Cara Mempercepat Booting Windows 10

Windows 10 memiliki lebih banyak fitur-fitur menarik jika dibandingkan dengan Windows versi sebelumnya. jenis-jenis fitur yang dihadirkan dari berbagai macam, mulai dari segi interface, aplikasi, dan masih banyak lagi.

Namun dengan banyaknya fitur tersebut, perangkat seringkali memiliki waktu booting yang cukup lama. Maka dari itu, disini Saya akan menjelaskan tentang cara mempercepat booting Windows 10.

Untuk mempercepat booting di perangkat Windows 10, Anda dapat menggunakan beberapa cara.

Cara-cara yang akan Saya jelaskan dibawah ini tanpa menggunakan aplikasi pihak ketiga, jadi Anda tidak perlu menginstal aplikasi lagi di dalam perangkat.

Berikut ini adalah 5 cara yang bisa Anda gunakan untuk mempercepat booting di Windows 10.

5 Cara Mempercepat Booting Windows 10

1. Mengaktifkan Fitur Fast Startup

Cara mempercepat booting Windows 10 yang pertama yaitu dengan mengaktifkan fitur Fast Startup di perangkat. Fitur ini pertama kali diterapkan di Windows 8, dan saat ini juga terdapat di sistem bawaan Windows 10.

Fitur Fast Startup ini sendiri berfungsi untuk mempercepat waktu booting pada perangkat Windows 10.

Fitur ini sebenarnya dapat berjalan secara otomatis ketika perangkat melakukan booting, namun tidak jarang terdapat pengguna yang menonaktifkan fitur ini secara sengaja maupun tidak.

Anda dapat memeriksa perangkat yang digunakan agar memastikan kalau fitur Fast Startup masih tetap aktif.

Berikut ini adalah beberapa langkah untuk mengaktifkan fitur Fast Startup.

  1. Langkah pertama yaitu klik kanan pada tombol Start dan pilih opsi Power Options.
    Mengaktifkan Fitur Fast Startup
  2. Pada jendela Power & Sleep, klik link Additional Power Settings yang terdapat pada bagian kanan layar/
  3. Jika jendela Power Options sudah muncul, Anda dapat mengklik link “Choose what the power buttons do”.
  4.  Nantinya akan muncul jendela System Settings, klik opsi “Change settings that are currently unavailable” lalu berikan tanda centang pada kolom “Turn on fast startup (recommended)”.
    Nantinya akan muncul jendela System Settings, klik opsi Change settings that are currently unavailable lalu berikan tanda centang pada kolom Turn on fast startup
  5. Selesai, fitur Fast Startup yang terdapat di komputer sudah aktif.

2. Menonaktifkan Program Berjalan Ketika Startup

Mungkin Anda tidak menyadari, ketika perangkat melakukan proses startup windows 10, beberapa program akan otomatis berjalan namun tidak ditampilkan di layar perangkat (run in the background).

Banyaknya program yang berjalan tentunya akan mempengaruhi performa dari perangkat tersebut.

Performa yang menurun tentunya juga akan mempengaruhi kecepatan booting Windows 10. Untuk meningkatkan performa dan kecepatannya itu, Anda perlu menonaktifkan program yang tidak digunakan ketika proses startup.

Berikut ini adalah beberapa langkah untuk menonaktifkan program berjalan saat proses startup Windows 10.

  1. Setelah menu desktop sudah berhasil muncul, Anda bisa menekan kombinasi tombol Ctrl+Alt+Del lalu kemudian pilih opsi Task Manager.
  2. Nantinya akan muncul jendela Task Manager, Anda bisa klik tab Startup.
    Menonaktifkan Program Berjalan Ketika Startup
  3. Setelah itu akan muncul beberapa program yang berjalan ketika proses startup. Untuk menonaktifkan program tersebut, pilih program lalu kemudian klik tombol Disable yang terdapat di bagian bawah kanan.

