Pemutar Video Terbaik PC

Reviewed by M Randy YP

Walaupun saat ini menonton sudah bisa dilakukan melalui media smartphone, tentunya belum bisa ada yang mengalahkan PC dalam memberikan pengalaman menonton video dengan kualitas tinggi.

Hal ini lah yang membuat banyak orang masih mencari pemutar video terbaik PC.

Masing-masing software yang ada tentunya memiliki beberapa kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

Walaupun setiap PC pasti mendapatkan aplikasi pemutar video bawaan, tapi biasanya fitur yang diberikannya kurang lengkap dan kualitas gambar yang dihasilkan tidak maksimal.

Berikut ini adalah beberapa software pemutar video terbaik yang bisa Anda gunakan untuk PC.

KM Player

KM Player
Tampilan KM Player

Bagi sebagian besar orang, tentunya sudah tidak asing lagi dengan salah satu pemutar video untuk PC ini, yaitu KM Player.

KM Player sendiri mendukung berbagai macam format untuk memutar video, seperti AVI, MPEG4, MKV, dan masih banyak lagi. Selain itu, KM Player juga telah mendukung untuk menampilkan video dengan resolusi 4K.

Fitur menarik yang dimiliki oleh KM Player yaitu memungkinkan Anda untuk melakukan rendering, processing, dan juga decoding dalam membuat sebuah video.

Selain itu, KM Player juga memiliki fitur quick menu tool yang dapat Anda gunakan untuk mengatur rotasi layar video.

Telah dilengkapi dengan VR mode yang dapat membuat Anda lebih puas dalam menonton sebuah video.

Download di http://en.kmplayer.com

Lihat juga Cara Download Slideplayer

SM Player

SM Player
Tampilan SM Player

Rekomendasi software video player pertama yang akan saya berikan adalah SM Player. Salah satu video player terbaik ini memungkinkan Anda untuk memutar berbagai jenis format video di PC.

Tidak hanya format video saja, Anda juga dapat memutar file dengan format audio menggunakan aplikasi ini.

Bahkan SM Player memiliki fitur streaming video Youtube yang dapat dilakukan melalui link URL dari video Youtube tersebut.

Kelebihan lainnya yang dimiliki oleh software ini adalah dapat memutar Blu-Ray DVD yang tentunya membuat para pengoleksi Blu-Ray DVD memiliki media khusus untuk memutar koleksinya.

Download di https://www.smplayer.info

DivX Player

DivX Player
Tampilan DivX Player

Pemutar video terbaik PC selanjutnya yang menjadi rekomendasi yaitu DivX Player. Seperti halnya aplikasi sebelumnya, DivX Player juga memungkinkan Anda untuk memutar video dari berbagai jenis format.

Bahkan video berkualitas tinggi seperti Video Ultra HD atau 4K dapat diputar melalui pemutar video ini.

Fitur yang menarik dari DivX Player adalah dapat digunakan untuk melihat foto di dalam galeri PC.

Selain itu, terdapat fitur TrickPlay dan Chapter Point yang bisa Anda gunakan untuk menonton berbagai scene berbeda yang terdapat di dalam video.

Download https://www.divx.com/en/software/divx/

GOM Player

Nama GOM Player sebagai salah satu software pemutar video terbaik untuk PC pastinya sudah tidak perlu diragukan lagi.

GOM Player sendiri adalah pemutar video untuk PC yang sangat umum digunakan di berbagai perangkat PC.

GOM Player sendiri dipilih karena memiliki fitur yang lebih menarik dibandingkan software pemutar video lainnya.

Salah satu fitur yang menjadi unggulan dari GOM Player adalah fitur screenshot yang memungkinkan Anda untuk menangkap layar ketika video sedang berlangsung.

Tidak hanya itu saja, GOM player juga memiliki beberapa fitur menarik lainnya, seperti fitur speed control, opsi efek, dan masih banyak lagi.

Dowload di https://www.gomlab.com

ACG Player

ACG Player menjadi software pemutar video terbaik PC selanjutnya yang menjadi rekomendasi untuk Anda gunakan.

Dengan menggunakan ACG Player, Anda dapat memutar video dengan berbagai jenis format.

Software pemutar video ini sendiri memiliki beberapa fitur menarik, antara lain pengaturan font subtitle dan pengaturan aspek rasio pada video.

ACG Player banyak digunakan salah satunya dikarenakan memiliki ukuran file yang ringan, jadi dapat digunakan untuk semua jenis perangkat PC walaupun memiliki spesifikasi yang rendah.

Selain itu ACG Player juga memiliki opsi “User Interface Customization” yang dapat Anda gunakan untuk memodifikasi tampilan sesuai keinginan.

