Pengertian Nilai Moral dan Contohnya

Artikel ini telah direview oleh: M Randy YP

Seperti halnya dalam dunia pendidikan, nilai moral merupakan ukuran ideal yang berlaku dalam sistem bermasyarakat.

Khususnya bagi Anda yang menganut budaya Timur, tentu nilai moral penting untuk dijaga serta menempati posisi tertinggi dalam lingkungan masyarakat setempat.

Berikut ini adalah pengertian nilai moral dan contohnya agar Anda dapat lebih memaknai nilai tersebut.

Pengertian Nilai Moral

Nilai Moral adalah sebuah aturan bagaimana harusnya manusia berperilaku dalam kesehariannya. Diharapkan jika setiap individu menerapkan nya maka akan tercipta kehidupan yang damai dan tentram.

Nilai moral juga sering didefinisikan sebagai sebuah gambaran nyata dan objektif, yang erat kaitannya dengan sisi realita seseorang dalam lingkup masyarakat.

Nilai ini kerap dikaitkan dengan hakikat serta kodrat manusia agar dapat hidup nyaman dan tenteram.

Nilai moral dapat dikelompokkan menjadi dua bagian, yakni nilai moral baik dan buruk.

Nilai moral baik senantiasa dikaitkan dengan cita-cita serta tujuan hidup manusia, agar tidak keluar dari kaidah sosial yang berlaku dalam masyarakat.

Sementara itu, nilai moral buruk berkaitan dengan prilaku yang menyimpang dari norma sosial dan akan menimbulkan masalah hingga konflik sosial.

Contoh nilai moral

Berikut ini adalah sejumlah contoh nilai moral yang ada dalam lingkungan masyarakat.

Contoh dari nilai moral berikut kiranya dapat memberikan penggambaran yang lebih detail bagi Anda.  

Menunduk saat berjalan

Pengertian Nilai Moral Dan Contohnya

Tindakan menunduk ketika berjalan merupakan salah satu contoh nilai moral yang sering dijumpai di lingkungan masyarakat, terutama daerah Jawa.

Tindakan yang sudah sejak lama diajarkan oleh nenek moyang ini dapat dimaknai sebagai suatu bentuk penghormatan kepada orang yang memiliki usia lebih tua.

Berbicara pelan dan sopan kepada orang tua

Berbicara pelan dan sopan kepada orang tua menjadi salah satu nilai moral yang paling dijunjung tinggi dalam budaya Timur.

Perilaku baik seperti ini dapat dimaknai sebagai bentuk penghormatan yang senantiasa diperlihatkan pada masyarakat luas.

Membuang sampah pada tempatnya

Contoh lain dari nilai moral baik ialah membuang sampah pada tempatnya. Perbuatan yang tergolong sebagai moral baik dapat memberikan manfaat yang besar bagi lingkungan dan masyarakat.

Dengan membuang sampah pada tempatnya, bermakna bahwa Anda telah menjaga kebersihan, mencegah banjir, memudahkan daur ulang sampah, mencegah kerusakan tanah dan air, serta memberikan kesan indah.

Menghormati tetangga yang berbeda agama

Menghargai tetangga yang berbeda agama adalah salah satu nilai moral yang penting diterapkan, khususnya di zaman seperti sekarang ini.

Mampu menghargai serta menghormati tetangga yang memiliki perbedaan keyakinan, akan membuat hidup menjadi semakin tenteram, damai, serta harmonis.

Menghargai adanya perbedaan agama menghindari hal-hal yang dapat memicu konflik.

Bukan hanya sekadar itu saja, menghargai perbedaan agama juga dapat memeroleh pahala. Dalam agama manapun toleransi merupakan perbuatan yang sangat terpuji dan termasuk sulit untuk dilakukan.

Menjenguk tetangga yang sakit  

Menjenguk tetangga yang sakit menjadi contoh lain perilaku moral baik. Perilaku ini dapat memunculkan karakter kepedulian dalam diri setiap individu.

Bukan hanya itu saja, perilaku ini akan semakin terpuji apabila tetangga tersebut memiliki keyakinan agama yang berbeda.

Secara bersamaan Anda telah menjunjung tinggi nilai toleransi beserta nilai kepedulian.

Menaati peraturan yang diberlakukan dalam lingkungan masyarakat setempat

Menaati peraturan yang berlaku dalam lingkungan masyarakat setempat juga termasuk cerminan dari nilai moral.

Misalnya, dengan ikut melaksanakan kerja bakti setiap akhir pekan. Di samping itu, ikut serta dalam rapat RT juga termasuk ke dalam bentuk ketaatan Anda sebagai warga di lingkungan tempat tinggal.

Hendaknya Anda senantiasa menjunjung tinggi nilai moral terutama dalam lingkungan masyarakat sekitar.

Terlebih lagi dengan adanya informasi terkait pengertian nilai moral dan contohnya ini,  kiranya mampu menambah semangat guna menjaga nilai-nilai moral yang berlaku dalam lingkungan tempat tinggal Anda.

Rangkuman

Jelaskan Pengertian Nilai Moral?

Nilai Moral adalah sebuah aturan bagaimana harusnya manusia berperilaku dalam kesehariannya. Diharapkan jika setiap individu menerapkan nya maka akan tercipta kehidupan yang damai dan tentram

Sebutkan Contoh Nilai Moral ?

Menunduk saat berjalan, Berbicara sopan kepada orang tua, Membuang sampah pada tempatnya, Menjenguk tetangga yang sakit, Menghormati tetangga beda agama, Dan lain lain.

Artikel Terkait :

  1. Bentuk Perubahan Sosial dan Contohnya
  2. Contoh Interaksi Sosial

Leave a Comment