3. Menonaktifkan Transparansi dan Efek Khusus

Pastinya Anda telah mengetahui jika Windows 10 memiliki transparansi dan efek khusus yang lebih bagus dibandingkan sistem operasi Windows versi sebelumnya.

Namun transparansi dan efek khusus tersebut juga memberikan pengaruh kepada waktu booting kepada perangkat melakukan startup.

Maka dari itu, cara mempercepat booting Windows 10 selanjutnya yaitu dengan menonaktifkan transparansi dan efek khusus di perangkat.

Dengan menonaktifkan fitur interface ini, kinerja perangkat Anda menjadi lebih ringan dan tentunya akan mempercepat proses booting.

Berikut ini adalah beberapa langkah untuk menonaktifkan fitur interface ini.

a. Menonaktifkan Transparansi

  1. Langkah pertama yaitu klik tombol start lalu pilih settings.
  2. Setelah itu klik opsi Personalisation.
  3. Nantinya akan muncul jendela Personalisation, Anda bisa klik tab Colour yang terdapat di sebelah kiri lalu merubah toggle button Transparency effects dari On ke Off.
    Menonaktifkan Transparansi dan Efek Khusus

b. Menonaktifkan Efek Khusus

  1. Pada kotak pencarian, Anda bisa mengetik “advanced system settings” kemudian tekan Enter.
  2. Jika jendela System Properties sudah muncul, Anda bisa klik tab Advanced lalu klik tombol Setting pada bagian Performance.
    Jika jendela System Properties sudah muncul, Anda bisa klik tab Advanced lalu klik tombol Setting pada bagian Performance
  3. Setelah jendela Performance Options muncul, klik opsi Adjust for best performance lalu klik tombol OK yang terletak di bagian bawah jendela.
    Setelah jendela Performance Options muncul, klik opsi Adjust for best performance lalu klik tombol OK yang terletak di bagian bawah jendela

Gunakan Intel Optane Memory untuk mempercepat booting windows 10 anda.

4. Mengurangi Batas Waktu Menu Booting

Cara selanjutnya yang bisa Anda gunakan untuk mempercepat booting Windows 10 yaitu dengan mengurangi batas waktu menu booting.

Untuk cara kali ini, Anda perlu melakukan pengaturan pada fitur jika komputer yang dipakai menggunakan dual booting.

Perlu diketahui, kalau pengaturan bawaan tampilan layar untuk memilih sistem operasi yaitu selama 30 detik. Namun Anda dapat mengurangi batas waktu booting tersebut menjadi lebih pendek agar waktu booting menjadi lebih cepat.

Anda dapat mengikuti beberapa langkah dibawah ini untuk mengurangi batas waktu menu booting.

  1. Pada kolom pencarian, ketikan “advanced system settings” lalu klik tombol enter.
  2. Ketika jendela System Properties muncul, Anda bisa klik tab Advanced lalu klik tombol Settings pada bagian Startup and Recovery.
  3. Pada jendela Startup and Recovery, Anda bisa mengubah opsi “Time to display list of operating system” menjadi lebih cepat, misalnya 10 detik.
    Mengurangi Batas Waktu Menu Booting

5. Membersihkan Komputer

Membersihkan file-file yang tidak digunakan dapat menjadi cara terakhir untuk mempercepat booting di perangkat Windows 10.

Walaupun dampaknya memang tidak signifikan, membersihkan komputer dari file yang tidak digunakan tentunya akan lebih meringankan kinerja komputer.

Berikut ini cara membersihkan komputer dengan menggunakan fitur Disk Clean-up.

  1. Mengetikan “disk cleanup” pada kolom pencarian Windows.
  2. Setelah itu klik opsi Open dan mulai bersihkan komputer dengan mengklik tombol Clean up system files.
    Membersihkan Komputer

Lihat juga :

Kelima cara mempercepat booting Windows 10 diatas tentunya dapat Anda lakukan sendiri, tanpa perlu dibawa ke service center. Dengan mengikuti cara-cara diatas, kinerja komputer akan semakin ringan dan proses booting juga semakin cepat.