Tidak hanya itu saja, ACG Player juga memungkinkan Anda untuk menambahkan visual effect di dalam video yang sedang diputar.

Anda juga dapat melakukan streaming menggunakan video player ini, seperti halnya pada software lainnya.

Namun yang menjadi kekurangan dari ACG Player adalah hanya dapat digunakan untuk PC dengan sistem operasi Windows 10 saja.

Download di https://www.microsoft.com/en-us/p/acg-player/

Pot Player

Pot Player

Bagi Anda yang menyukai drama korea, software pemutar video untuk PC ini sangat saya rekomendasikan.

Hal ini dikarenakan Pot Player dapat langsung terhubung ke Viki, sebuah situs streaming yang biasanya menampilkan berbagai acara TV seri Asia, salah satunya tentunya drama Korea.

Pot Player memang lebih memberikan layanan streaming TV Asia dikarenakan software ini dikembangkan oleh perusahaan internet asal Korea Selatan, yaitu Kakao.

Pot Player telah dilengkapi dengan berbagai teknologi canggih, seperti CUDA, Quick Sync, dan DXVA yang dapat memberikan kinerja maksimal dalam menayangkan video.

Tidak hanya itu saja, Pot Player juga dilengkapi dengan berbagai fitur unggulan, seperti Pixel Shader, video output 360 derajat, mode 3D, dan juga telah didukung dengan video berkualitas Blu-Ray.

Anda juga dapat menggunakan fitur kontrol playback dan juga subtitle yang telah tersedia untuk memudahkan Anda dalam menonton sebuah video melalui PC.

Download di https://potplayer.daum.net/

Quik Time Player

Jika Anda pengguna Mac, mungkin aplikasi ini dapat menjadi pilihan untuk digunakan. Quik Time Player adalah software pemutar video yang dikembangkan langsung melalui Apple dan hanya dapat digunakan untuk perangkat Mac saja.

Quik Time Player menawarkan berbagai macam fitur menarik, salah satunya adalah dapat melakukan rotasi ketika video sedang diputar.

Selain itu, software ini juga memungkinkan Anda untuk melakukan konversi video, menonton video secara streaming, merekam video ketika sedang berlangsung, hingga menampilkan subtitle dari film.

Dukungan mode VR dan konten interaktif juga membuat Quik Time Player menjadi pilihan utama bagi para pengguna perangkat Mac.

Download di https://support.apple.com/kb/DL837?locale=en_US

5K Player

Pemutar video terbaik PC selanjutnya yang akan saya rekomendasikan yaitu 5K Player. Seperti halnya pada kebanyakan pemutar video lainnya, software ini memungkinkan Anda untuk menonton video dengan berbagai macam jenis format.

Dengan tampilan yang sederhana, membuat ANda yang baru pertama kali menggunakannya tidak akan merasa kesulitan.

Anda juga dapat menggunakan 5K untuk mendownload video dari berbagai platform lainnya, seperti Youtube, Daily Motion, Vimeo, dan masih banyak lagi.

Bahkan Anda dapat merubah format video yang akan diunduh menjadi format audio. Terdapat juga fitur AirPlay yang dapat digunakan bagi pengguna Apple untuk menghubungkan layar smartphone ke PC.

Download di https://www.5kplayer.com/

Media Player Classic Home Cinema

Software ini dapat dikatakan pemutar video yang hingga saat ini masih banyak digunakan. Bahkan dapat dikatakan, Media Player Classic Home Cinema ini adalah software pemutar video yang legendaris karena sejak dahulu sudah banyak yang menggunakannya.

Hal ini dikarenakan software ini memiliki interface yang sederhana, jadi sangat mudah untuk digunakan.

Selain itu, Media Player Classic juga dapat digunakan untuk memutar berbagai macam format video, seperti MP4, WAV, FLV, dan masih banyak lagi.

Bahkan Anda juga dapat menggunakan software ini untuk memutar file dengan format audio.

Tidak hanya itu saja, Media Player Classic juga memiliki kontrol GPU, decoder video audio, dan memutar DVD di PC Windows 10.

Download di https://mpc-hc.org/

VLC Media Player

Pemutar video terbaik untuk PC selanjutnya yaitu VLC Media Player. Menjadi salah satu media video player yang dari dulu sudah memiliki pengguna yang banyak karena fitur-fitur menarik yang dimilikinya.

Selain dapat mendukung berbagai macam format video, VLC Media Player juga memungkinkan Anda untuk memutar file audio dengan format MP3, WMA, hingga FLAC.

Selain itu, kelebihan lainnya yang dimiliki oleh VLC Media Player adalah dapat diinstal di berbagai jenis platform Windows, seperti Windows Vista, Windows XP, Windows 7, Windows 8, dan tentunya juga windows 10.

