Software Desain Rumah

Ketelitian yang sebuah tinggi merupakan sebuah tuntutan bagi seorang arsitek ketika sedang membuat desain rumah. Ketika mereka membuatnya secara manual di atas kertas, tentunya membutuhkan waktu yang cukup lama.

Namun kini, hadirnya software desain rumah menjadi jalan keluar bagi para arsitek untuk mendesain sebuah rumah secara teliti dengan akurat dan dalam waktu yang lebih cepat.

Berbagai macam kemudahan yang dapat dihadirkan oleh software desain rumah ini, bisa didapatkan dari fitur-fitur yang dibawanya.

Bahkan bagi para pemula sekalipun, bisa membuat sebuah desain rumah layaknya seorang profesional hanya dengan menggunakan software ini.

Jadi jika Anda akan membuat desain rumah, alangkah baiknya jika menggunakan software dibandingkan secara manual.

Lihat juga Aplikasi Equalizer Terbaik

Rekomendasi Software Desain Rumah Terbaik

Perlu untuk Anda ketahui, bahwa kini ada banyak sekali software atau aplikasi yang mampu membantu Anda dalam membuat sebuah desain rumah dengan lebih mudah dan cepat.

Namun dari semua aplikasi yang ada, tentunya Anda harus memilih salah satu yang terbaik.

Nah, berikut ini rekomendasi dari aplikasi desain rumah yang Saya rekomendasikan.

1. Chief Architect

Chief Architect

Aplikasi desain rumah pertama yang direkomendasikan adalah Chief Architect. Chief Architect sendiri, merupakan sebuah software desain 3D yang profesional.

Aplikasi ini banyak digunakan oleh para arsitek untuk membuat desain 3D. Namun meskipun begitu, aplikasi yang satu ini juga bisa Anda gunakan untuk membuat desain 2D.

Salah satu keunggulan yang dimiliki oleh aplikasi Chief Architect ini, yakni fitur otomatis yang mampu mempermudah proses desain rumah serta renovasi dalam waktu yang singkat.

Dan hal yang paling penting dari aplikasi ini adalah mampu memberikan hasil desain sesuai seperti yang Anda inginkan. Anda dapat membuat berbagai macam desain rumah dengan aplikasi ini.

2. AutoCAD Architecture

AutoCAD Architecture

Selain Chief Architect, Saya juga sangat merekomendasikan Anda untuk menggunakan AutoCAD Architecture sebagai aplikasi desain rumah terbaik.

Seperti yang telah diketahui, bahwa AutoCAD merupakan salah satu developer aplikasi desain ternama.

Nah AutoCAD Architecture ini merupakan software khusus untuk desain rumah yang dimilikinya.

Dengan berbagai macam fitur yang ada di dalam aplikasi ini, Anda bisa melakukan penyusunan dengan lebih efisien. Selain itu, aplikasi ini juga memiliki tampilan interface yang sederhana.

Tentunya hal ini akan membuat aplikasi tersebut terasa mudah untuk dioperasikan, terutama bagi para pemula. Sebelum Anda membeli aplikasi ini, Anda juga dapat mencoba versi trial terlebih dahulu.

3. Punch Software

Punch Software

Dapat dikatakan bahwa Punch Software merupakan aplikasi desain rumah yang banyak digunakan di Amerika. Aplikasi ini memiliki kombinasi antara kekuatan NexGen untuk menghasilkan foto dengan kualitas yang realistis dan sempurna.

Adanya bantuan LightWorks, juga akan membantu dalam pembuatan desain perumahan atau proyek besar dalam waktu yang lebih singkat.

Jadi jika Anda menggunakan Punch Software ini, maka Anda akan lebih mudah dalam memenuhi permintaan desain dari para klien dalam jumlah besar tanpa perlu bantuan dari orang banyak.

