Cara Memotong Video Di Kinemaster

cara memotong video di kinemaster

Ketika kita sedang merekam video untuk hanya sekedar mengabadikan momen ataupun untuk tujuan pembuatan konten, pasti ada bagian-bagian video yang ingin dihilangkan atau durasi video yang terlalu panjang atau hanya ingin mengambil bagian yang menarik ataupun lucu.

Cara menghilangkan bagian video tersebut sangatlah mudah, hanya diperlukan smartphone atau pc. Dan juga aplikasi edit video seperti KineMaster Pro. Sebagai aplikasi edit video, KineMaster memiliki beberapa fitur seperti bisa menggabungkan foto dan video.

Hingga penambahan audio dan juga filter. Selain itu, dengan aplikasi ini, kita bisa memotong video dengan cara yang sangat mudah. Caranya adalah :

  1. Pertama, pastinya mempunyai aplikasi KineMaster yang sudah terinstall di smartphone atau pc.
  2. Setelah terinstall, buka aplikasi dan klik icon ‘+’
    cara memotong audio di kinemaster
  3. Kemudian, pilih ukuran video yang dipilih sesuai dengan video yang akan diedit. Biasanya, disesuaikan juga dengan fungsi video. Untuk keperluan youtube, slideshow, dan sebagainya bisa memilih ukuran rasio 16:9. Ukuran tersebut juga merupakan ukuran yang umum digunakan dalam pengambilan dan pengeditan video. Jika ingin memotong video yang portrait dan satu layar penuh, bisa memilih ukuran rasio 9:16. Ukuran ini biasa juga digunakan untuk keperluan seperti status wa, story instagram, dan sebagainya. Nah sedangkan ukuran rasio 1:1 digunakan jika ingin mengedit video persegi, yang biasanya digunakan untuk posting instagram.
  4. Langkah selanjutnya adalah memasukkan video yang akan diedit ke dalam aplikasi, dengan cara klik ‘Media’ dan pilih video yang akan dipotong, kemudian pilih centang di bagian pojok kanan atas. Jika pengeditan dilakukan di pc, bisa juga dengan langsung menyeret file ke aplikasi KineMaster.
  5. Jika video berhasil ditambahkan, tampilan aplikasi akan seperti ini
    memotong video kinemaster
  6. Untuk memotongnya, terlebih dahulu klik video pada story board dan cari bagian yang akan dipotong dengan cara menggeser video pada story board tersebut dan mengepaskan garis merah atau play head dengan bagian yang dipotong.
  7. Jika bagian video sudah dipaskan dan storyboard sudah di klik, maka akan muncul pengaturannya di sebelah kanan. Untuk memotong, pilih ‘cut’ atau icon bergambar gunting, dan akan muncul beberapa pilihan, yaitu pengkas ke kiri, pangkas ke kanan, dibagi dua, dan dibagi dua kemudian sisipkan.

Jika memilih pangkas ke kiri, maka video sebelum play head akan terhapus

Jika memilih pangkas ke kanan, maka video setelah play head akan terhapus

Jika memilih split atau bagi video, maka video akan terbelah menjadi dua bagian dengan batas pada play head

Dan jika memilih bagi dan sisipkan, maka video akan terbagi dan muncul tanda ‘+’ yang digunakan untuk menyisipkan foto atau video di pertengahan bagian videonya.

  1. Setelah selesai, klik tanda centang di bagian pojok kanan atas dan potong video telah selesai, dan juga jangan lupa untuk menyimpan hasil potongan videonya.

Nah sangat mudah kan memotong video dengan KineMaster? Ternyata anggapan bahwa mengedit video itu sulit sudah tidak lagi. Karena saat ini, sudah banyak sekali aplikasi edit video yang mudah digunakan oleh siapapun.

Jadi, sudah tidak ada lagi alasan untuk tidak ingin mengedit video karena sulit. Sekian dulu artikel tentang cara memotong video dengan KineMaster. Semoga informasinya bermanfaat dan bisa memudahkan pekerjaan.

Lihat juga Cara Memotong Lagu Di Kinemaster