Media Sosial Yang Paling Sering Digunakan

Sadar nggak sih, bahwa saat ini, media sosial seolah-olah sudah menjadi sebuah kebutuhan bagi banyak orang, terutama kaum muda.

Di mana, keberadaan media sosial bukan hanya sebatas pengisi waktu luang dan wadah hiburan belaka, melainkan ada banyak hal yang bisa dilakukan dengannya.

Misal, sebagai media bisnis dan juga media dakwah.

Lagi pula, di tengah perkembangan teknologi yang serba canggih ini, sangat sayang rasanya jika ada orang yang menutup diri dan tidak ingin menggunakannya untuk hal-hal baik. Iya kan?

Nah, kira-kira nih, apa saja sih media sosial yang paling sering digunakan di Indonesia?

Tentu, dengan mengetahui media sosial apa yang paling sering digunakan di Indonesia bisa menjadi sebuah kebutuhan bagi banyak kalangan, terutama para pebisnis.

Bagi kamu yang penasaran, yuk simak penjelasannya berikut ini!

Media Sosial Yang Ramai Digunakan di Indonesia

Berdasarkan sebuah penelitian yang dihimpun oleh We Are Social di tahun 2019, menyebutkan bahwa terdapat 150 juta lebih orang Indonesia yang menggunakan media sosial.

Yang artinya, lebih dari 50 persen masyarakat Indonesia menggunakan media sosial.

Hal ini bukanlah sesuatu yang ‘aneh’ atau mengejutkan. Karena kita tahu sendiri, bahwa sudah nyaris semua masyarakat Indonesia menggunakannya, baik yang tua mapun muda, tinggal di desa atau di kota.

Berikut ini top 5 media sosial paling sering digunakan di Indonesia.

1. Tiktok

tiktok

Media sosial yang paling sering digunakan di Indonesia adalah Tiktok. 

Meskipun sempat dibanned beberapa tahun yang lalu, siapa sangka jika saat ini, aplikasi yang dikembangkan oleh Perusahaan ByteDance Cina ini bisa berkembang sangat luar biasa saat ini?

Tentu, sama sekali tidak ada yang menyangka, bahwa aplikasi berwarna hitam ini terus mengalami peningkatan yang signifikan.

Sekarang, nyaris semua orang mulai menggunakannya, baik yang hanya sekedar mencari hiburan, ada juga yang memanfaatkannya sebagai media belajar, bahkan untuk berbisnis.

Aplikasi Tiktok ini diuncurkan pertama kali di tahun 2016. Aplikasi keren ini memungkinkan kamu untuk membagikan video dengan durasi yang singkat dan disertai iringan musik yang sudah disediakan.

Menariknya, kamu juga bisa mengedit video, seperti membuatnya lebih cepat, memperlambatnya, hingga menambahkan filter.

Bahkan untuk saat ini, ada banyak banget filter yang bisa kamu manfaatkan. Dan tampaknya, filter tersebut akan terus bertambah.

Maka, jangan heran ketika membuka media sosial lain, kamu akan menemukan banyak sekali video Tiktok yang repost di dalamnya.

2. Youtube

Youtube

Media sosial yang paling sering digunakan di Indonesia yang kedua adalah Youtube. Siapa sih yang nggak kenal dengan aplikasi bawaan semua ponsel ini? Pasti kenal semua lah ya.

Secara, di Youtube, semua orang bisa menonton apapun yang kita inginkan, mulai dari religi, film pendek, ceramah, musik, dan masih banyak yang lainnya.

Bahkan, nyaris semua program yang ditayangkan di Televisi bisa kita tonton di Youtube.

Itulah sebabnya kenapa Youtube jauh lebih diminati daripada televisi. Hal ini karena kamu bisa menyaksikan film kesukaan kamu kapanpun dan dimanapun, tanpa terikat waktu dan tempat.

Berbeda dengan siaran yang ditayangkan di Televisi.

Aplikasi Youtube ini memungkinkan kamu untuk melihat, mengirimkan, atau bahkan membagikan video, loh.

Jadi, buat kamu yang suka ngedit video, atau suka banget buat video, nggak ada salahnya untuk mencari peruntungan di Youtube.

Bahkan, nggak sedikit loh artis yang mulai beralih ke dunia Youtube. Karena ternyata, dunia Youtube jauh lebih menjanjikan.

Menariknya, berdasarkan data yang sudah dihimpun oleh We Are Social tadi, sudah ada catatan bahwa 88 persen masyarakat Indonesia sudah menggunakan media sosial satu ini.

Wah, itu artinya, ada lebih dari 150 juta orang Indonesia yang menggunakan Youtube. Asli, ini sih angka yang nggak main-main ya.