Akan tetapi, software yang satu ini memiliki harga yang cukup tinggi. Meskipun begitu, Punch Software sudah kompatibel dengan Windows sehingga kegunaannya dapat lebih dimaksimalkan.

4. Autodesk Revit

Autodesk Revit

Autodesk Revit merupakan sebuah software yang bisa digunakan sesuai kebutuhan dari setiap penggunanya.

Dengan menggunakan aplikasi yang satu ini, para arsitek mampu membuat sebuah desain secara lebih akurat dengan kualitas yang tinggi.

Dengan fitur informasi bangunan model alur kerja, maka akan membuat Anda lebih mudah untuk menganalisa setiap konsep yang digunakan.

Tidak hanya itu, Autodesk Revit juga memungkinkan Anda untuk melakukan dokumentasi mengenai semua proyek pembangunan yang sedang dikerjakan.

Software ini tentunya sangat cocok digunakan, terutama bagi Anda yang lebih mengutamakan fungsionalitas. Desain yang Anda buat, bisa lebih jelas dalam memberi keterangan mengenai kebutuhan dan penggunaan setiap bagiannya.

5. Vectorworks Architecture

Vectorworks Architecture

Jika dibandingkan dengan beberapa aplikasi desain rumah yang sudah disebutkan sebelumnya, bisa dikatakan bahwa Vectorworks Architecture ini memiliki tingkat kerumitan yang lebih tinggi.

Tingginya kerumitan tersebut, dikarenakan software yang satu ini berasal dari kalangan arsitek dan juga desainer profesional.

Ketika Anda menggunakan bantuan dari aplikasi ini, maka Anda dapat mewujudkan sebuah desain proyek yang luar biasa.

Biasanya para desainer profesional akan menghabiskan banyak waktu untuk membuat desain proyek besar.

Namun hanya dengan menggunakan aplikasi Vectorworks Architecture ini, Anda dapat membuat desain dalam waktu yang lebih singkat.

6. SketchUp

SketchUp

SketchUp merupakan aplikasi desain rumah yang kini dimiliki oleh Google. Maka dari itu, saat ini SketchUp menjelma menjadi salah satu aplikasi desain rumah yang sangat terkenal, khususnya di kalangan arsitek serta desainer.

Aplikasi ini, mampu membantu Anda dalam membuat sebuah desain rumah 3D terbaik dengan sempurna dan dalam waktu yang tidak lama.

Untuk fitur yang dibawa oleh aplikasi SketchUp, masih mirip dengan berbagai macam aplikasi desain rumah yang lainnya.

Hanya saja, aplikasi ini lebih cocok digunakan oleh para mahasiswa dan pemula yang sedang belajar membuat desain rumah dengan sempurna.

Hal ini karena penggunaan dari aplikasi SketchUp ini cukup mudah. Saya jamin Anda dapat memahami aplikasi dalam waktu singkat.

7. Softplan

Softplan

Sesuai dengan namanya, Softplan merupakan sebuah software untuk membuat desain rumah yang mudah digunakan.

Meskipun penggunaan cukup mudah, namun aplikasi ini dijamin mampu memenuhi setiap kebutuhan dalam desain rumah yang sedang Anda buat.

Anda juga bisa mendokumentasikan proyek yang sedang dilakukan secara rinci dan juga lengkap. Jadi pekerjaan arsitek Anda akan menjadi lebih mudah.

Daftar harga pasaran bangunan, kemampuan dalam mendesain rumah secara 3D, serta perkiraan pengeluaran biaya secara rinci, merupakan fitur utama yang ditawarkan oleh aplikasi yang satu ini.

Tentunya beberapa fitur tersebut, dapat menjadikan Softplan sebagai aplikasi desain rumah atau bangunan komersial yang terbaik. Selain itu, kemudahan dalam penggunaan merupakan kelebihan dari aplikasi ini.

8. Microstation

Microstation

Microstation adalah sebuah aplikasi desain rumah profesional yang mudah untuk digunakan.

