Cara Membuat Tulisan Melengkung di Photoshop

Tulisan melengkung bisa dibuat dengan aplikasi seperti Adobe Photoshop. Untuk itu, simak cara membuat tulisan melengkung di photoshop berikut.

Tentunya Anda sudah sering sekali melihat sebuah logo di baliho atau brosur dengan pola yang melengkung. Pola melengkung tersebut biasanya dibuat menggunakan sebuah aplikasi desain grafis, salah satunya Adobe Photoshop.

Maka dari itu pada artikel kali ini Saya akan menjelaskan cara membuat tulisan melengkung di Photoshop.

Untuk cara membuat tulisan yang melengkung tersebut sebenarnya cukup sederhana, namun memang membutuhkan ketelatenan dalam membuatnya. Tulisan yang melengkung tersebut nantinya akan dibuat dengan bantuan path.

Path tersebut lah yang menjadi media supaya tulisan mengikuti bentuknya. Agar lebih jelasnya lagi, berikut ini adalah cara membuat tulisan melengkung di Photoshop.

Cara Membuat Tulisan Melengkung di Photoshop dengan Mudah

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, tulisan yang melengkung nantinya akan dibuat dengan bantuan path.

Path sendiri dapat dibuat dengan menggunakan berbagai tool yang telah disediakan Photoshop atau juga bisa dibuat dengan hasil seleksi dari bagian gambar tertentu.

Dengan adanya fitur path ini, tentunya membuat sebuah tulisan yang melengkung akan semakin mudah dan proses pembuatannya yang cukup cepat.

Berikut ini adalah beberapa langkah untuk membuat tulisan yang melingkar menggunakan media Adobe Photoshop.

  1. Langkah pertama yang perlu Anda lakukan yaitu menjalankan aplikasi Adobe Photoshop.
  2. Setelah itu buat file baru melalui menu File lalu setelah itu pilih opsi New atau dengan kombinasi tombol keyboard Ctrl +N.
  3. Nantinya akan muncul sebuah kotak dialog, Anda dapat mengisi beberapa parameter yang dibutuhkan.
    Nantinya akan muncul sebuah kotak dialog, Anda dapat mengisi beberapa parameter yang dibutuhkan
  4. Langkah selanjutnya yaitu membuat 2 garis bantu horizontal dan vertikal dengan cara buka menu view lalu pilih opsi New Guide. Disana Anda dapat mengisi beberapa parameter atau menentukan nilai lainnya. Garis bantu ini berfungsi agar Anda dapat lebih presisi menentukan titik pusat. Setelah semua parameter berhasil diisi, klik tombol OK.
    Langkah selanjutnya yaitu membuat 2 garis bantu horizontal dan vertikal dengan cara buka menu view lalu pilih opsi New Guide.
  5. Untuk langkah selanjutnya, Anda dapat memulai membuat sebuah path dengan cara memilih opsi Ellipse Tool lalu pilih opsi Path yang terdapat di bagian pojok kiri atas.
  6. Setelah itu Anda dapat mengarahkan pointer ke titik pusat atau perpotongan antara garis horizontal dan vertikal di halaman pengerjaan.
  7. Nantinya akan muncul kotak dialog Create Ellipse, Anda dapat mengisi kolom Width dan Height lalu klik tombol OK. Pastikan juga jika kolom From Center telah Anda centang.
  8. Setelah itu secara otomatis akan terbentuk sebuah path berbentuk lingkaran yang berada di titik pusat halaman pengerjaan.
  9. Langkah selanjutnya adalah mengetik teks atau tulisan dengan cara klik ikon T lalu pilih opsi Horizontal Type Tool.
    Langkah selanjutnya adalah mengetik teks atau tulisan dengan cara klik ikon T lalu pilih opsi Horizontal Type Tool
  10. Untuk dapat mulai mengetik teks dalam bentuk melengkung, Anda dapat mengarahkan pointer ke bagian atas path lingkaran, lalu klik di titik pusat halaman pengerjaan. Nantinya tulisan tersebut akan secara otomatis mengikuti bentuk lingkaran atau path yang sudah dibuat sebelumnya.
  11. Jika telah berhasil, Anda dapat membuat kembali path berbentuk lingkaran yang lebih besar. Untuk tingginya, dapat menyamai tinggi dari teks yang telah dibuat sebelumnya. Caranya sama dengan cara sebelumnya, yaitu dengan mengisi nilai parameter yang telah disediakan pada kotak dialog Create Ellipse.
    Cara Membuat Tulisan Melengkung di Photoshop dengan Mudah
  12. Jika merasa bentuk path yang sudah dibuat ukurannya terlalu besar atau terlalu kecil, Anda dapat merubah ukurannya dengan cara klik kanan lalu pilih opsi Free Transform Path.
  13. Nantinya akan muncul garis bantu berbentuk persegi, Anda dapat menekan kombinasi tombol keyboard Shift+Alt lalu klik salah satu sudutnya dan drag agar ukuran path lingkaran berubah.

Lihat juga Cara Resize Foto Di Photoshop

Pada tahap ini sebenarnya Anda sudah dapat membuat sebuah teks dengan melengkung.

Namun biasanya banyak yang membuat teks kedua yang terdapat di bagian bawah. Untuk membuatnya, Anda bisa mengikuti langkah-langkah dibawah ini.

  1. Langkah pertama yaitu arahkan pointer ke bagian bawah path lingkaran lalu klik di titik pusat garis bantu.
  2. Setelah itu tuliskan sebuah teks, nantinya teks tersebut akan mengikuti bentuk path namun bentuk dari teks masih terbalik.
  3. Untuk memperbaiki tulisan tersebut, klik opsi Path Selection Tool lalu pilih tab Path yang terdapat di bagian kanan lalu aktifkan dua path yang ada.
  4. Kemudian akan terdapat titik hitam di teks yang telah dibuat sebelumnya, arahkan pointer ke titik hitam itu lalu drag ke arah dalam dan nantinya teks tersebut akan berubah sesuai dengan yang diinginkan.

Cara membuat tulisan melengkung di photoshop tersebut dapat Anda ikuti secara teliti dan sabar agar dapat sesuai dengan keinginan.

Dengan memahami cara tersebut, tentunya Anda akan lebih mudah dalam membuat berbagai desain logo maupun brosur.

Cara Membuka File ENC di Laptop

Buka File ENC

File yang digunakan pada smartphone dan komputer memiliki format yang berbeda-beda, dimana format file tersebut akan ditAndai

Tinggalkan komentar