Dengan tampilan yang sederhana, VLC Media Player sangat mudah untuk digunakan dalam memutar video.

Download di https://www.videolan.org/vlc/index.id.html

Kodi

Kodi Media Player

Kalau Anda mencari software pemutar video gratis dan open source, Kodi mungkin dapat menjadi salah satu pilihan terbaik.

Software yang sebelumnya bernama XBMC ini memiliki berbagai macam fitur menarik yang akan memberikan kenyamanan bagi Anda dalam menonton sebuah video melalui PC.

Kodi bahkan dapat digunakan sebagai pemutar video streaming lengkap dengan tampilan eksternalnya yang lebih besar karena memiliki 10-Foot user interface.

Dengan menggunakan software Kodi, Anda dapat memainkan berbagai macam format video. Bahkan Kodi juga dapat memutar format audio, seperti musik, podcast, dan media digital lainnya.

Plex

Plex Media Player

Software pemutar video selanjutnya yang menjadi rekomendasi untuk Anda gunakan yaitu Plex.

Dengan menggunakan Plex memungkinkan Anda untuk mengatur dengan mudah koleksi video dengan berbagai format, seperti acara TV, video pribadi, musik, atau foto. Plex akan membuat semua koleksi file Anda menjadi lebih tampak rapi.

Tidak hanya itu saja, Plex memungkinkan Anda untuk membagikan ke platform lainnya dengan mudah.

Software ini juga memiliki fitur Plex Highlight yang dapat digunakan sebagai layanan streaming gratis yang telah didukung iklan dengan menawarkan berbagai video dan acara TV gratis dari berbagai studio besar, seperti Warner Bros, MGM, dan masih banyak lagi.

Plex juga telah mendukung berbagai macam format, seperti musik hi-fi dan hampir seluruh format video.

Ditambah lagi Plex telah menggunakan teknologi Chromecast yang dapat menayangkan video di layar TV untuk memberikan kenyamanan dalam menonton video atau musik.

Download di https://www.plex.tv/media-server-downloads/

Media Monkey

Media Monkey adalah software pemutar video yang dibuat khusus untuk perangkat PC dengan sistem operasi Windows 10. Media Monkey sendiri dapat digunakan dengan gratis, namun tetap memiliki fitur-fitur menarik di dalamnya.

Bahkan Media Monkey tidak hanya dapat digunakan untuk menonton video, namun juga dapat digunakan untuk mendengarkan musik yang berkualitas.

Kelebihan lainnya dari Media Monkey yaitu dapat didukung dengan bantuan plugin agar fungsinya menjadi lebih luas. Interfacenya yang cukup simpel juga membuat software ini sangat mudah digunakan.

Terdapat juga fitur untuk menampilkan subtitle untuk membantu Anda dalam menonton video dengan bahasa asing.

Film & TV

Film & TV windows 10

Mungkin bagi Anda yang memiliki perangkat PC sistem operasi Windows sudah tidak asing lagi dengan software ini.

Film & TV ini adalah software pemutar video bawaan dari Windows yang secara otomatis akan terinstal pada perangkat.

Film & TV sendiri memiliki tampilan yang minimalis, jadi Anda dapat mengelola video dengan mudah.

Tentunya jika dibandingkan dengan pemutar video PC lainnya Film & TV tidak memiliki fitur yang lebih lengkap.

Namun software ini menawarkan beberapa fitur menarik lainya, seperti dukungan untuk digunakan pada Xbox dan sinkronisasi media dalam melihat berbagai macam konten di aplikasi mobile.

Download di https://www.mediamonkey.com/

Parma Video Player

Walaupun namanya jarang didengar, Parma Video Player dapat menjadi rekomendasi software pemutar video yang dapat Anda gunakan.

Dengan user interface yang elegan dan juga minimalis, Parma Video Player tentunya sangat mudah untuk digunakan.

Walaupun tampak minimalis, software ini juga memiliki berbagai macam fitur, seperti audio controller dan encoding tool.

Tidak hanya itu saja, Anda juga dapat menonton video dari Youtube menggunakan software ini melalui URL dari video Youtube.

Parma Video Player pun telah kompatibel dengan berbagai macam versi sistem operasi Windows.

Dengan ukurannya yang tidak terlalu besar, membuat Parma Video Player tidak akan memberatkan perangkat jika sedang digunakan.

Download di https://www.microsoft.com/en-us/p/parma-video-player

Semoga daftar pemutar video terbaik PC versi mrandyyp.com di atas dapat menjadi referensi untuk digunakan.

Tentunya seperti yang sudah Saya jelaskan, masing-masing pemutar video tersebut memiliki berbagai macam fitur berbeda dan kelebihan pun yang berbeda-beda pula.

Anda dapat menyesuaikannya dengan kebutuhan dalam memutar video melalui PC.