Cara Mengatasi Word Tidak Bisa Mengetik

Pasti di antara kalian pernah ada yang mengalami MS Wordnya error, bukan? Salah satunya tidak dapat digunakan untuk mengetik? Begini cara mengatasinya

Pasti di antara kalian pernah ada yang mengalami MS Wordnya error, bukan? Salah satunya tidak dapat digunakan untuk mengetik?

Tidak perlu panik, pasalnya di bawah ini akan saya jelaskan mengenai cara mengatasi Word tidak bisa mengetik. 

MS Word sendiri menjadi salah satu software penting yang dipakai untuk membuat dokumen dalam bentuk teks, baik surat laporan pekerjaan, proposal, makalah, skripsi, surat menyurat, dan lain sebagainya. Tidak heran jika menjadi pilihan utama bagi para mahasiswa ataupun para pekerja.

word tidak bisa mengetik

1. Restart Perangkat

Metode pertama yang perlu kalian coba untuk memperbaiki masalah ini adalah melakukan restart perangkat baik itu laptop atau komputer yang kalian gunakan. 

Pasalnya tidak menutup kemungkinan dokumen yang kalian buka mengalami korup, sehingga MS Word sendiri tidak dapat dipakai untuk menulis.

2. Matikan Document Protection

File Word yang kita peroleh dari internet biasanya dalam keadaan terproteksi. Sehingga tidak bisa digunakan untuk mengedit atau mengetik.

Nah supaya Word bisa digunakan kembali untuk mengetik, proteksi yang terdapat di MS Word harus kalian matikan terlebih dahulu. Jika belum paham dengan caranya, silahkan simak di bawah ini:

  1. Pertama buka file Word terlebih dahulu yang masih terkunci.
  2. Setelah itu klik Menu File. Lalu klik Info.
  3. Selanjutnya klik Protection Document.
  4. Kemudian periksa bagian Mark as Final, Restrict Access & Editing Restrict. Sehingga bisa keadaannya aktif atau tidak.
  5. Apabila fungsi tersebut masih aktif, silahkan ubah menjadi non aktif supaya bisa digunakan untuk mengetik pada file Word yang kalian buka.
  6. Jika sudah, silahkan klik Mark as Final.
  7. Silahkan klik OK dan klik OK lagi. Lalu buka file Word.
  8. Setelah dibuka, klik tombol Edit Anyway yang ada di bagian atas.
  9. Selesai. Sekarang MS Word sudah normal kembali dan bisa digunakan untuk mengetik lagi.

3. Klik Dulu Enable Editing

Enable editing terkadang juga menjadi masalah bagi sebagian orang, karena membuat Microsoft Word jadi error. Namun, untuk menormalkannya tidak memerlukan cara yang rumit, yakni dengan menekan tombol notifikasi enable editing yang muncul ketika membuat dokumen.

Lihat juga Cara Membuat Nomor Halaman Makalah di Ms. Word

4. Aktifkan Num Lock Key

Jika keyboard yang dipakai telah dalam keadaan normal dan tersambung dengan benar, namun tidak dapat dipakai untuk mengetik.

Maka besar kemungkinan fungsi tombol Num Lock nonaktif tidak sengaja, sehingga tidak berfungsi sebagaimana mestinya.

Maka dari itu, kalian perlu mengeceknya. Caranya dengan menekan tombol Num Lock yang terdapat di keyboard hingga lampu pada tombol tersebut menyala, itu artinya sudah aktif.

Akan tetapi kalau tombol Num Lock rusak dan tidak dapat dipakai, kalian bisa memakai fitur On Screen Keyboard.

4. Ganti Format File

Jika kalian sedang mengerjakan tugas, namun waktunya sudah mepet akan tetap Wordnya malah bermasalah yakni tidak dapat digunakan untuk mengetik. Tentang, cara mengatasi Word tidak bisa mengetik sangatlah mudah. Salah satunya dengan cara mengganti format lite-nya.

  1. Silahkan kalian coba ganti Word Dokumen menjadi Rich Text Format
  2. Dengan cara membuka file yang error, kemudian klik Save As untuk menyimpannya. 
  3. Silahkan pilih file dokumen Rich Text Format, lalu klik Simpan atau Save.
  4. Kalian coba buka file Dokumen tersebut dengan klik kanan
  5. Pilih open with dan pilih wordpad.
  6. Apabila sudah terbuka, silahkan kalian save filenya
  7. Selesai. Seharusnya dokumen Word sudah normal dan bisa dipakai lagi.

5. Cek Kondisi Keyboard

Apabila perangkat yang kalian pakai adalah komputer, maka dapat mengecek kondisi keyboardnya. Pasalnya tidak menutup kemungkinan keyboard pada perangkat kalian sedang bermasalah.

Karena ada beberapa kasus, kabel pada keyboard suka terlepas atau mengalami putus koneksi. Sehingga membuat halaman kerja MS Word tidak bisa berfungsi untuk mengetik.

Akan tetapi kalau kalian memakai keyboard tanpa kabel atau wireless, silahkan cek kondisi baterainya. Apabila habis, memungkinkan tidak bisa mengetik.

6. Aktivasi Microsoft Word

Apabila kalian memakai aplikasi MS Word trial atau bajakan. Makanya sudah ada kalanya akan muncul sebuah pesan yang mana diperintahkan untuk melakukan aktivasi dari software ini.

Nah, efeknya berbagai macam fitur yang terdapat di MS Word tidak dapat diakses. Biasanya akan tampil tulisan seperti Selection is locked pada saat kalian memilih salah satu menu yang terdapat di MS Word.

Selain tidak dapat mengetik, penggunaannya juga tidak bisa bebas dalam melakukan pekerjaannya. 

Pasalnya, ada beberapa toolbar yang tidak dapat diketik dan dipakai. Jadi mau tidak mau, kalian harus mengaktifkan kembali MS Word dengan memakai product key atau KMSpico.

Namun sebelum kalian membeli lisensi tersebut, ada baiknya mencari tahu terlebih dahulu apa saja penyebab yang membuat MS Word tidak bisa dipakai untuk mengetik.

Dengan begitu, maka nantinya kalian lebih gampang untuk memperbaikinya. Bahkan kalau beruntung kalian tidak perlu membeli lisensi yang harganya cukup mahal.

7. Cara Lain Gunakan Google Docs

Microsoft Word terkadang memerlukan penyesuaian, terutama jika kalian sering mengganti versi Word, entah Word 2007, 2008 maupun 2010. Nah, supaya lebih aman, kalian dapat memakai aplikasi Google Docs.

Aplikasi ini cukup mendukung dan bisa dipakai untuk mengakses semua format file Word. Karena memang Google Docs sudah berbasis online, sehingga lebih gampang dan efisien baik itu untuk mengedit atau mengetik.

Bagaimana, sangat mudah bukan cara mengatasi Word tidak bisa mengetik pada perangkat komputer atau laptop?

Silahkan kalian cek satu persatu dengan metode yang sudah saya bahas di atas, siapa tahu salah satunya bisa untuk mengatasi permasalahan tersebut

Tinggalkan komentar