Cara Mengatasi Your Connection Is Not Private

Artikel ini telah direview oleh: M Randy YP

Pernakah anda suatu ketika sedang browsing diinternet lalu muncul peringatan Your Connection Is Not Private di Chrome.

Jangan Panik !

Hal ini biasanya disebabkan ketika sebuah website memiliki risiko karena kemungkinan hacker dapat mencuri data pribadi. Secara teknis website yang anda tuju belum menerapkan SSL yang melindungi anda.

Secara singkat, website tersebut tidak aman.

Jadi chrome melindungi data diri anda dengan memunculkan peringatan tersebut.

Beberapa metode dapat menyelesaikan masalah tersebut.

Cara Mengatasi Your Connection Is Not Private

Chrome memang sekarang sangat tegas dengan situs yang belum memasang SSL. Anda akan selalu menemukan peringatan ini jika mencoba membuka web tersebut.

Sebagai alternatif Anda dapat mengganti dengan browser lain lalu akses website itu kembali.

Setiap browser memiliki sistem keamanan yang mirip jadi mayoritas hasil akan sama yaitu peringatan bahwa website berbahaya.

Jika Anda memang ingin akses website tersebut, coba langkah-langkah berikut ini.

Abaikan Peringatan

Jika muncul Your Connection Is Not Private, Anda dapat langsung mengakses website tersebut dengan menekan proceed lalu advanced > Lalu klik Proceed.

procced SSL

Chrome akan bypass request Anda ke server dan membiarkan komputer mengakses website tersebut secara langsung.

Ini adalah cara paling mudah karena tidak perlu mengubah setting di komputer dan chrome.

Tingkat keberhasilannya disesuaikan dengan level keamanan website tersebut.

Jika masih belum berbahaya, Chrome tidak mempermasalahkan pengguna untuk akses kembali tetapi masih dengan peringatan yang sama.

Masuk Ke Incognito mode

Untuk pengguna chrome, cara paling jitu bypass hampir semua website dan keamanan adalah incognito mode. Caranya tekan tombol CTRL + SHIFT + N bersamaan.

Incognito Mode

Ini adalah fitur di Chrome dimana pengguna dapat mengakses website secara normal tetapi tidak menyimpan history dan cache.

Karena keunggulan tersebut, browser memilih untuk mengizinkan Anda mengakses website meskipun sistem keamanannya perlu dipertanyakan.

Memeriksa tanggal dan waktu

Peringatan tersebut muncul karena SSL certificate tidak dapat diverifikasi. Ketika mengakses, komputer memberikan request yang salah atau kurang cocok dengan apa yang server terima.

Untuk mengatasi hal tersebut, Anda cek ulang tanggal dan waktu. Pastikan untuk mengatur bagian ini sesuai dimana Anda tinggal.

Beberapa pengguna komputer membiarkan tanggal tidak sesuai dan enggan untuk memperbaikinya.

Menghapus cache dan history

Cara mengatasi Your Connection Is Not Private selanjutnya adalah menghapus cache dan history. Anda buka Chrome lalu masuk ke setting.

clear cache chrome

Pilih advanced dan scroll untuk menemukan browsing data. Cara lain adalah pilih history secara langsung setelah klik titik dua dan pilih clear browsing data di sebelah kiri.

Anda hapus cookies, history, dan cache. Setelah itu, tutup chrome dan buka kembali untuk akses website.

Cek antivirus dan firewall

Antivirus dan firewall merupakan sistem keamanan untuk laptop dan internet. Ketika ada gangguan dan risiko keamanan, sistem segera memberikan proteksi. Hal tersebut yang menyebabkan akses website tertentu tidak berfungsi.

firewall windows 10

Anda harus menonaktifkan antivirus dan firewall. Tentu saja, Anda sudah mengetahui risikonya karena Anda browsing website dengan risiko keamanan yang tinggi. Cara biasanya adalah memasang VPN sehingga pengguna dapat mengakses website secara private.

Baca juga Cara Mengatasi This Site Cant Be Reached

Dari semua cara diatas, Anda harus mencoba satu per satu dan memilih yang paling efektif.

Namun, Anda harus paham mengapa peringatan tersebut muncul. Website menggunakan SSL certificate untuk verifikasi sistem keamanan. Anda bisa melihatnya ikon kunci di bagian atas yang menunjukkan bahwa website tersebut sudah aman. Semua akses perbankan dan transaksi tidak akan bermasalah.

Website terhindar dari peretas data, malware, dan virus. Inilah alasan mengapa Your Connection Is Not Private muncul. Anda sudah mengetahui risiko dan akses website tersebut menjadi tanggung jawab sendiri.

Tinggalkan komentar