Cara Memotong Lagu Di Kinemaster

Cara Memotong Lagu Di Kinemaster – Dalam video editing, ada berbagai cara untuk memperindah video yang dibuat. Bisa dengan penambahan efek, teks, maupun lagu atau musik untuk menghidupkan video tersebut.

Bahkan kita juga bisa mengganti musik dalam sebuah video yang sudah jadi dengan musik atau lagu yang kita inginkan.

Lalu terkadang juga lagu yang kita masukkan ke dalam video terlalu panjang atau hanya ingin mengambil bagian tertentu saja.

Untuk itu harus dilakukan pemotongan lagu. Pemotongan tersebut bisa dilakukan dengan kinemaster.

Jika ingin memotong lagu dengan kinemaster, pastinya sudah memiliki aplikasinya. Lalu, cara memotong lagu tersebut adalah :

Lihat dulu Aplikasi Kinemaster Pro APK

  1. Pertama, masukkan gambar atau video tanpa suara yang diinginkan ke dalam KineMaster dengan Add Media, dan tampilan akan seperti pada gambar.
    cara memotong audio di kinemaster
  2. Kemudian sebelum menambahkan lagu, terlebih dahulu pilih bagian gambar yang akan ditambahkan musik, dengan menggeser ke kiri atau ke kanan gambar pada storyboard.
  3. Selanjutnya, klik icon “Audio” dan pilih file musik yang akan ditambahkan. Jika file tidak muncul, bisa dengan menyeret file musik ke dalam KineMaster terlebih dahulu, dan jika sudah muncul, langsung pilih file musik dan klik icon “+”. Lagu pun otomatis masuk ke dalam storyboard. Lalu klik centang di pojok kanan atas.
    add audio di kinemaster
  4. Setelah itu, klik lagu pada storyboard hingga terdapat seperti bingkai warna kuning, dan menggeser ke kiri atau ke kanan hingga pada bagian yang ingin dipotong.
  5. Lalu, klik icon gunting atau Trim/Split dan akan muncul 3 pilihan, yaitu pangkas ke kiri, pangkas ke kanan, dan bagi.
    trim di kinemaster

Pangkas ke kiri atau Trim to left of playhead berfungsi untuk menghapus lagu yang berada pada bagian kiri, sehingga tersisa lagu yang berada di bagian kanan playhead atau garis merah.

Pangkas ke kanan atau Trim to right of playhead berfungsi untuk menghapus lagu yang berada pada bagian kanan playhead, sehingga tersisa lagu yang berada di bagian kiri playhead.

Dan bagi di playhead atau split at playhead berfungsi untuk memotong lagu pas pada playhead tanpa menghapusnya.

Sehingga playhead akan membagi lagu menjadi dua bagian. Dengan pilihan ini, bisa dilakukan pemotongan bagian-bagian lagu berkali-kali, sehingga bisa menghapus dan memilih bagian yang diinginkan secara manual.

Cara menghapusnya adalah ketika sudah dibagi-bagi, klik bagian yang ingin dihapus, kemudian klik tombol tempat sampah.

Ketika semua proses sudah selesai, maka klik centang pada pojok kanan atas.

split playhead kinemaster

Ada cara lain untuk memotong lagu jika yang dipotong hanya bagian depan saja atau bagian belakang saja.

Caranya sangatlah mudah, yaitu sama seperti sebelumnya, memasukkan audio ke dalam storyboard, kemudian klik lagu pada storyboard hingga terdapat seperti bingkai berwarna kuning.

Kemudian klik titik tiga pada awal atau akhir lagu dan geser hingga pada bagian yang diinginkan, lalu dengarkan apakah sudah pas. Jika kurang, bisa digeser kembali kekiri ataupun ke kanan menyesuaikan bagian lagunya.

cara memotong lagu di kinemaster

Nah itulah beberapa cara yang bisa dilakukan untuk memotong lagu atau musik dengan KineMaster.

Tentunya dalam sebuah video, lagu atau musik bisa menambah video menjadi lebih hidup dan menarik untuk ditonton karena akan membangkitkan visual dari video tersebut.

Jadi, semoga cara ini bisa membantu untuk memperindah dan menghidupkan video yang dibuat. Semoga bermanfaat.

Lihat juga Cara Install Kinemaster Di PC