Error Unable to Start Correctly 0xc0000005

Artikel ini telah direview oleh: M Randy YP

Ada banyak pengguna windows mengeluhkan munculnya pesan errorThe Application was Unable to Start Correctly 0xc0000005 yang terjadi pada saat kamu menginstal game yang berekstensi .exe. Baca lebih lanjut untuk tau penyebab dan solusinya

Untuk penyebabnya sendiri bisa berasal dari RAM yang memornya rendah atau rusak, registry file yang korup, infeksi malware, dan lain-lain.

Pesan ini juga terkadang muncul ketika kamu melakukan update Windows. Namun kamu tidak perlu khawatir karena error 0xc0000005 masih bisa kamu tangani sendiri asalkan kamu mengikuti langkah-langkah yang akan kami jelaskan berikut ini.

5 Cara Memperbaiki Error The Application was Unable to Start Correctly 0xc0000005

Memperbaiki Registry File

Error 0xc0000005 bisa diatasi dengan memperbaiki Registry File. File Registry yang sudah rusak bisa mengakibatkan masalah pada sistem.

Jika kamu masih mempunyai cadangan file registry, maka kamu masih bisa memperbaikinya. Perlu kamu ingat, bahwa memodifikasi file registry yang salah hanya akan menambah masalah.

Oleh sebab itu, kamu harus membuat cadangan file registry sebelum melakukan pengaturan.

Adapun langkah-langkah memperbainya yaitu:

  1. Tekan Windows + R dan kamu ketikkan regedit
  2. Selanjutnya masuk ke HKEY_LOCAL_MACHINE – SOFTWARE – Microsoft – Windows NT – CurrentVersion \-Windows – AppInit_Dlls.
  3. Klik dua kali pada Applnit_Dlls. Kamu ganti valuenya menjadi 0, lalu OK.
  4. Restart komputer

Menjalankan Perintah Scannow atau SFC

SFC merupakan pemeriksaan file sistem yang bisa digunakan untuk memperbaiki kerusakan file sistem Windows yang menjadi sebab munculnya pesan kesalahan ini. Langkah-langkah memperbaikinya adalah sebagai berikut:

  1. Buka CMD di menu pencarian Windows. Jangan lupa klik knan pada CMD dan pilih Run As Administrator
  2. Jika sudah masuk ke CMD, kamu ketikkan sfc/scannow. Tekan Enter.
  3. Tinggal tunggu sampai sfc/scannow menyelesaikan tugasnya sendiri. Jika masalah tersebut berasal dari sistem, maka SFC akan memberi tahu kamu dan secara otomatis memperbaiki permasalahan tersebut.

Menjalankan CHKDSK

Jika harddisk mengalami masalah, bisa jadi pesan 0xc0000005 akan muncul. Kamu harus memindai dan menjalankan aplikasi utility serta sintak CMD yaitu dengan menjalankan CHKDSK.

  • Kamu tinggal masuk ke Run dan ketikkan perintah chkdsk/f h: Ganti huruf F tersebut sesuai dengan Drive Letter yang mengalami masalah. Selanjutnya tekan Enter.
  • Tunggu sampai proses selesai.

Memperbaiki Disk Drive

Jika ketika masalah di atas masih belum menghilangkan error 0xc0000005, maka sekarang kamu bisa mulai memperbaiki Disk Drivenya.

  • Masuk ke Device Manager
  • Selanjtunya kamu pilih Disk Drive. Lalu klik kanan pada drive tempat file sistem Windows maupun program diinstal.
  • Langkah selanjutnya, kamu klik Update Driver dan pilih Search automatically for updated driver software. Tunggu beberapa saat sampai Windows menemukan Drivernya.
  • Jika ternyata tidak bisa, kamu bisa memilih Browse my computer for software drivers dan cari driver yang cocok.

Menginstal DLL File

Cara lainnya yaitu dengan menginstal file DLL yang tidak lengkap. File DLL ini berfungsi memanggil file sistem yang telah ada.

Jika ada satu file DLL yang hilang, maka sistem pun tidak bisa bekerja dengan baik. Biasanya, pesan error terebut juga memunculkan kira-kira file dll mana yang hilang.

Tinggal kamu download file dll tersebut, lalu copy-pastekan di lokasi tempat file dll seharusnya ada.

Lihat juga 3 Cara Memperbaiki Error Vcruntime140.Dll