Cara Memotong Video Di InShot

Reviewed by M Randy YP

Panduan penggunaan aplikasi InShot berikut ini dikhususkan bagi kamu yang ingin memotong video dari video aslinya.

Ikuti langkah-langkahnya di bawah ini. 

Perhatian !

Sebelumnya perhatikan hal berikut ini :

  1. Pastikan handphone kamu sudah terinstall aplikasi InShot. Silakan download di PlayStore terlebih dahulu bila di handphone kamu berlum terinstall.
  2. Di tutorial ini kita akan menggunakan InShot versi 1.667.1295.
    kamu bisa menggunakan versi lain, namun ada kemungkinan akan ada perbedaan tampilan antara handphone kamu dengan tutorial ini.
  3. Untuk memastikan berapa versi InShotdi handphone kamu, silakan klik “Seting” di pojok kanan atas pada tampilan utama InShot kamu. Di situ akan terlihat berapa versi yang sedang kamu pakai.
  4. Pastikan di galery handphone kamu sudah tersimpan file video yang akan diedit.

Bagi yang belum punya inshot versi pro, coba tengok ini gan Download Inshot Pro APK

Step By Step Cara Memotong Video Di InShot

Langkah memotong video di InShot, urutannya sebagai berikut :

  1. Cari di menu handphone kamu icon InShot > tekan.
    Khusus tampilan gambar di bawah ini mungkin bisa saja berbeda dengan handphone kamu, karena adanya perbedaan pada merk handphone, type handphone dan menu aplikasi di handphone.
  2. Kamu akan masuk di tampilan utama aplikasi InShotseperti di bawah ini. Lalu tekan “Video” seperti yang ditunjukan tanda panah.
  3. Setelah itu tekan “VIDEO” maka kamu akan masuk di galery handphone kamu yang hanya menampilkan file video-video saja.
    Pilih video yang akan kamu potong dengan cara tekan tampilan video yang kamu pilih. Maka tampilannya seperti yang ditunjukkan pada lingkaran.
  4. Setelah terpilih > tekan icon checklist sesuai tanda panah, sebagai tanda kamu setuju dengan pilihan kamu.
  5. Tampilan gambar di layar akan seperti di bawah ini. Pada deretan menu, geser slider ke kanan – kiri untuk mencari icon Pra-Potong” yang bergambar gunting. Tekan icon  gunting tersebut.
  6. Pada layar akan ditampilan seperti pada gambar di bawah ini. Ada tiga pilihan menu, “TRIM”, “CUT” dan “SPLIT”. Masing-masing ada fungsinya sesuai keterangan pada gambar. Kita akan ulas penggunaannya masing-masing.
    bagian menu inshot

Menggunakan FItur TRIM

  1. Geser ke kanan – kiri pada bagian bawah untuk memilih video yang kamu inginkan. Bila ingin melihat durasi video yang akan kita pilih, bisa dilihat di penunjuk durasi. Pada gambar di bawah tertulis “0:16.1”, yang artinya video yang kita pilih berdurasi 16,1 detik dari 5,6 detik durasi video aslinya.
    Trim Inshot
  2. Bila sudah selesai pemilihannya, silakan tekan “HASIL SELEKSI” untuk mengakhiri pemilihan. Atau bisa juga dengan tekan tanda checklist sesuai tanda panah.
  3. Setelah itu di layar akan muncul tampilan seperti gambar di bawah ini. Perhatikan, tampilan bagian bawah adalah video yang sudah dipilih, berdurasi 16,1 detik. Sekarang kamu preview video itu. Bila sudah cukup dan sesuai, silakan kamu tekan tanda checklist pada panah merah. Kalau ternyata masih belum sesuai, silakan tekan iconUNDO” pada panah biru, dan kamu akan kembali pada tampilan sebelumnya.
  4. Tampilan layar di bawah ini akan muncul setelah kamu menekan tanda checklist. Pada langkah ini kamu bisa menambahkan variasi lain untuk video pilihan kamu. Bisa kamu pilih menunya dengan menggeser ke kanan – kiri seperti pada panah biru. Bila sudah selesai, silakan kamu tekan “SIMPAN” untuk memproses video kamu dan menyimpannya.

