Meningkatkan Engagement Lewat Infografis

Ada banyak cara untuk meningkatkan engagement pelanggan dengan media sosial kita. Salah satunya adalah menggunakan konten berjenis infografis, begini caranya

Penggunaan website dalam dunia bisnis saat ini semakin meningkat. Website dijadikan sebagai media promosi yang sangat efektif.

Agar bisa berjalan secara efektif dan lancar, website membutuhkan layanan hosting yang tepat. 

Cek hosting terbaik yang bisa Anda gunakan untuk meningkatkan performa website dan menarik lebih banyak calon konsumen.

engagement pelanggan

Tak hanya itu, infografis website juga ikut berpengaruh pada kualitas website bisnis Anda.

Tentang Infografis

Apa sebenarnya infografis itu? Dalam dunia pengembangan website, istilah infografis ini sudah sangat populer.

Infografis itu sendiri berasal dari kata infographic dan menjadi salah satu senjata penting untuk meningkatkan kualitas konten sebuah website. 

Infografis ini bisa dipahami sebagai penambahan data berupa angka yang cara penyajiannya sangat bervariasi.

Data disajikan dalam bentuk yang menarik menggunakan warna-warna yang atraktif. Sajian data ini akan meningkatkan nilai estetika pada laman website. 

Baca juga: Cara Download Story IG

Secara otomatis infografis ini akan membuat nilai keindahan sebuah website meningkat. Pengunjung pun akan merasa lebih tertarik untuk membaca sebuah konten yang disertai infografis dengan tampilan menarik.

Infografis bisa dikatakan sangat efektif untuk meningkatkan engagement pelanggan atau pengunjung website Anda.

Adanya infografis ini akan memberi nilai lebih pada tampilan visual sebuah website. Inilah yang akan membuat engagement meningkat dan performa website juga ikut bertambah baik. 

Macam-Macam Infografis

Ada beberapa macam infografis yang bisa digunakan dalam sebuah website. Tentunya penyajian infografis ini sangat dipengaruhi oleh kreativitas pembuatnya.

Semakin kreatif ide pembuatan infografis maka akan membuat estetika laman website semakin bertambah bagus. 

Berikut adalah beberapa macam infografis yang bisa disajikan dalam sebuah website:

#1 Statis

Pertama ada jenis infografis statis dimana sajian data akan hadir dalam bentuk visual yang statis atau diam. Infografis jenis ini paling sederhana karena tidak perlu memakai audio maupun animasi.

Tipe ini hanya disajikan dalam bentuk gambar atau ilustrasi namun tetap bisa ditampilkan dengan sangat menarik sesuai kreativitas.

Jenis infografis seperti ini memang sederhana namun tetap bisa bekerja efektif untuk meningkatkan engagement.

Penyajian data dianggap jauh lebih mudah dan praktis menggunakan infografis statis. Tidak dibutuhkan aksen tambahan lainnya sehingga membuat pembaca juga lebih mudah memahami isi data.

#2 Animasi

Bentuk kedua adalah infografis animasi. Jenis infografis ini merupakan pengembangan dari bentuk statis. Di sini data akan disajikan dalam bentuk animasi yang bisa bergerak.

Infografis animasi akan melibatkan dua aspek yakni visual dan audio. Jenis animasinya pun bisa dibedakan menjadi dua yakni animasi dua dimensi dan tiga dimensi.

Baca juga: Cara Menulis Blog Pribadi Di IG

Infografis animasi sangat diminati di era digital seperti sekarang ini. Dianggap jauh lebih menarik dari infografis statis, jenis infografis ini dipandang sangat menarik dan efektif untuk menarik perhatian.

Proses pembuatannya pun tak mudah karena butuh penyatuan audio dan visual. Namun seiring dengan perkembangan teknologi, pembuatan animasi ini terasa jauh lebih mudah.

#3 Interaktif

Selanjutnya ada tipe infografis yang jauh lebih kompleks namun sangat efektif dan menarik. Ini merupakan infografis interaktif dimana data nantinya akan disajikan dengan disertai elemen seperti tombol tertentu.

Pembaca yang melihat informasi tersebut bisa memberikan tanggapan atau mengakses informasi lebih lanjut. 

Jenis infografis ini perlu dibuat dengan keahlian khusus. Agar bisa menghasilkan infografis yang interaktif maka dibutuhkan bekal ilmu bahasa pemrograman.

Biasanya untuk menghasilkan infografis interaktif seperti ini pengelola website akan bekerja sama dengan programmer.

Pembuatan website memang membutuhkan layanan hosting yang berkualitas. Namun, tak hanya hosting tetapi konten dan data yang disajikan juga harus bagus.

