Software Wiring Diagram Listrik

Anda yang bekerja di dunia elektro atau masih menjadi mahasiswa, tentu harus memiliki software wiring diagram listrik. Berikut penjelasannya.

Bagi Anda yang bekerja di dunia elektro ataupun masih menjadi mahasiswa, tentunya harus memiliki sebuah software wiring diagram listrik.

Software ini akan membantu Anda dalam merancang rangkaian listrik dengan menambahkan berbagai perangkat dan instrumen yang telah tersedia di dalam software.

Dengan menggunakan software ini, Anda dapat merancang desain listrik bangunan atau sirkuit listrik.

Dengan menggunakan software wiring ini, tentunya Anda akan dimudahkan dalam membangun sebuah rangkain listrik secara real dengan melakukan simulasi di software terlebih dahulu.

Anda juga dapat mengekspor desain yang telah dirancang ke dalam berbagai format, seperti PDF, SVG, dan masih banyak lagi. Berikut ini adalah beberapa rekomendasi perangkat lunak wiring diagram listrik.

6 Software Wiring Diagram Listrik

Fritzing

Fritzing

Rekomendasi pertama dari Saya untuk perangkat lunak wiring diagram listrik adalah Fritzing.

Software ini dapat digunakan untuk perangkat PC dengan sistem operasi Windows yang juga merupakan software open source. Software ini pun menawarkan rangkaian instrumen dan perangkat listrik yang sangat variatif.

Ruang kerja yang diberikan oleh Fritzing pun sangat intuitif dan telah mendukung fitur zoom, pan, dan drag like. Anda bisa mengatur berbagai komponen listrik dan menggabungkannya dengan bantuan fitur koneksi kabel.

Berbagai macam komponen listrik bisa Anda temukan di dalam software ini, seperti resistor, induktor, saklar, dan masih banyak lagi.

Setelah berhasil membuat sebuah rangkaian listrik, Anda dapat menyimpannya sebagai proyek atau mengekspornya ke dalam perangkat.

Fritzing sendiri memberikan berbagai macam format untuk mengekspor desain yang sudah dibuat, seperti PDF, PNG, atau SVG.

Jika Anda sudah pernah menggunakan beberapa software CAD lainnya, tentunya akan mudah untuk menggunakan Fritzing.

Anda hanya perlu menarik dan melepaskan komponen di ruang kerja lalu atur agar dapat terbentuk sebuah rangkaian. Anda dapat menggunakan sambungan kabel untuk menghubungkan antar komponen dan menyesuaikan posisi serta ukurannya.

TinyCAD

TinyCAD

Software Wiring Diagram Listrik selanjutnya yang dapat menjadi rekomendasi untuk Anda gunakan yaitu TinyCAD. Software ini sendiri dikhususkan untuk menggambar sebuah diagram listrik.

Kelebihan TinyCAD dibandingkan software lainnya adalah memiliki interface yang sederhana dan ukurannya yang sangat kecil, jadi tidak akan memberatkan perangkat ketika sedang digunakan.

Dengan menggunakan TinyCAD, memungkinkan Anda untuk mendesain sebuah rangkaian listrik dengan menambahkan berbagai macam instrumen listrik yang dimilikinya.

Namun pada software ini, di dalam menunya tidak memiliki gambar untuk instrumen listrik, hanya terdapat nama alat saja.

Komponen yang terdapat aplikasi ini pun cukup beragam, seperti resistor, resistor variabel, switch, relay, kapasitor, dan masih banyak lagi.

Bahkan terdapat berbagai macam variasi lampu yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan di dalam rangkaian yang ingin dibuat.

Cara penggunaan software ini pun cukup mudah, Anda hanya perlu mencari di kolom pencarian lalu klik 2 kali untuk menambahkannya di ruang kerja.

Disana Anda dapat merubah posisi atau orientasi instrumen sesuai keinginan dan kebutuhan. Anda juga dapat menyimpan diagram atau mengekspornya ke berbagai format, seperti PNG, JPG, atau EMF.

KiCAD

KiCAD

KiCAD adalah rekomendasi selanjutnya untuk software wiring diagram listrik yang wajib Anda coba.

Pada umumnya, KiCAD sendiri digunakan untuk mendesain sebuah rangkaian listrik di media PCB, namun Anda juga dapat menggunakannya untuk menggambar diagram listrik dan mengekspornya ke berbagai macam format.

KiCAD memiliki berbagai macam fitur dan alat yang dapat digunakan untuk merancang sebuah proyek listrik.

Ruang kerja di dalam software ini pun sangat intuitif dan dapat dengan mudah menemukan semua komponen untuk merancang diagram listrik.

Kelebihan lainnya yang dimiliki KiCAD adalah kemudahan untuk mencari komponen listrik. Hal ini dikarenakan komponen-komponen tersebut ditempatkan di satu tempat dan Anda hanya perlu mencarinya lalu memasukannya ke dalam diagram.

KiCAD juga telah menyediakan berbagai macam fitur operasi dasar, seperti zoom, pan, undo, dan masih banyak lagi.

Namun yang perlu diperhatikan, software ini memiliki ukuran file yang cukup besar, jadi Anda juga harus menyediakan perangkat PC yang memiliki ruang penyimpanan cukup besar.