Menggunakan Fitur CUT

Fitur Cut Inshot
  1. Ketika kamu memilih “CUT” maka tampilan di layar akan seperti gambar di bawah, berikut dengan fungsi-fungsinya. Bila sudah selesai pemilihannya, silakan tekan tanda checklist untuk mengakhiri pemilihan.
  2. Maka pada layar akan muncul tampilan seperti gambar di bawah.
    Pada bagian bawah tampilan terlihat hasil penggabungan dua video kamu.
    Tulisan “Transisi” menunjukkan pada kita bahwa ada pembatas antara potongan video yang pertama / depan dengan potongan video yang kedua / belakang.
  3. Silakan dilihat hasil penggabungan tersebut dengan menekan tombol “Play”.
  4. Bila sudah sesuai keinginan kamu, silakan dilanjutkan dengan memproses dan menyimpannya dengan menekan “SIMPAN” sesuai tanda panah.

Menggunakan FItur SPLIT

  1. Ketika kamu memilih “SPLIT” maka tampilan di layar akan seperti gambar di bawah. Fungsi utama split ini adalah memotong video menjadi beberapa bagian lalu dari potongan itu kamu bisa menukar urutan posisinya.
  2. Untuk memotongnya, geser pembatas vertikal dengan lingkaran berwarna hijau pada area panah biru. Geser ke kanan – kiri untuk memberi batas pemotongan. Lalu tekan “MULTI SPLIT”.
  3. Maka akan video kamu akan menjadi dua bagian. Begitu seterusnya sampai sesuai pemotongan yang kamu inginkan.
  4. Pada contoh gambar di bawah ini telah dilakukan 3 kali pemotongan sehingga video terpotong menjadi 4 bagian. Bila sudah kamu tentukan titik potongannya, silakan tekan tanda checklist pada tanda panah kuning untuk meneruskan langkah berikutnya, atau menekan icon  “Undo” pada panah berwarna biru untuk mengulang langkah tadi.
  5. Sekarang di layar akan muncul gambar seperti di bawah. Tekan dan tahan area yang dilingkari kuning agar kamu bisa melihat ada berapa potongan yang telah kamu lakukan.
  6. Ketika tampilan dilayar seperti gambar di bawah, maka kamu bisa merubah posisi atau urutan video hasil pemotongan tadi. Langkah merubahnya hanya dengan menggeser sesuai keinginan kamu.
  7. Setelah menggeser posisi hasil pemotongan, kamu dapat memproses dan menyimpan video hasil editan kamu dengan menekan “SIMPAN” sesuai panah kuning.

Cara Menyimpan Video Hasil Editan di InShot

Pemotongan yang kamu lakukan, baik dengan cara TRIM, CUT ataupun SPLIT, harus kamu proses dan simpan untuk  mendapatkan file video yang kamu inginkan.

  1. Pada masing-masing cara pemotongan itu, setelah kamu menekan “SIMPAN” maka akan muncul tampilan seperti gambar di bawah. Lalu tekan “SIMPAN”.
  2. Pada tampilan layar akan muncul pilihan kualitas video yang akan kamu simpan. Dari pilihan yang ada, bila tidak ada yang sesuai dengan keinginan kamu maka kamu bisa pilih “Menyesuaikan”.
  3. Ketik angka sesuai pixel yang kamu inginkan seperti pada foto di kanan yang dilingkari. Angka pixel yang kamu masukkan akan dihitung kapasitasnya seperti yang ditunjukkan tanda panah. Untuk mengakhiri, tekan tombol “OKE
  4. Video hasil editan kamu akan diproses. Tunggu hingga 100%.
  5. Maka video hasil editan akan tersimpan di galery handphone kamu.
  6. Silakan diperiksa pada folder “InShot” pada galery.

Sangat mudah sekali. Itulah cara memotong video di InShot. Silakan dicoba dan dikreasikan terus, maka kamu akan semakin mahir dalam penggunaan InShot.

Lihat juga Cara Menghilangkan Suara Di InShot