Meskipun cukup menguntungkan dan menggiurkan, tetap saja, kamu harus kreatif untuk menyuguhkan konten-konten yang unik, beda, dan berkualitas.

3. Twitter

twitter

Mengutip dari situs Klikjon.com, dari dulu sampai sekarang, Twitter masih menjadi satu media sosial paling digandrungi di dunia.

Kita bisa menemukan beragam konten menarik yang barangkali nggak kita temukan di platoform media sosial lain.

Selain itu, yang menjadi ciri khas Twitter adalah kita bisa ikut nimbrung bercuit tentang topik-topik yang sedang panas diperbincangkan di dunia.

Secara, di Twitter ada halaman Trendig Topic. Nah, di situlah kita akan menemukan beragam komentar dari orang-orang tentang suatu topik yang sedang tren.

Di tahun 2013 saja, dilansir dari Kominfo.go.id, Indonesia sendiri menempati posisi ke-5 sebagai pengguna Twitter terbanyak, kalah dengan USA, Brazil, Jepang, dan Inggris.

Ada sekitar 19,5 juta pengguna Twitter di Indonesia du tahun tersebut. Tentu, jumlah tersebut setiap tahunnya terus bertambah.

4. Instagram

instagram

Media sosial yang berikutnya adalah Instagram. Masyarakat Indonesia sering menyapanya dengan ‘IG’. Ya untuk mempermudah aja sih.

Karena kalau disebut Instagram, kepanjangan lah ya.

Aplikasi Instagram memungkinkan kamu untuk melakukan banyak hal, mulai dari membagikan foto dan video, kemudian membagikan cerita lewat fitur cerita atau storynya, serta menonton konten-konten menarik di dalamnya.

Aplikasi Instagram ini merupakan salah satu media sosial yang ramai digunakan oleh anak muda.

Karena dengannya, ada banyak sekali fitur yang bisa dimanfaatkan, entah itu untuk bersenang-senang, mencari komunitas baru, menyebarkan ide, hingga berbisnis.

Menariknya, aplikasi ini menyediakan sebuah fitur bernama IG TV.

Di mana, fitur ini memunginkan kamu untuk membuat sebuah video yang berdurasi agak panjang dibandingkan dengan durasi video biasanya.

Dan belum lama ini, Instagram menghadirkan fitur ‘Marketplace’ nya loh. Sehingga akan memudahkan kamu yang ingin berbisnis atau berjualan.

Selain itu, fitur marketplace tersebut juga sudah lebih didukung dengan ‘akun bisnis’.

Kurang keren apa coba?

5. Facebook

facebook

Media sosial yang paling sering digunakan di Indonesia yang terakhir adalah Facebook. Aplikasi Facebook adalah aplikasinya orang tua, kata banyak orang sih begitu.

Padahal pada kenyataannya, yang menggunakan Facebook bukan hanya berasal dari kalangan orang tua saja. Iya kan?

Hal ini karena aplikasi satu ini sudah tergolong sangat lama. Memang, kita tidak bisa memungkiri, bahwasanya aplikasi Facebook sudah mulai ditinggalkan.

Meskipun demikian, tetap saja, jumlah penggunanya masih tergolong sangat banyak loh.

Dan menariknya, demi membuat penggunanya tetap bertahan, Facebook terus mengeluarkan fitur-fitur terbarunya yang siap membuat kamu betah berlama-lama di aplikasi Facebook.

Aplikasi ini memungkinkan kamu untuk membuat status, membagikan foto, video, atau sekedar menonton video yang sudah dibagikan oleh orang lain.

Bukan hanya itu saja, kamu bahkan bisa memberikan reaksi kepada postingan orang lain dengan memberikan emoticon, baik itu emot tertawa, marah, bahagia, suka, dan lain sebagainya.

Itulah dia 5 media sosial yang paling sering digunakan di Indonesia.

Buat kamu yang punya bisnis, social media di atas sangat cocok sebagai tempat untuk beriklan.

Tapi jika kamu cuma ingin mencari kesenangan, media sosial di atas adalah rekomendasi terbaik karena menyajikan konten-konten yang menarik. Tapi, jangan sampai lupa waktu, ya!

5 Cara Mengatasi Error 0xc00007b

error

Apakah kalian sedang mendapati pesan error 0xc00007b? Pesan ini menunjukkan pesan “unable to start correctly” yang artinya,

Cara Membuka File ENC di Laptop

Buka File ENC

File yang digunakan pada smartphone dan komputer memiliki format yang berbeda-beda, dimana format file tersebut akan ditAndai

Tinggalkan komentar