5x. Tekan sampai lampu indikator printer berwarna orange dan hijau berkedip bergantian.
  • Kelima, lepas tombol resume dan power secara bersama-sama dan tunggu sampai lampu indikator yang berwarna hijau tidak berkedip lagi.
  • Terakhir, kamu bisa kembali membuka aplikasi Service Tool.

Baca juga Download Resetter Printer Canon IP2770