Saat ini sudah semakin mudah untuk menemukan layanan hosting murah 1 tahun juga layanan jasa yang bisa mengelola konten website Anda dengan baik. Termasuk jasa yang bisa menyajikan infografis menarik di laman website bisnis Anda untuk meningkatkan engagement.

#4 Pembuatan Infografis

Sudah jelas bahwa infografis memang efektif dipakai untuk meningkatkan engagement sebuah website. Sebelum membuat sebuah website, Anda mungkin akan cek hosting yang berkualitas.

Setelah mendapatkan hosting berkualitas dan membuat website yang stabil, apa yang bisa dilakukan? Tentu saja mengisinya dengan konten yang menarik perhatian.

Baca juga: Cara Membuat Tulisan Bergerak Di InShot

Infografis ini bisa menjadi sebuah cara bagi Anda untuk menyajikan konten yang bermanfaat sekaligus menarik.

Pembuatan infografis sangat direkomendasikan karena terbukti bisa meningkatkan engagement dengan sangat baik. 

Berikut adalah beberapa langkah pembuatan infografis yang bisa dicoba untuk diterapkan:

Tentukan Topik

Langkah pertama jelas Anda harus menentukan topik terlebih dahulu. Pilih topik yang sesuai dengan kebutuhan website Anda. Tentu saja topik infografis ini harus bisa mendukung konsep utama dari website Anda. 

Pikirkan juga apakah topik infografis nanti sudah relevan dengan kebutuhan atau kondisi masyarakat saat ini. Jika topik sudah ditentukan maka akan lebih mudah untuk melakukan langkah-langkah selanjutnya.

Tentukan Target Audiens

Selanjutnya, tentukan dulu siap target audiens Anda. Infografis harus disajikan sesuai dengan target audiens yang dituju.

Desain dan konsep infografis sangat beragam. Jika tidak disesuaikan dengan target audiens maka akan terasa sulit untuk meningkatkan engagement. 

Namun, jika nantinya infografis bisa cocok dengan selera target audiens maka peningkatan engagement bisa berjalan efektif.

Kumpulkan Data

Langkah berikutnya yang harus dilakukan adalah mengumpulkan data. Infografis dibuat untuk menyajikan sebuah data.

Kumpulkan dulu data yang ingin ditampilkan lewat infografis tadi. Pengumpulan data saat ini semakin mudah dilakukan, bisa lewat media online yang begitu luas dan mudah untuk diakses.

Visualisasikan Data

Jika data sudah terkumpul maka segera visualisasikan data tersebut agar bisa diolah menjadi infografis yang menarik.

Visualisasi data ini harus dilakukan dengan cermat agar data yang ditampilkan tetap lengkap meskipun berubah bentuk. 

Dari data berupa tulisan menjadi bentuk visual yang menarik, perubahan ini tidak boleh mengurangi informasi apapun yang ingin disampaikan.

Susun Grid Layout

Infografis harus tersaji dengan baik dan seimbang dari segi tata letak visualnya. Setiap elemen yang terlibat dalam sajian infografis ini harus diatur sebaik mungkin. Salah satu caranya adalah dengan memakai rancangan grid layout. 

Buatlah rancangan grid layout terlebih dahulu untuk mempermudah proses penyusunan komposisi elemen dalam sebuah infografis.

Gunakan Template

Pembuatan infografis memang tidak mudah apalagi jika Anda ingin menyajikan infografis yang menarik dan benar-benar unik.

Namun saat ini langkah tersebut sudah terasa semakin mudah karena ada banyak template yang bisa digunakan. 

Saat ini ada banyak platform yang menawarkan desain template infografis menarik dan unik. Ini menjadi salah satu pilihan cara yang bisa Anda ambil jika ingin membuat infografis dengan mudah dan cepat.

Baca juga: Cara Membuat Template Bingo Instagram

Infografis ini sangat penting untuk tampilan dan performa website Anda. Apalagi untuk jenis website bisnis yang membutuhkan peningkatan engagement secara stabil.

Gunakan jasa layanan hosting murah 1 tahun yang berkualitas dan isilah website Anda dengan konten-konten yang menarik. Salah satunya lewat infografis yang unik dan bermanfaat bagi para audiens.

Driver Updater Terbaik

DriverMax

Walaupun Windows telah menyediakan sistem sendiri untuk update driver, namun dalam beberapa kondisi sistem update tersebut terkadang

Cara Menggunakan Tespen

Cara Menggunakan Tespen

Ketika Anda melihat seorang teknisi listrik sedang melakukan pekerjaannya, apakah pernah mengamati sebuah benda yang bentuknya mirip

Tinggalkan komentar