Cara Mengatasi Tindakan Diblokir di IG

Artikel ini telah direview oleh: M Randy YP

Instagram saat ini menjadi salah satu sosial media yang paling banyak digunakan oleh pengguna smartphone.

Setiap pengguna smartphone pasti memiliki akun instagram, bahkan ada yang memiliki lebih dari satu akun.

Setiap hari pasti kita akan membuka instagram, baik itu untuk posting foto/video atau cuma sekedar melihat-lihat postingan orang lain.

Kebanyakan orang setelah membuka Instagram tidak menyadari berapa banyak tindakan yang sudah dilakukan ketika bermain dengan Instagram tersebut.

Bahkan kita juga tidak mengerti apa saja yang sudah kita lakukan saat membuka instagram.

Bahkan beberapa hal yang kita lakukan bisa menyalahi aturan, misalnya berkomentar dengan tempo yang sangat cepat atau memposting foto secara terus menerus.

Perlu anda ketahui bahwa sistem instagram sangat tidak suka dengan robot.

Jadi, apabila ada tindakan yang mencurigakan dan seolah terlihat otomatis, maka sistem Instagram akan mulai bekerja dengan memberi teguran yang berupa pemberitahuan terhadap pemilik akun yang diduga menggunakan robot .

Terdapat beberapa teguran yang diberikan oleh pihak Instagram, salah satu yang sering adalah munculnya notifikasi “Tindakan diblokir”.

Hal semacam ini memang masih terbilang lumrah terjadi, karena bertujuan agar akun baru bisa mentaati peraturan yang dibuat oleh instagram.


Penyebab Tindakan diblokir IG

Jika mendapat notifikasi “Tindakan diblokir” tentu kita akan bertanya-tanya kenapa sampai mendapatkan notif tersebut.

Agar terhindar dari Tindakan diblokir, sebaiknya ketahui beberapa penyebabnya terlebih dahulu agar anda bisa antisipasi untuk tidak mendapatkan notifikasi tersebut.

  • Berkomentar dalam rentang waktu berdekatan.
  • Terlalu sering upload foto dan video dalam sehari.
  • Terlalu banyak atau cepat Mengikuti / follow orang dalam waktu singkat.
  • Memberi like / love terlalu sering pada sebuah kiriman termasuk dibagian komentarnya.

Apabila sudah terlanjur melakukan beberapa penyebab diatas, dan mendapatkan notif Tindakan diblokir, maka solusi terbaik agar akun instagram anda kembali normal lagi adalah dengan mengikuti beberapa cara berikut ini :

Cara Mengatasi Tindakan diblokir di Instagram

Saat ini baru tersedia dua buah opsi yang bisa anda gunakan, dan anda bisa menggunakan kedua opsi tersebut secara bersamaan.

Laporan Masalah

Pada saat notifikasi Tindakan Diblokir muncul, maka akan ada opsi laporkan masalah/Beritahu Kami yang terletak dibagian bawah.

Klik saja pada opsi laporkan masalah, kemudian akan muncul kolom untuk melapor ke pihak Instagram

Tuliskan sebuah pernyataan kuat yang berisi bahwa anda sudah menyalahgunakan tindakan terlalu cepat dan tidak akan mengulanginya lagi.

Jika sudah membuat pernyataan, silakan kirimkan kepada pihak instagram.

Walaupun mereka tidak merespon pernyataan yang sudah anda buat, namun pada dasarnya pihak Instagram sudah menerima dan melihat pernyataan tersebut.

Jika sudah seperti itu, maka anda harus melanjutkan ke cara yang kedua.

Tunggu Beberapa hari

Jika anda sudah menerapkan cara yang pertama namun tidak mendapat tanggapan dari Instagram, maka cara terakhir yang bisa anda lakukan adalah dengan menunggu sampai blokiran selesai.

Proses pemblokiran tersebut sebenarnya masih bersifat blokir sementara. Hal tersebut sebenarnya sama saja dengan proses pemblokiran sementara pada facebook.

Namun perbedaanya adalah pada Instagram, kita tidak diberitahu dengan jelas sampai kapan proses blokir tersebut akan selesai.

Biasanya akan memakan waktu 3-7 hari, jadi harus sabar dalam menunggunya.

Setelah seminggu dan batas waktu tersebut sudah terlewati, pasti anda tidak akan menjumpai notif tindakan diblokir lagi, dan akun instagram anda sudah kembali normal seperti sedia kala.

Agar tindakan diblokir di Instagram tidak terjadi lagi, sebaiknya hindari hal-hal yang menjadi penyebab akun di blokir.

Baca juga 

Tinggalkan komentar