Aplikasi banyak dipilih karena dianggap mempunyai tingkat stabilitas yang sangat mumpuni jika dibandingkan dengan berbagai macam aplikasi desain rumah yang lain.

Akan tetapi, kompatibilitas merupakan kekurangan dari aplikasi ini yang membuat proses desain agak terhambat, dan membutuhkan waktu.

Jadi dapat dikatakan bahwa Microstation ini lebih cocok bagi desainer pemula. Namun dengan kemudahan yang ditawarkan, akan membuat setiap orang dapat dengan mudah memahami aplikasi ini walaupun secara otodidak.

Semua komponen dan fitur yang disediakannya dapat dipahami dengan mudah. Baik itu dalam penyelesaian desain bangunan komersial maupun tidak, Microstation memiliki peran sangat penting.

Lihat juga Cara Resize Foto Di Photoshop

9. ArchiCAD

ArchiCAD

ArchiCAD merupakan sebuah software untuk mendesain rumah yang dinilai memiliki desain all-in-one. Dengan aplikasi ini, Anda dapat menciptakan desain dari sebuah bangunan baik itu dalam bentuk 3D maupun 2D.

Software ArchiCAD ini kerap digunakan oleh para arsitek profesional. Namun dengan kemudahan yang dimilikinya, aplikasi ini sangat cocok digunakan oleh para pemula sekalipun.

10. Revit Architecture

Revit Architecture

Aplikasi desain rumah yang Saya rekomendasikan selanjutnya adalah Revit Architecture.

Aplikasi yang satu ini berbasis pada informasi. Jadi semua perubahan yang terjadi pada desain Anda, akan diinformasikan ke seluruh proyek yang sedang dikerjakan secara otomatis.

Untuk fitur, aplikasi ini memiliki fitur yang sangat lengkap dan dinamis. Revit Architecture telah kompatibel dengan berbagai versi Windows.

11. Planner 5D

Planner 5D

Jika dilihat dari namanya saja, tentunya Anda sudah bisa memperkirakan bahwa Planner 5D bukanlah aplikasi desain rumah biasa.

Sesuai dengan namanya, aplikasi ini mampu menampilkan efek 5D ketika Anda sedang mendesain sebuah rumah.

Tidak hanya itu, kelebihan dari aplikasi ini yakni Anda dapat mendesain sekaligus mendekorasi interior rumah yang diinginkan.

12. Sweet Home 3D

Sweet Home 3D

Apabila Anda sudah terbiasa membuat desain sebuah rumah, tentunya sudah tidak asing lagi dengan aplikasi yang bernama Sweet Home 3D.

Pada awalnya, Anda akan menggambar sebuah raw pada desain rumah, mulai dari bentuk rumah, tembok, atap, dan yang lainnya.

Ketika bangunan sudah selesai dibentuk, maka Anda dapat melanjutkannya dengan membuat desain interior dari rumah tersebut.

13. Virtual Architect Ultimate Home Design

Virtual Architect Ultimate Home Design

Rekomendasi aplikasi desain rumah yang terakhir, adalah Virtual Architect Ultimate Home Design. Aplikasi ini hadir untuk memenuhi kebutuhan Anda terkait gambaran desain rumah secara 3D.

Lihat juga Software Wiring Diagram Listrik Gratis

Kualitas gambar yang ditampilkan oleh aplikasi ini juga terlihat cukup real. Meskipun begitu, aplikasi ini diklaim mudah digunakan oleh siapa saja bahkan para pemula sekalipun.

Ketika Anda sudah mengetahui beberapa software desain rumah yang sudah Saya rekomendasikan di atas, tentunya Anda sudah dapat memilih salah satu aplikasi terbaik yang akan membantu dalam pembuatan sebuah desain rumah.

Anda hanya perlu menyesuaikan pemilihan aplikasi ini dengan keinginan dan juga kebutuhan.