Cara penggunaan dari KiCAD sendiri pun cukup mudah, Anda hanya perlu membuka software lalu pilih opsi New Project dan tinggal memilih komponen listrik yang akan di desain.

Anda juga dapat memilih alat dengan mudah menggunakan fitur “Place Component”. Fitur ini dapat digunakan untuk memilih instrumen yang berbeda dan menambahkannya di ruang kerja.

Untuk mengekspor file yang telah dibuat sebelumnya, klik menu Export Software untuk menyimpan dan mengekspor ke perangkat.

ProfiCAD

ProfiCAD

Jika Anda mencari sebuah software diagram listrik yang memiliki fitur sangat banyak, ProfiCAD adalah software yang tepat untuk digunakan.

Namun yang perlu diperhatikan, ProfiCAD sendiri gratis hanya untuk penggunaan non-komersial dan memiliki beberapa batasan jika digunakan dalam versi gratis.

Walaupun begitu, software ini tetap dapat Anda gunakan untuk menggambar diagram listrik lengkap dengan desain peralatan listrik untuk bangunan atau rumah.

Software ini sendiri memiliki berbagai macam alat dan instrumen yang dapat Anda masukan ke dalam desain rangkaian listrik. Selain itu, ruang kerja yang nyaman juga membuat Anda lebih mudah untuk membuat desain.

Seperti halnya software lainnya, ProfiCAD juga dapat mengekspor diagram ke berbagai macam format, seperti file DXF atau bentuk gambar PNG.

Jika Anda belum pernah menggunakan software CAD sebelumnya, mungkin ProfiCAD adalah software yang rumit untuk digunakan. Hal ini dikarenakan software ini memiliki berbagai macam opsi untuk menggambar diagram teknis.

Untuk menggunakan ProfiCAD, langkah pertama yang perlu dilakukan yaitu membuka software dan menemukan semua alat yang dapat digunakan untuk menggambar diagram listrik pada sisi kiri layar.

Untuk menggunakan alat-alat tersebut, Anda dapat memilih instrumen dari kotak tersebut dan taruh di ruang kerja.

IdealCircuit

IdealCircuit

Software wiring diagram listrik selanjutnya yang menjadi rekomendasi yaitu idealCircuit. Dengan menggunakan software ini, memungkinkan Anda untuk menggambar dan menyimpan file diagram listrik sebagai file.

Selain itu, interfacenya yang sederhana membuat software ini sangat mudah untuk digunakan, jadi cocok dipakai buat Anda yang ingin mempelajari elektrikal desain.

Di dalam idealCircuit, Anda akan menemukan berbagai macam instrumen listrik yang pada umumnya sering digunakan, seperti resistor, kapasitor, induktor, dan masih banyak lagi.

Selain itu, terdapat juga beberapa komponen yang biasanya digunakan di dalam rangkaian listrik, seperti amplifier, transistor, dan juga dioda.

Bahkan untuk menggunakan software ini, Anda tidak perlu menginstalnya di perangkat, karena idealCircuit adalah software yang dapat digunakan secara portable.

Anda dapat menjalankannya secara langsung dengan membuka file yang telah diunduh sebelumnya. Cara penggunaan software ini pun cukup mudah, Anda hanya perlu menyeretnya dan menambahkannya ke diagram.

Dengan cara yang sama juga, Anda juga dapat menambahkan komponen lainnya di dalam diagram pada halaman kerja.

Setelah desain sudah selesai, Anda bisa mengekspor desain tersebut ke dalam berbagai macam format, seperti PNG, JPG, atau EMF.

Autodesk Circuits

Autodesk Circuits

Aplikasi terakhir yang dapat Anda gunakan untuk membuat sebuah diagram listrik yaitu Autodesk Circuit.

Autodesk Circuits sendiri adalah software diagram listrik yang berbasis online, jadi sebelum Anda memulai untuk membuat sebuah rangkaian menggunakan software ini, pastikan kalau perangkat yang digunakan sudah terhubung ke jaringan internet.

Software ini memiliki berbagai macam fitur, seperti Electronics Lab, PCB Design, Library Manager, Circuit Scribe, dan Eagel.

Skema rangkaian yang dapat Anda rancang melalui software ini hampir mirip dengan software Fritzing, namun dengan tambahan fitur pada rangkaian tersebut dapat disimulasikan langsung melalui Arduino, ESP8266 dan masih banyak lagi.

Namun yang perlu Anda perhatikan dalam menggunakan software ini adalah memiliki komponen yang terbatas, jadi Anda juga terbatasi dalam merancang sebuah rangkaian atau diagram listrik.

Tapi hal tersebut sangat cocok digunakan bagi Anda pemula yang baru belajar dalam membuat sebuah rangkaian listrik.

Ditambah lagi dengan interfacenya yang sederhana tentunya semakin membantu pemula dalam belajar membuat rangkain listrik.

Lihat juga Software Desain Rumah Gratis Terbaik 

6 Software wiring diagram listrik di atas tentunya memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

Anda dapat memilih salah satu dari keenam software tersebut sesuai dengan kebutuhan dalam mendesain sebuah diagram listrik.

Semua software tersebut dapat diunduh dengan gratis, namun terdapat beberapa software yang berbayar untuk dapat menggunakan semua fitur yang terdapat di dalamnya.

Tinggalkan komentar